Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memulai usaha sendiri di rumah dengan modal kecil

Sebagian besar orang memiliki keinginan untuk mempunyai bisnis sendiri yang sukses dan menguntungkan. Namun, karena tidak tahu cara memulai usaha sendiri ada yang beranggapan lebih baik diperkerjakan orang saja. Yang lain lagi, mungkin punya kesulitan untuk mendapatkan modal. Sebenarnya ada beberapa cara sukses untuk membuka usaha sendiri di rumah dengan modal kecil. 

Apalagi di jaman modern sekarang ini, semua bisa dikerjakan dengan serba canggih. Anda bisa membuat usaha melalui sistem offline maupun online. Dalam bisnis online, Anda tidak perlu khawatir soal promosi untuk menjangkau semakin luas penjualan sebab Website ternama bahkan menyediakan gratis pasang iklan saat bergabung.

Iklan digital sendiri merupakan cara marketing  atau strategi pemasaran bisnis terbaru yang paling ampuh dimasa sekarang ini untuk memperkenalkan produk atau jasa ke semakin banyak orang. Secara konsisten strategi bisnis ini akan mengembangkan bisnis menjadi lebih maju. 

Nah, untuk itu pada informasi di bawah ini kita akan membahas cara dan tips memulai usaha sendiri secara mandiri hanya dengan modal kecil. Bagaimana caranya? Selengkapnya silahkan disimak.

Cara memulai usaha sendiri di rumah dengan modal kecil

1. Memilih jenis bisnis yang sesuai dengan passion

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih jenis bisnis yang sesuai dengan passion Anda sendiri. Kita bisa melihat ada banyak sekali macam macam bisnis yang berkembang di era yang canggih ini, mungkin membuat Anda bingung akan memilih bisnis yang seperti apa. Tapi Anda bisa memilih bisnis yang tepat jika sudah mengetahui passion Anda sendiri. 

Menjalankan suatu usaha dengan passion Anda, tentu pekerjaan akan lebih terasa menyenangkan bukan malah memberatkan. Anda juga tidak akan menyesal akan pemilihan bisnis yang Anda ambil. Jika Anda menyukai suatu hal, Anda akan lebih tertarik untuk mempelajari segala sesuatu tentang nya.

2. Melakukan survey

Setelah menemukan ide bisnis yang sesuai dengan passion Anda, jangan terburu buru untuk segera merealisasikannya. Anda harus melakukan survey terlebih dahulu terkait usaha tersebut. Beberapa indicator survey yang perlu dilakukan adalah survey lokasi, survey harga, survey konsumen dan lain sebagainya.

Beberapa survey tersebut memiliki fungsi masing masing yang akan semakin mempersiapkan Anda untuk menjalankan bisnis. Anda jadi tahu tentang kondisi pasar bisnis tersebut, berapa harga pasar? Siapa konsumen Anda dan produk seperti apa yang diinginkan? Sampai dengan bagaimana cara terbaik untuk menjalankan bisnis tersebut.

3. Berfikir kreatif

Tahukah Anda, sebenarnya tidak ada pembisnis yang sukses tanpa adanya pemikiran secara kreatif. Sebagai contoh bisnis jual online baju anak, Anda harus melihat peluang bagaimana bisnis atau produk tersebut bisa menarik konsumen atau perhatian masyarakat. Selain itu, Anda juga perlu berputar otak untuk mengambil kepercayaan para pelanggan supaya tidak berpindah ke usaha lainnya.

4. Menentukan visi dan misi bisnis

Apa itu visi dan misi? Anda mungkin sudah bisa menjelaskan pengertian keduanya. Dimana visi adalah tujuan jangka panjang sedangkan misi adalah tujuan jangka pendek yang ingin dicapai. Tanpa adanya tujuan yang jelas, suatu usaha dipastikan tidak akan bisa sukses atau berhasil. Oleh sebab itu, sebelum menjalankan usaha cobalah untuk membentuk visi dan misi bisnis dengan jelas. Selain itu, perkokoh pula prinsip usaha Anda untuk kedepannya agar tidak mudah goyah.

5. Menentukan kebutuhan modal

Setelah menjalankan beberapa tahapan atau cara yang dipaparkan sebelumnya, dimana Anda sudah mengetahui usaha apa yang akan dijalankan, kondisi pasarnya serta tujuan bisnis baik dalam jangka panjang maupun pendek. Nah, kini saatnya Anda menghitung atau menentukan kebutuhan modal yang dibutuhkan.

Jika Anda sudah menentukan budget atau modal di awal, Anda bisa menghindari keadaan kekurangan modal dan akhirnya gagal memulai usaha. Lakukan secara berkala tentang kebutuhan modal seraya Anda membangun bisnis dan menjalankannya.

6. Memilih waktu untuk memulai

Dalam hal memulai dan membangun bisnis sebenarnya tidak bisa Anda lakukan secara asal asal atau kapan saja Anda mood untuk memulainya. Bisnis sendiri membutuhkan perhitungan yang teliti dan cermat. Sedikit saja, Anda salah dalam pemilihan waktu memulai usaha Anda bisa mengalami kerugian. Cobalah untuk jangan terburu buru dalam memulai usaha, tetapi juga jangan terus menunda nunda.

Cobalah cocokkan waktu Anda berbisnis dengan produk atau jasa yang sesuai dengan trend. Sebagai contoh di bulan bulan mendekati atau selama bulan Ramadhan, bisnis yang paling tepat atau dikhususkan adalah seperti busana muslim atau kue lebaran. Atau Anda bisa memilih produk yang selalu dicari setiap saat.

7. Melakukan promosi

Sekarang Anda sudah mengetahui jenis bisnis, keadaan pasar, tujuan bisnis, modal yang dibutuhkan dan kapan memulainya. Yakinkan diri Anda untuk memulai dan coba jalankan dengan keyakinan dan optimis. Namun, satu hal lagi yang tidak boleh Anda lupakan adalah melakukan promosi. Pemasaran yang tepat akan membuat bisnis Anda sukses.

Ada banyak cara promosi yang bisa Anda lakukan di jaman serba canggih sekarang. Misalnya dengan promosi lewat media social, website atau toko online, bergabung di marketplace ternama dan terbaik, memasang iklan digital. Bahkan sekarang Anda bisa menemui gratis pasang iklan (3 slot) saat bergabung. Menarik sekali bukan?

Uraian diatas adalah informasi terbaru yang membahas tentang langkah langkah memulai suatu usaha yang baru dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal. Anda bisa memanfaatkan kesempatan yang ada sebagai suatu ide peluang bisnis di era modern sekarang ini. Lihat juga Situs web terbaik untuk jual beli barang dan jasa yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia dengan gratis pasang iklan saat bergabung di Harmoniaga.com

Tentu sebelum memastikan bentuk usaha atau bisnis yang akan Anda ambil, jangan hanya berfokus pada keuntungan atau kelebihannya saja. Pastikan Anda tahu setiap resiko bisnis dan cara ampuh mengatasinya. Hindari berbagai pelanggaran dan ikuti ketentuan yang disepakati. Dengan cermat melihat peluang dan selalu hati hati, Anda bisa sukses membuka bisnis sendiri. Semoga bermanfaat.