Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Penting Mencari Rumah Idaman yang Nyaman

Memiliki rumah sendiri adalah impian hampir semua orang. Namun ini bukanlah perkara yang mudah. Anda harus mulai memikirkan untuk menyiapkan modal, mencari lokasi yang strategis serta memilih jenis rumah yang sesuai. Ini merupakan persiapan penting yang wajib dilakukan sebelum membeli sebuah rumah. Lantas, Bagaimana cara dan tips mencari rumah idaman yang berkualitas nyaman?

Tidak hanya rumah, beberapa orang punya masalah karena tidak memilih tempat yang tidak sesuai. Seperti halnya pada saat beli Ruko, Tanah, Gudang, Kantor, Pabrik, Apartemen dan masih banyak lagi. Memang untuk perkara membeli sebuah lokasi hunian, tempat tinggal atau tempat usaha dibutuhkan strategi yang matang dibanding hanya sewa saja.

Ada banyak faktor lingkungan yang perlu diperhatikan sebelum membeli sebuah rumah atau cara membangun rumah. Anda perlu pikirkan beberapa pertanyaan umum seperti apakah rumah baru tersebut cocok dengan kebutuhan saya dan keluarga? Apakah dekat dengan sarana transportasi? Apakah aman dari tindak kejahatan? Atau amankah terhadap bencana alam?

Untuk itu, simak beberapa tips penting mencari dan memilih rumah dengan tepat supaya tidak menyesal pada uraian sebagai berikut.

Tips Penting Mencari Rumah Idaman yang Nyaman

1. Lokasi rumah dijual

Anda perlu ingat sebagus apapun desain dan model rumah baru yang Anda beli, namun area nya tidak sesuai dengan lokasi impian Anda, semua bisajadi percuma. Hasilnya bisa mendatangkan masalah di masa mendatang pada saat Anda ingin kembali menjualnya. Inilah alasan mengapa lokasi rumah yang dibeli sangatlah penting untuk diperhatikan.

Bagaimana cara mengetahui informasi secara lengkap dan detail terkait lokasi rumah yang hendak Anda beli tersebut? Salah satu caranya adalah jangan malu untuk bertanya kepada orang orang sekitar di tempat lokasi tersebut. Warga sekitar pasti sudah mengenal situasi lingkungannya, sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran bagaimana keadaan lokasi calon rumah Anda tersebut. 

2. Mengecek legalitas rumah

Apabila Anda sudah cocok dengan lokasi rumah baru tersebut, langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengecek legalitas rumah. Pada saat ini umumnya banyak orang mencari rumah yang telah bersertifikat SHM atau Sertifikat Hak Milik. Bisa juga rumah yang minimal memiliki sertifikat SHGB atau Sertifikat Hak Guna Bangunan. Mengapa demikian?

Hal tersebut sebenarnya tidak terlepas dari persyaratan Kredit Pemilikan Rumah atau KPR yang hanya dapat membiayai rumah yang memiliki sertifikat Hak Guna Bangunan atau Sertifikat Hak milik. Maka, sebaiknya lakukan pengecekan legalitas rumah terlebih dahulu.

3. Sesuai kebutuhan keluarga

Rumah yang nyaman bukanlah sekedar rumah yang bagus dan mewah melainkan rumah yang sesuai dengan kebutuhan masing masing anggota keluarga. Untuk itu, satu tips bagus yang bisa Anda terapkan adalah membuat daftar kebutuhan Anda dan keluarga dari calon rumah yang akan Anda tinggali. Misalnya bisa pikirkan berapa jumlah kamar, apakah membutuhkan garasi luas, apakah rumah perlu dilengkapi dengan taman? Atau apakah ada rencana direnovasi di masa mendatang?

4. Harga yang sepadan

Biasanya selain kondisi rumah dan lingkungan sekitar, hal pertama yang penting diingat adalah biaya atau harga rumah. Anda pasti mengidamkan rumah yang bagus tapi dibanderol dengan harga yang murah bukan? Nah, sebaiknya Anda jangan berpatokan pada harga ya. Jangan pikir kalau rumah yang mahal sudah pasti bagus atau sebaliknya.

Keinginan Anda untuk mendapatkan rumah yang bagus dengan harga terjangkau bisa di dapat apabila Anda melakukan survei ke beberapa tempat terlebih dahulu. Pada proses ini Anda bisa membandingkan mana rumah yang sesuai dengan keadaan keuangan. Selain dari segi harga, Anda juga perlu memperhatikan skema pembayarannya apalagi jika menggunakan sistem KPR.

5. Spesifikasi Material Bangunan 

Sebagian orang ada yang tidak peduli terhadap jenis material yang digunakan pada sebuah rumah yang akan dibeli atau baru rencana membangunnya. Padahal, ini suatu hal yang penting loh. Material bangunan yang digunakan memiliki karakteristik yang berbeda beda yang akan membuat rumah lebih kokoh dan awet atau bahkan sebaliknya.

Misalnya, rumah dengan material batu bata akan lebih kokoh dibandingkan batako, lantai dengan pelat beton juga akan lebih awet dibanding hanya disemen atau dikeramik biasa saja. Sedangkan untuk atap, rangka atap bajak ringan akan lebih baik apabila dibandingkan dengan kuda kuda kayu.

6. Desain rumah idaman

Tahukah Anda? Seringkali tampilan rumah menggambarkan kepribadian sang pemiliknya loh. Oleh sebab itu, Anda dan keluarga perlu mencari rumah yang desainnya cocok dengan selera keluarga. Hal ini baik, supaya tidak ada penyesalan nantinya. Misalnya, orang yang berjiwa terbuka lebih menyukai rumah dengan banyak jendela dan ada juga yang menyukai rumah dengan nuansa tradisional. Bagaimana dengan Anda?

7. Kesehatan rumah

Dari semua hal diatas, satu hal lagi yang tidak boleh terlewatkan adalah kesehatan rumah sebagai satu hal penting. Tempat tinggal Anda harus bisa mendukung kesehatan Anda dan keluarga. Misalnya, perhatikan apakah sistem drainase dan pengoalahan limbahnya baik, adanya ventilasi dan jendela yang cukup untuk udara masuk serta lingkungan sekitar yang terjaga kebersihannya.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang beberapa tips dan trik untuk mencari dan memilih rumah idaman yang nyaman dengan baik dan benar. Poin poin tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk memutuskan apakah sebuah rumah sesuai dengan yang Anda kehendaki atau tidak. Informasi terkait jual dan sewa rumah, apartemen, ruko, tanah, gudang dan lain lain bisa lihat di iklanrumah.com

Ada banyak sekali jenis dan macam rumah yang bisa Anda peroleh dengan mudah. mulai dari lokasi, model dan desain, harga dan lain sebagainya. Oleh karena inilah Anda perlu cermat dan teliti mencari dan memilih rumah yang tepat supaya tidak adanya penyesalan nantinya. Semoga Anda dan keluarga bisa mendapatkan tempat hunian impian Anda.