-->

5 Destinasi Wisata Murah Meriah di Solo

Siapa yang tak mengenal Kota Solo? Kota yang juga dikenal dengan nama Kota Batik ini tak kalah menarik dibandingkan Yogyakarta; baik dari segi kulinernya dan tentu saja destinasi wisatanya. Jadi buat kamu yang butuh referensi tempat liburan seru, Solo bisa jadi pilihan menarik.

Kota ini juga mudah dijangkau dengan berbagai moda transportasi, lho. Bagi kamu yang punya budget liburan terbatas tapi ingin transportasi yang nyaman, pilih naik bus atau travel saja! Ada banyak operator yang menawarkan armada eksklusif, seperti Joglosemar yang tentunya akan membuat perjalanan kamu terasa lebih nyaman.

Nah, berlibur ke Solo kamu dijamin tidak akan kehabisan opsi destinasi wisata karena kota ini punya banyak pilihan tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Tak perlu khawatir, ada banyak kok destinasi wisata murah meriah di Solo yang bisa masuk dalam list itinerary mu!

1. Air Terjun Grojogan Sewu


Air terjun populer di Solo ini wajib masuk dalam list tempat liburan kamu selama di Solo ya! Air terjun legendaris ini memiliki tinggi sekitar 81 meter dan terletak di lereng Gunung Merapi. Untuk sampai ke air terjun ini kamu harus melewati ribuan anak tangga terlebih dahulu. Jadi pastikan kondisi fisik dalam keadaan baik ya!

Selain menawarkan keindahan air terjun dan pemandangan asri di sekitarnya, kamu juga bisa melakukan mini rafting maupun mencoba flying fox disini. Harga tiket masuk Grojogan Sewu pun sangat terjangkau, yaitu Rp20.000 per orang.

2. Candi Cetho

Candi peninggalan kerajaan Hindu yang dibangun pada zaman Majapahit ini berada di lereng Gunung Lawu dan menawarkan bangunan candi yang masih terawat dan pemandangan indah di sekitarnya.

Saat masuk ke kawasan candi ini kamu wajib memakai kain poleng yang dipakai di bagian pinggang dan telah disediakan oleh petugas. Hal ini karena candi ini masih berfungsi sebagai tempat beribadah umat Hindu.

Tiket masuk ke Candi Cetho hanya Rp10.000 saja per orang. Murah kan?

3. Kebun Teh Kemuning

Sebelum Candi Cetho, ada kebun teh Kemuning ini menawarkan pemandangan hamparan perkebunan teh hijau yang asri. Berada di lereng Gunung Lawu, perkebunan teh yang sudah ada sejak zaman penjajahan ini bisa jadi tempat wisata alternatif saat kamu selesai berkunjung ke Candi Cetho.

Tiket masuknya juga gratis lho dengan catatan tidak merusak pepohonan yang ada di perkebunan ini. Kamu juga bisa mampir ke Rumah Teh Ndoro Donker yang ada di dekat perkebunan teh ini untuk mencicipi berbagai jenis teh. Seru kan?

4. Taman Balekambang

Taman yang berada di tengah Kota Solo ini menawarkan taman kota yang hijau dan sejuk, cocok untuk bersantai dan juga piknik. Fasilitas di taman ini juga tergolong lengkap, seperti wahana bermain anak, area outbound, taman reptil tempat berbagai macam hewan. Ada juga kolam di Taman Air Partini yang menawarkan perahu untuk berkeliling kolam.

Yang asyiknya, untuk masuk ke Taman Balekambang tidak dipungut biaya alias gratis. Jadi kamu bisa bersantai di tengah kota menikmati suasana kota Solo tanpa harus mengeluarkan uang.

5. Bukit Sekipan

Jika kamu suka dengan wisata alam, Bukit Sekipan atau yang dikenal juga sebagai Bumi Perkemahan Sekipan bisa jadi tempat wisata yang menarik. Terletak di Tawangmangu atau sekitar 1 jam berkendara dari pusat Kota Solo, tempat wisata ini menawarkan keindahan hutan pinus yang asri dan juga instagramable.

Berada di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut, tempat ini cocok bagi kamu yang ingin bersantai menikmati suasana pegunungan. Ada juga kegiatan outbond dan flying fox yang bisa dijajal. Fasilitas lainnya meliputi wahana bermain anak, waterboom mini, rumah halloween dan berbagai spot selfie.

Tiket masuknya lumayan lebih mahal jika dibanding tempat wisata sebelumnya, yaitu Rp50.000 sudah termasuk waterboom, kampung halloween, kampung 3D, gua hantu, miniatur dunia, bebek air, replika presiden RI, mini zoo dan kapal titanic.

Jadi kapan nih akan mengunjungi Solo? Jangan lupa pesan tiket bus dan travel Joglosemar secara online di Traveloka ya. Lebih praktis, mudah dan pastinya dijamin berangkat. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan protokol kesehatan saat di perjalanan naik bus maupun saat mengunjungi wisata di Solo ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel