Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Keunggulan Memilih Nama Domain .Id Untuk Bisnis Kamu

Di dalam membangun sebuah website, terutama situs untuk online shop tentunya nama domain .id perlu kamu jadikan pertimbangan. Pasalnya, domain lokal ini cenderung mulai dipakai oleh banyak orang. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan riset di tahun 2018 terdapat sekitar 281 situs menggunakan domain satu ini. Lantas apa saja keunggulan dari dot id? Simak ulasannya berikut ini.

Keunggulan Menggunakan Domain (dot) ID

1. Toko Online Menjadi Lebih Kredibel

Dengan menggunakan domain .id tentunya akan membuat toko online yang kamu miliki menjadi lebih kredibel. Hal ini dikarenakan domain .id melambangkan bahwa produk yang kamu miliki berasal dari Indonesia atau toko milikmu merupakan asli dari Indonesia. Sebab, di jaman sekarang banyak sekali toko abal abal yang tidak bertanggung jawab

Ketika menggunakan domain dengan ekstensi .id dapat menjadi salah satu cara untuk membranding toko online yang kamu miliki. Baik itu merupakan branding dari toko online milik sendiri ataupun perusahaan. Sebab, pengunjung nantinya akan lebih percaya dengan domain yang kamu miliki.

2. Lebih Nyaman Untuk Digunakan

Keunggulan menggunakan domain .id selanjutnya adalah lebih nyaman untuk digunakan. Hal ini dikarenakan ketika kamu ingin membuat domain .id, maka tentunya akan dibutuhkan identitas yang resmi. Yang mana akan berlaku untuk personal atau perusahaan. Tentu saja, dengan adanya persyaratan tersebut akan membuat pengguna menjadi lebih nyaman dan aman.

Untuk data pemilih website dengan domain .id, maka nantinya akan bisa didata dengan valid oleh lembaga yakni PANDI atau Pengelola Nama Domain Internet Indonesia. Sehingga, bagi pemilik domain yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku, maka PANDI akan bisa untuk menghapus domain tersebut.

Untuk itu, dapat dikatakan dengan menggunakan domain satu ini dapat menjadi salah satu cara agar pengguna internet lebih memahami kode etik yang ada di internet. Hal ini mencakup dari banyak segi, mulai dari pengguna, pemilih hingga dalam tata kelola dari website toko online yang kamu miliki tersebut.

3. Memiliki Akses yang Lebih Cepat

Dengan menggunakan domain satu ini ternyata situs kamu nantinya akan memiliki akses yang lebih stabil dan juga lebih cepat. Hal ini dikarenakan domain dengan (dot) id menggunakan server yang berada dari dalam negeri. Dengan begitu, hal tersebut tentu saja akan lebih cepat untuk membuka website yang kamu miliki dibandingkan dengan memakai server luar negeri.

Dengan nama domain .id, maka kamu tentunya tak perlu untuk membutuhkan waktu yang lama di dalam masalah akses. Hal tersebut tentunya dapat menjadi salah satu alasan mengapa kamu wajib untuk menggunakan domain .id. Tak hanya itu saja, domain satu ini juga akan memudahkan konsumen untuk menemukan toko online milikmu di dalam mesin pencarian.

4. Memiliki Identitas yang Lebih Jelas Untuk Pemilik Website

Dengan menggunakan domain satu ini, akan memudahkan bagi kamu untuk mengetahui siapa pemiliknya. Hal tersebut dikarenakan seperti yang telah dipaparkan di atas bahwa proses pendaftaran dari domain ini membutuhkan persyaratan khusus. Salah satunya adalah dengan memiliki identitas yang legal seperti KTP.

Namun tak hanya itu saja, di dalam membuat nama domain .id, kamu juga perlu untuk mencantumkan nama perusahaan ataupun dokumen penting yang lain. Dengan adanya persyaratan tersebut memang dirasa memberatkan. Akan tetapi, hal ini akan membuat kamu lebih nyaman dan aman di dalam membuat nama website.

Keunggulan domain .id tersebut memang sangat banyak, terutama bagi kamu yang ingin membuat website khusus untuk toko online. Oleh karena itu, kamu bisa mendapatkan domain .id di Sitebeat dengan harga yang cukup terjangkau. Pastinya, toko onlinemu nanti akan lebih dikenal dan dikunjungi oleh konsumen.