-->

Inilah Design UI UX Terbaru yang Trend di Tahun 2021

Teknologi yang canggih telah membuat berbagai inovasi baru. Salah satunya dalam bidang desain grafis UI/UX. Sepanjang tahun 2020 kita telah menemui banyak tren baru yang meledak. Nah, pada tahun 2021 diprediksikan akan muncul tren design UI UX terbaru yang keren dan bermanfaat. Namun, sebelum kita bahas lebih lanjut, tahukah Anda apa itu UI UX design?

UI dan UX merupakan dua istilah yang berbeda satu sama lain. UI adalah singkatan dari User Interface Designer sedangkan UX adalah User Experience Designer. Tugasnya pun berbeda jika UI Design berfungsi membuat desain antarmuka untuk kebutuhan tampilan website ataupun produk digital yang lainnya, UX Design berfungsi untuk memikirkan serta menerapkan bagaimana suatu alur produk menjadi lebih efektif, efesien serta menyenangkan bagi pengguna.

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi UI UX design, Anda juga bisa lihat contoh hasil UI UX yang banyak bermunculan selama kurun waktu 2020. Diprediksikan tren UI UX di tahun 2020 akan bertahan hingga tahun 2021 kedepan. Nah, pada pembahasan kali ini kita akan cari tahu Design UI UX terbaru apa saja yang diprediksikan akan menjadi trend di tahun 2021. Mari simak informasinya di bawah ini.

Inilah Design UI/UX Terbaru yang Trend di Tahun 2021


1. Dark Mode

Di tahun 2020, Dark Mode sudah tidak asing lagi bagi para pengguna aplikasi web browser, sosial media sampai dengan marketplace. Semua aplikasi tersebut telah berlomba lomba untuk mengembangkan tampilan UI desaign dengan dark mode ini. Apa saja keunggulan dari dark mode untuk para penggunanya?

Kelebihan dark mode beberapa diantaranya adalah menghemat energi untuk layar AMOLED dan OLED. Tampilan teks terang dengan latar belakangnya berwarna gelap ini cenderung lebih baik untuk mengurangi ketegangan mata, serta dark mode dapat mengurangi blue light.

2. 3D elements

3D Elemen menjadu Tren setelah pertama kali terlihat di iklan Tokopedia pada salah satu media. Karena elemen dengan desain 3D ini memiliki karismanya sendiri maka tidak heran popularitas 3D elemets semakin meningkat di tahun 2020. Untuk menerapkan 3D elements ke UI dibutuhkan keterampilan khusus dan waktu untuk membuatnya. Render 3D elements seringkali bisa menampilkan efeknya sendiri.

3. Flat Design

Flat design adalah Tren yang diprediksikan akan terus populer di tahun 2021. Beberapa UI dan UX designer telah menyukai Flat Design karena kesederhanaannya dan gaya minimalis yang kreatif dan menarik. Meskipun demikian, ada juga yang beranggapan bahwa flat design masih terlalu biasa dan memilih ilustrasi lainnya yang lebih bertekstur. 

4. Animated Illustration

Ilustrasi sejak lama sudah ada dalam dunia desain produk digital. Ilustrasi terus mengalami pembaharuan dan evolusi sehingga terakhir sangat mengesankan. Ilustrasi digunakan sebagai elemen desain yang menambah nuansa alami dan sentuhan manusia secara keseluruhan pada desain UI dan UX menjadi sangat populer. Ilustrasi juga mampu memikat perhatian yang sangat kuat pada pengguna.

5. Photography

Berbeda dengan lainnya, Photography adalah tren design yang dapat menampilkan emosi positif. Dimana UI design dalam bentuk Photography akan memperlihatkan kedalaman elemen serta membuat sebuah situs website akan terlihat sedikit 3D. Adanya perpaduan warna dan teknik fotografi yang dirancang dengan baik akan menunjukkan kesan yang berbeda beda. Salah satunya adalah hasil yang futuristik.

6. Voice User Interface (VUI)

Di tahun 2020, Voice chatbot dan asisten virtual telah menjadi salah satu tren yang populer. Tren ini telah mempengaruhi cara kita untuk membuat catatan, mencari informasi dan lain sebagainya sebagai seorang pengguna. Teknologi ini umumnya sudah diterapkan di Android, Apple bahkan Google yang menawarkan pengalaman pengguna terbaik dan mengesankan. Tren VUI ini sangat praktis karena hanya dengan menggunakan suara, perintah langsung dilaksanakan.

7. Artificial Intelligent

Di tahun 2019 sampai dengan tahun 2021 hampir semua produk digital telah memiliki kecerdasan buatan, elemen pembelajaran mesin serta elemen UI design yang terus ditingkatkan sehingga membuat UI lebih mudah untuk digunakan. UX pun secara keseluruhan menjadi lebih baik. Nah Artificial Intelligent ini berfungsi untuk mempersonalisasi layanan sehingga akan semakin banyak pengguna yang memanfaatkan produk tersebut.

Tahukah Anda dengan menggunakan Al atau Artificial Intelligent di UI UX design maka produk bisa mempelajari banyak tentang pengguna berdasarkan perilaku mereka dan menciptakan user experience yang lebih baik.

8. UX Writing

Banyak perusahaan telah mengubah gaya komunikasi mereka untuk membuatnya lebih nyaman dan tidak formal. Beberapa perusahaan bahkan tidak segan untuk menambahkan sedikit humor. Nah, Dari sinilah muncul profesi baru writer. Pada tahun 2021 UI UX diprediksikan akan mendominasi pada penerapan UX Writing seolah olah sedang bercerita atau storytelling. Penerapan metode ini adalah terkait mentransfer data ke penggunanya dengan cara yang kreatif dan informatif. 

Uraian diatas adalah informasi update yang membahas terkait design UI UX Terbaru yang akan muncul menjadi tren di 2021 berdasarkan marketplace, komunitas Dribbbleindo dan beberapa media lainnya. Jika Anda masih merasa baru dengan istilah istilah yang disebutkan, masih banyak lagi yang bisa Anda ketahui dan pelajari. Yuk belajar seputar desain grafis di dinasectio.com

Masing masing Design UI UX yang diprediksikan tren di tahun 2021 yang sudah dijelaskan diatas memiliki fitur kelebihan dan kelemahannya masing masing yang saling melengkapi untuk kenyamanan para pengguna. Dengan mengetahui informasi ini, Anda dibantu untuk bisa memanfaatkan teknologi terbaru dalam bidang desain trends. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel