Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara belajar gitar bagi pemula dengan chord lagu termudah

Gitar adalah salah satu jenis alat musik yang digemari oleh banyak orang. Bagi para penggemar musik tentu sudah tahu bahwa gitar mampu menghasilkan banyak genre musik yang bagus seperti pop, indie, metal, jazz, rock, dangdut dan lain lain. Karena masih pemula Anda mungkin tertarik untuk belajar bermain gitar tapi tidak tahu caranya. Nah, Anda bisa belajar cara bermain gitar dengan cepat bisa menggunakan chord lagu termudah.

Belajar kunci gitar sebenarnya mudah kalau Anda mengetahui teknik dan trik dasar bermain gitar yang baik dan benar. Apa saja kunci dasar gitar? Mengenal nama nama kunci dasar gitar beserta gambarnya adalah tips belajar bermain gitar utama yang perlu Anda lakukan. Anda bisa mencari banyak informasi dari situs kunci gitar, buku belajar gitar, video tutorial lengkap, atau belajar dengan teman yang lebih ahli.

Pilihlah kord lagu lagu yang mudah untuk Anda praktekkan sebagai media pembelajaran. Setelah mulai memahami dan mahir menggunakan setiap posisi kunci gitar, barulah perlahan perlahan menaikkan chord lagu yang lebih rumit lagi. Chord lagu apa saja yang bisa Anda mainkan? Sebelum membahas lebih lanjut, mari cari tahu langkah langkah belajar bermain gitar yang mudah dibawah ini. Silahkan disimak.

8 Cara belajar gitar bagi pemula dengan chord lagu termudah

1. Mempelajari kunci dasar

Sebelum mengambil langkah untuk memetik senar gitar, yuk pelajari terlebih dahulu apa itu kunci dasar gitar. Umumnya gitar sendiri memiliki 6 senar dilihat dari senar yang ada di bagian paling bawah sampai dengan yang paling atas sendiri. Nah, sebenarnya gitar dibagi menjadi dua jenis yang seringkali dimainkan oleh banyak orang namanya adalah elektrik dan akustik. 

Meskipun kedua jenis gitar hampir mirip, namun keduanya mempunyai perbedaan misalnya dibagian tuningnya. Nah, untuk kunci dasar gitar yang perlu Anda ketahui adalah senar 1 akan menghasilkan nada E, senar 2 menghasilkan nada B, senar 3 menghasilkan nada G, senar 4 menghasilkan nada D, senar 5 menghasilkan nada A, dan senar 6 menghasilkan nada E.

2. Menentukan posisi gitar yang pas dan nyaman

Mengetahui kunci dasar saja tidak cukup, posisi gitar ketika Anda menggunakannya juga sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini mencangkup cara Anda memegang dan bermain gitar dengan posisi tubuh yang baik dan benar. Sebagai seorang yang masih pemula dalam bermain gitar, Anda bisa memposisikan gitar dengan cara memangku lalu mendekatkan gitar ke bagian dada dan perut.

3. Mempelajari cara menyetel senar gitar

Sudah mengetahui kunci dasar bermain gitar dan sudah menemukan posisi yang nyaman. Selanjutnya yang perlu Anda pelajari adalah caranya menyetel senar gitar. Kalau gitar Anda tidak disetel maka biasanya tidak akan mengeluarkan suara yang merdu ketika digunakan. Jadi tunning ini penting dilakukan untuk menghasilkan suara petikan gitar yang merdu. Anda bisa belajar tunning dengan menggunakan aplikasi Android setting gitar sendiri.

4. Belajar memetik gitar

Pada tahap ini Anda perlu menggunakan 5 jari Anda untuk belajar memetik gitar. Untuk melakukannya bisa dimulai dengan ibu jari diletakkan pada bagian senar paling atas yang berfungsi untuk memetik senar bass 6, 5 atau juga 4. Sedangkan untuk jari telunjuk dilakukan pada senar nomor 4, jari tengah di nomor 2, serta jari manis Anda di senar nomor 1. Lakukan perlahan lahan sampai Anda bisa memetiknya dengan benar.

5. Latihan memori otot tangan supaya terbiasa

Tidak ada suatu pencapaian tanpa adanya usaha dan kerja keras. Anda bisa ahli dan mahir apabila dibarengi dengan latihan secara terus menerus. Hal ini juga berlaku pada saat Anda belajar bermain gitar. Mungkin pada saat diawal Anda mencoba bermain gitar, jari jari Anda akan terasa sakit dan mengeras. Namun, hal ini tidak akan menjadi masalah lagi apabila Anda sudah terbiasa.

6. Pilih satu lagu dengan kunci gitar yang mudah

Nah, poin ini sudah sempat disinggung diawal sebagai cara paktis untuk bisa cepat mahir bermain gitar. Hal ini juga bermanfaat supaya Anda tidak cepat bosan saat berlatih. Apabila Anda sudah menguasai satu lagu yang mudah, nah tahap selanjutnya Anda akan lebih mudah untuk memahami kunci atau chord lagu dalam bermain gitar.

7. Belajar Melodi

Sebagaimana yang kita tahu belajar melodi bukanlah suatu hal yang mudah. Dapat dikatakan tahap ini sangat sulit untuk dilakukan. Proses yang terpenting untuk belajar melodi adalah skill, feeling serta improvisasi dalam hal menghubungkan not demi not nya. Dengan menerapkan cara ini Anda bisa menciptakan suatu harmoni yang indah.

8. Berlatih secara rutin

Setelah menyelesaikan semua tahap diatas, jangan hanya melakukakannya sesekali saja. Jika Anda ingin cepat mahir dalam bermain gitar, cobalah untuk secara rutin berlatih. Seseorang yang berbakat pun harus terus mengasah kemampuannya supaya bisa berkembang. Dengan terus berlatih Anda akan terhindar dari kemungkinan lupa dari pelajaran sebelumnya.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang cara dan tips belajar bermain gitar dengan baik dan benar menggunakan chord lagu termudah bagi para pemula. Ingin dapatkan chord lagu terbaru setiap hari dan punya lebih banyak lagu untuk dipelajari dengan alat musik gitar? Mudah sekali. Terdapat ribuan chord dari artis dan band yang Anda mau di chordindonesia.com

Hanya dengan memanfaatkan HP Android dan Smartphone, Anda bisa belajar bermain gitar dengan mudah dan berhasil. Anda bisa belajar kapan dan dimana saja menggunakan chord lagu mudah. Tunggu apalagi? Segera ekspresikan gaya musik Anda dengan menyanyikan lagu favorit Anda dengan iringan alat musik gitar yang keren. Semoga bermanfaat.