Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tempat Wisata di Sulawesi Tengah Terbaik yang Memukau

Sulawesi Tengah adalah provinsi yang terletak di tengah Pulau Sulawesi dengan Ibu kota provinsi adalah Kota Palu. Provinsi ini mempunyai banyak destinasi wisata yang dapat memanjakan mata wisatawan yang datang berkunjung.

Walaupun telah diguncang bencana alam gempa bumi dan tsunami pada tahun 2018 lalu, namun Provinsi Sulawesi Tengah telah berbenah diri kembali. Panorama alam yang menggoda mata untuk datang ke tempat ini seperti Danau, air terjun, pantai, hingga situs megalitikum ada disini.

Yuk kita lihat apa saja Destinasi Wisata Sulawesi Tengah ini. Dibawah ini merupakan tujuan wisata di Sulawesi Tengah yang cocok untuk dijadikan tempat untuk berlibur bersama keluarga.

9 Tempat Wisata di Sulawesi Tengah Terbaik yang Memukau

1. Pantai Enu


Sebuah destinasi wisata yang menyajikan panorama pantai yang luar biasa, dimana ombaknya yang tenang dan batu karangnya yang cantik, membuat para wisatawan betah berlama lama disini. Pantai Enu adalah terletak di Desa Enu, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah.

2. Air Terjun Sampala


Dengan melakukan trekking sejauh kurang-lebih 1,5 km, kita akan sampai ditempat ini. Air Terjun Sampala ini terletak di Desa Sakita, Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah. Merupakan destinasi yang memilki panorama alam yang indah walaupun harus membutuhkan usaha ekstra untuk tiba ditempat ini.

3. Pulau Sombori

Pulau Sombori terletak di Matarape, Kepulauan Menui, Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah. Merupakan kawasan konservasi dengan panorama alam yang indah ini terdiri dari belasan pulau kecil. Tersedia juga fasilitas penginapan jika ingin bermalam disini.

4. Danau Tambing

Destinasi yang satu ini merupakan bagian dari Taman Nasional Lore Lindu ini. Di Danau Tambing ini terdapat 260 jenis burung yang merupakan setengah bagian dari Taman Nasional Lore Lindu. Danau Tambing ini berlokasi di Desa Sedoa, Kecamatan Lore Utara, Kota Poso, Sulawesi Tengah dengan ketinggian 1,700 meter diatas permukaan laut.

5. Pulo Dua

Pulo Dua terletak di Desa Kampangar Balantak, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah. Destinasi wisata yang memiliki bukit yang eksotis atau pantai yang cantik. Selain panorama alam yang menarik, juga sering dilakukan kegiatan diantaranya berenang massal, menyelam, parade perahu nelayan, paragliding, dan pameran kuliner.

6. Danau Poso


Pernahkah Anda berkunjung ke Wisata favorit di Sulawesi Tengah bernama Danau Pos? destinasi wisata ini terletak di Kota Tentena, Kabupaten Poso. Danau Poso berada di ketinggian 657 meter diatas permukaan laut, Danau Poso yang merupakan salah satu danau terbesar di Indonesia ini, mempunyai panjang 32 km dan lebar 16 km.

7. Pantai Kaluku

Berada di Limboro, Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, yaitu Pantai Kaluku. Pantai yang mempunyai keunikan, dimana panorama alamnya yang cantik, mempunyai garis pantai yang lebar dengan air laut kebiruan dan jernih.

8. Wisata Ampana

Wisata Ampana terletak di Kecamatan Ampana, Kabupaten Tojo Una-una, Provinsi Sulawesi Tengah. Merupakan surga bagi pecinta snorkeling, dengan dengan panorama alam yang sangat indah. Dengan menggunakan perahu kita dapat ke pulau - pulau eksotis di sekitar Ampana yang luar biasa indahnya.

9. Taman Nasional Lore Lindu


Destinasi wisata Taman Nasional Lore Lindu adalah habitat mamalia asli, dimana terdapat musang Sulawesi, kera hantu (Tangkasi), kera kakaktonkea, kuskus marsupial, dan lain lain. Selain itu terdapat pula patung-patung megalit, monumen batu berbentuk badan manusia, jambangan atau piringan besar dan lain lain yang telah berusia ratusan bahkan ribuan tahun. Destinasi wisata Taman Nasional Lore Lindu terletak di Katoe, Watutau, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah.

Ok pembaca, sampai disini dulu ya Destinasi Wisata Sulawesi Tengah. Semoga bisa menjadi daftar referensi untuk berwisata atau berlibur bagi Anda sekeluarga dengan nyaman dan seru. Salam sehat selalu.