-->

Rahasia resep Soto Ayam Lamongan yang Sedap

Soto Ayam Lamongan adalah makanan khas dari Lamogan dari Jawa Timur yang rasanya Enak. Cara penyajiannya sangat berbeda dengan soto lainnya dan tentunya rasanya juga lezat. Makanan ini tersebar diberbagai daerah di indonesia bahkan juga terkenal baik di kecil maupun restoran.

Bumbu atau bahannya cukup mudah kita dapatkan di Warung ataupun Mini Market terdekat. Jika anda inggin mencoba membuatnya perlu menyiapkan beberapa bahan Utama, bahan yang di haluskan dan bahan pelengkap lainnya.


Ada dua jenis Soto Ayam yaitu Soto Ayam Bening dan Soto Ayam Santan. Kedua soto tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Proses pembuatannya sedikit berbeda dan tentunya rasanyapun memiliki cirikhas tersendiri.

Rahasia rasa Soto Ayam ada pada bahan bahan yang digunakan. Buat yang inggin mencoba membuatnya harus bisa menyesuaikan kebutuhan bahas dengan banyaknya Ayam yang di olah. Berikut ini adalah contoh cara mengolah Soto Ayam Lamongan yang Sedap.

Menyiapkan Bahan

Kita akan siapkan bahannya terlebih dahulu banan utamanya seperti 1 ekor ayam, 3 butir cengkeh, 2 cm lengkuas, 2 sdm garam, 5 lembar daun jeruk, 2 sdt gula pasir, 2.500 ml air, 2 batang serai dan Minyak goreng secukupnya.

Selain bahan utama kita juga menyiapkan bumbu yang di haluskan seperti kunyit yang sudah dibakar 4 cm, bawang putih 4 siung, ketumbar 1 sdt, kemiri 4 butir yang sudah disangrai, jahe 2 cm, bawang merah 8 butir, merica bubuk 1/2 sdt.

Berikutnya adalah mempersiapkan bahan Pelengkap seperti soun 100 gram, telur rebus 3 butir, daun seledri 1 sdm, jeruk nipis 2 buah, sambal 4 sdm, cabai rawit, taoge 150 gram, kol 5 lembar, kecap manis 2 sdm, bawang putih goreng 3 sdm.

Mulai Memasak

Jika semua bahan sudah kita siapkan maka selanjutnya kita mulai mengolahnya. Pertama persiapkan bahan bahannya terlebih dahulu dengan membersihkan Ayam dan memotongnya menjadi beberapa bagian. Selanjutnya memarkan Lengkuas, batang serai dan haluskan semua bahan.

Berikutnya seduh Taoge soun dan untuk bahan kol iris kecil terlebih dahulu termasuk daun seledri.  Telur yang sudah di rebus silahkan anda potong sesuai kebutuhan. Lihat : Masakan paling Popular.

Ambil panci dan mulai merebus Ayam campur dengan Serai, Lengkuas, Gula Pasir, Daun Jeuk, Garam dan Cengkeh. Berikutnya ambil wajan dan mulai memanaskan minyak goreng untuk menumis bumbu yang telah di haluskan. Jika sudah matang silahkan masukkan ke rebusan Ayam.

Jika ayam sudah matang silahkan angkat dan tiriskan. Goreng Ayam hingga berubah warna kecoklatan. Jika sudah dinginkan dan suwir suwir kecil kecil ayam goreng tersebut. 

Penyajian

Persiapan pertama adalah Mangkuk ya bukan piring supaya bisa menampung Kuah. Masukkan suwiran ayam tadi secukupnya lalu siram kuas soto ke dalam mangkok. Tambahkan Jeruk dan Kecap Manis supaya lebih nikmat. Selain itu lebih mantab jika ada sambal pedasnya.

Demikianlah rahasia Resep Soto Ayam Lamongan yang sedap dan nikmat. Jika dari penjelasan di atas kurang maka anda bisa melihatnya melalui artikel Sumber referensi: https://selerasa.com/resep-soto-ayam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel