-->

Cara Menjaga Kesehatan saat Banjir dan Musim Hujan

Beberapa daerah di Indonesia rawan terhadap banjir ketika memasuki musim hujan. Cuaca yang ekstrim dan tidak mendukung seperti terkadang panas dan kemudian hujan deras, bisa mempengaruhi kesehatan kita. Harapannya kita semua bisa tetap sehat tidak soal cuaca buruk sekarang. Oleh karena itu, terapkanlah semua cara dan tips menjaga kesehatan dalam setiap kondisi, khususnya pada saat banjir dan musim hujan.

Bagaimana dengan wilayah Anda? Apakah tempat tinggal Anda juga rawan terhadap banjir? Atau bencana alam lainnya seperti longsor, tsunami, gempa bumi dan lain sebagainya? Jangan khawatir, selain mematuhi pengaturan oleh pemerintah, kita secara masing masing perlu pintar dalam merawat diri dan keluarga untuk tetap sehat di situasi yang tidak terduga ini.

Dari sekian banyak bencana alam, banjir merupakan bencana alam yang memberikan dampak secara langsung dan tidak langsung. Secara langsung karena merusak bangunan rumah dan prasaran dan secara tidak langsung karena membuat kita lebih mudah terserang penyakit. Banjir membawa sejumlah penyakit seperti diare, demam berdarah, flu dan lain sebagainya.

Untuk terhindar dari penyakit penyakit yang mengancam kita semua pada saat musim hujan dan banjir, lakukan hal hal sebagai berikut untuk menunjang kesehatan yang baik. Yuk simak.

Cara Menjaga Kesehatan saat Banjir dan Musim Hujan

1. Makan dan Minum yang bersih dan sehat

Tips menjaga kesehatan pada saat banjir yang pertama adalah mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Tidak hanya sehat, Anda juga perlu memperhatikan kebersihannya. Pastikan air yang digunakan untuk minum adalah benar benar layak diminum seperti air yang direbus sampai dengan mendidih. Namun, pada saat banjir hindari menggunakan air dari tanah untuk minum lebih baik pilih air minum kemasan yang dinilai lebih aman dikonsumsi.

2. Memperhatikan kebersihan tubuh

Tubuh kita sangat rentan terhadap penyakit apabila tidak dijaga kebersihannya. Terutama pasa saat musim hujan, sebaiknya gunakan perlindungan untuk tubuh Anda. Bagaimana cara nya? Beberapa cara adalah dengan selalu menggunakan alas kaki atau sepatu boat apabila kondisi masih banjir dan gunakan juga sarung tangan pada saat melintasi banjir.

Alat alat perlindungan tersebut bermanfaat untuk melindungi tubuh dari virus dan bakteri yang dibawa oleh air banjir. Jika tubuh Anda ada luka, jagalah jangan sampai terkena air banjir yang bisa berpotensi menyebabkan infeksi. Selain menggunakan perlindungan tubuh, jaga diri tetap sehat dengan mandi rutin, rajin cuci tangan dan kaki setelah terkena banjir. Jangan lupa gunakan sabun sebelum dan setelah makan.

3. Memperhatikan kebersihan lingkungan

Air banjir bisa membawa pencemaran lingkungan seperti limbah binatang tikus, serangga dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, kita harus mempunyai kebiasaan untuk menjaga kebersihan lingkungan kita termasuk alat alat yang sering atau tidak kita gunakan dengan baik. 

Pastikan juga rumah Anda cukup memiliki ventilasi udara yang memadai. Apabila Anda berada di tempat pengungsian, tipsnya yaitu lebih baik untuk memisahkan antara pengungsi yang sehat dengan yang sakit. Hal ini penting untuk menghindari terjadinya penularan penyakit.

4. Memperhatikan pola tidur

Seringkali musim hujan mengundang rasa kantuk yang dirasakan oleh sebagian besar orang. Ini disebabkan karena musim hujan identik dengan musim dingin yang suasananya enak untuk dibawa tidur. Saran untuk Anda, sebaiknya atur waktu tidur Anda dengan cukup. Jangan tidur dengan porsi yang berlebih, karena bisa membuat tubuh menjadi lemas dan tidak bugar.

Meskipun demikian hindari juga aktivitas bergadang atau tidur sampai larut malam. Tidur yang cukup bisa memulihkan kembali kebugaran dan stamina Anda. Ini juga berkaitan dengan menjaga sistem kekebalan tubuh dengan baik.

5. Selalu siapkan obat obatan 

Pada saat banjir kita mungkin kesulitan untuk mendapatkan obat obatan tertentu yang dibutuhkan. Bisa jadi kita sakit dan membutuhkan obat. Untuk menghindari masalah karena keterlambatan penanganan pemberian obat pada saat sakit, jangan lupa untuk selalu siapkan obat obatan. Dengan demikian kita selalu siap apabila ada kondisi yang tidak terduga. 

Beberapa obat obatan yang perlu disiapkan pada saat banjir umumnya adalah obat diare, obat demam, plester, obat luka, flu dan batuk, dan lain sebagainya. Khususnya jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu atau sedang menderita penyakit, harap selalu siapkan obat obatan yang Anda butuhkan.

Uraian diatas adalah informasi penting sebagai himbauan untuk kita semua, selalu mengutamakan kesehatan dan kebersihan dalam setiap situasi. Khususnya pada saat musim hujan dan banjir yang bisa membawa penyakit penyakit ringan atau bahkan berpotensi membahayakan. Lindungi diri Anda dan dapatkan informasi seputar kiat kesehatan dan olahraga di nasruddins.net

Sakit memang tidak bisa kita prediksikan tapi bisa kita cegah dengan cara cara diatas. Apabila Anda sekarang sedang sakit, berupayalah untuk menjalani pola hidup sehat sehari hari. Dan jangan lupa untuk menghubungi petugas kesehatan terdekat di lokasi Anda apabila ada situasi yang tidak terduga seperti timbul gejala gejala sakit. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel