-->

Destinasi Wisata Candi Borobudur Magelang dan Sejarah lengkap

Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata terbaik yang sayang sekali apabila dilewatkan. Salah satunya adalah destinasi wisata Candi Borobudur yang berada di Kota Magelang, Jawa Tengah. Keindahan tempat dan sejarah candi borobudur menjadi daya tarik tersendiri yang patut Anda ketahui. Tak heran banyak para wisatawan lokal maupun asing yang datang berkunjung.

Sebagai warga negara Indonesia, sudahkah Anda berkunjung ke wisata candi terbaik ini? Sebagian orang yang belum pernah berkunjung, mungkin sudah pernah melihat foto, lokasi, rute dan fasilitas secara online. Ada banyak hal menarik yang bisa Anda dapatkan di Wisata Jawa Tengah ini. Selain kemegahan dari Candi, ada banyak pula tempat tempat menarik disekitar Candi yang tidak jauh dari lokasi.

Candi Borobudur tercatat dalam daftar 10 keajaiban dunia sehingga keberadaannya tentu sudah sangat populer. Bahkan candi ini disebut sebagai Candi Buddha terbesar di Indonesia juga di dunia. Meskipun demikian, jika Anda ingin berlibur dan berekreasi ke Candi Borobudur tidaklah sulit. Bahkan harga tiket yang terjangkau memungkinkan semua orang bisa datang.

Untuk informasi selengkapnya cobalah simak uraian sebagai berikut yang mengulas secara lengkap dan update tentang Destinasi Wisata Candi Borobudur.

Destinasi Wisata Candi Borobudur Magelang dan Sejarah lengkap

Sejarah Candi Borobudur

Untuk lebih menikmati kunjungan Anda ke destinasi wisata Candi Borobudur sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana sejarah Candi terkenal ini bisa terbentuk. Sampai dengan saat ini belum diketahui secara pasti siapa yang membangun Candi Borobudur. Candi ini bisa diperkirakan dibangun pada 800 tahun SM.

Menurut sumber dari Wikipedia, untuk masa pembangunan candi ini membutuhkan waktu sekitar 75 sampai dengan 100 tahun. Jenis akasara yang tertulis pada candi diperkirakan digunakan pada abad ke 8 dan 9 yang sesuai dengan sejarah puncak kejayaan Sailendra, Jawa Tengah. Penemuan kembali Candi Borobudur adalah pada masa penjajahan Belanda atau kepemimpinan Hindia Belanda.

Melalui beberapa tahap pemugaran, akhirnya Candi Borobudur bisa kita lihat seperti sekarang ini. Candi Borobudur memiliki kemegahan dan keindahan arsitektur kuno yang sangat mengagumkan. Dari waktu ke waktu Candi ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Sewaktu Anda berkunjung ke Candi Borobudur, seorang pemandu wisata yang bertugas akan menjelaskan secara detail tentang Candi tersebut kepada Anda.

Lokasi Candi Borobudur

Sebagaimana yang kita tahu Candi Borobudur berada di Kota Magelang, Jawa Tengah. Nah untuk alamat lengkapnya lebih tepat adalah di Jalan Badrawati, Kw. Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Anda juga bisa menemukan lokasi Candi Borobudur dengan mudah melalui Google Maps atau perangkat penunjuk lokasi lainnya.

Untuk lebih spesifik Candi Borobudur terletak 100 Kilometer di sebelah barat dari Semarang, 40 Kilometer dari barat laut kota Yogyakarta serta 86 kilometer sebelah barat dari wilayah Surakarta. Untuk rute perjalanan tidak akan sulit, Anda hanya perlu menuliskan kata kunci “Tangkuban Perahu” di google maps, maka akan secara otomatis rute perjalanan akan muncul.

Harga Tiket Masuk ke Candi Borobudur Terbaru

Harga tiket masuk untuk para wisatawan lokal :

Anak anak : Rp. 25.000
Orang dewasa : Rp. 50.000

Harga tiket masuk untuk para wistawan asing :

Anak anak : USD 15
Orang dewasa : USD 25

Biaya Paket Sunrice : 

Wisatawan lokal : Rp. 370.000
Orang dewasa : Rp. 500.000

Biaya Parkir Candi Borobudur :

Motor : Rp. 3.000
Mobil : Rp. 20.000
Bus : Rp. 30.000

Waktu Berkunjung Candi Borobudur

Anda bisa berkunjung ke Candi Borobudur dengan ketentuan waktu sebagai berikut :

Candi Borobudur buka setiap hari di hari Senin sampai minggu. Jam Buka adalah 6 pagi sampai 5 sore.

Catatan : Waktu dan hari untuk berkunjung ke Candi Borobudur bisa berubah ubah karena berbagai faktor. Oleh sebab itu, sebelum berkunjung sebaiknya pastikan bahwa Candi Borobudur sedang buka di waktu Anda berkunjung.

Fasilitas Wisata Candi Borobudur

Candi Borobudur sudah dirancang sedemikian rupa dengan berbagai fasilitas dan pelayanan untuk membuat para pengunjung tetap nyaman. Fasilitas terbaik tersebut beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Rumah makan
  • Pemandu Wisata Profesional
  • Pusat perbelanjaan
  • Kereta mini untuk transportasi berkeliling candi
  • Sewa Sepeda
  • Pelayanan informasi
  • Tempat sampah
  • Tempat beribadah
  • Toilet
  • Pos jaga
Syarat berkunjung ke Candi Borobudur terbaru

Sebelum berkunjung ke Candi Borobudur, alangkah lebih baik membuat persiapan terkait syarat yang harus dipenuhi untuk berkunjung. Syarat dan ketentuan tersebut beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Wajib melewati pengecekan suhu tubuh
  • Wajib menggunakan masker dan juga sarung tangan, jangan lupa bawa handsanitazer
  • Membawa peralatan pribadi seperti peralatana mandi, pakaian, jaket dan lain lain
  • Menjaga jarak dengan orang lain
  • Menjaga perilaku dan etika pada saat batuk dan bersin
Tempat menarik dekat Candi Borobudur

Menariknya berkunjung ke Candi Borobudur, Anda tidak hanya melihat candi Borobudur saja. Tersedia beberapa tempat wisata candi lainnya yang lokasinya tidak jauh dari Candi Borobudur. Nama candi tersebut beberapa diantaranya adalah :
  • Candi Ratu Boko
  • Candi Pinus Kragilan
  • Candi Putuk Setumbu
  • Pemandian Candi Umbul
  • Bukit Rhema Gereja Ayam

Uraian diatas adalah informasi terbaru yang dibahas secara lengkap tentang sejarah, lokasi, rute, harga tiket, waktu berkunjung, syarat dan fasilitas apa saja yang akan Anda dapatkan selama berwisata atau rekreasi di Candi Borobudur. Temukan berbagai informasi terkait wisata paling populer, penginapan murah, review tempat wisata sampai dengan tips liburan di destinasiwisataindonesia.com

Selain Candi Borobudur, terdapat wisata candi terbaik lainnya di Indonesia seperti Candi Prambanan, Candi Kalasan, Candi Mendut, Candi Ijo, Candi Gedung Songo dan masih banyak lagi yang lainnya. Berbagai wisata disekitaran candi juga tidak kalah menarik seperti wisata kuliner khas daerah setempat yang bisa membuat moment liburan Anda seru dan menyenangkan. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel