7 Tsunami paling Besar dan Dahsyat di Dunia

Mastimon.Com - Masih ingatkah tsunami yang ada di Aceh tahun 2004 silam? Kejadian tersebut ternyata masuk ke dalam tsunami paling besar dan dahsyat di dunia karena menewaskan puluhan ribu orang dan juga rumah-rumah di Aceh dan sekitarnya. Kejadian tersebut merupakan mimpi buruk bagi warga Aceh dan juga Indonesia karena memberikan kerugian yang sangat luar biasa dari nyawa hingga harta.

Tsunami paling Dahsyat

Tapi ternyata bencana alam tsunami paling besar dan dahsyat juga ada di tempat lain. Tsunami adalah bencana alam yang disebabkan oleh gelombang air laut yang tumpah ke daratan. Bayangkan saja, parahnya kerusakan yang ditimbulkan oleh gelombang tsunami tersebut. Tsunami berasal dari bahasa Jepang yang artinya gelombang besar dan tinggi, sama persis dengan proses terjadinya bencana ini.

Indonesia memang rawan akan bencana terutama gempa, untuk itulah para warga yang tinggal di pesisir pantai, perbanyaklah ilmu perihal bencana ini agar Anda bisa mengantisipasi lebih dini bila terjadi sesuatu yang mencurigakan akan kondisi laut.

Bagaimana Proses Terjadinya Tsunami?

Mungkin masih banyak yang penasaran tentang proses terjadinya bencana ini hingga pernah terjadi tsunami paling besar dan dahsyat di dunia dalam sejarahnya. Pada awalnya, tsunami terjadi karena gerakan vertikal pada lempeng yang merupakan patahan atau sesar. Karena patahan ini, dasar laut menjadi naik ataupun turun secara tiba-tiba. Dan ini dinamakan fase gempa bumi. Baca Juga : Aplikasi untuk mendeteksi Gempa Bumi dengan mudah.

Terjadinya gempa bumi yang ada di dasar laut, menjadikan keseimbangan permukaan air menjadi terganggu dan menciptakan suatu aliran energi pada air laut. Aliran energi itulah yang nantinya menuju pantai dengan kecepatan yang tinggi dan dinamakan tsunami. Jadi, memang terjadinya tsunami 90% disebabkan gempa bumi yang ada di bawah laut. Lalu 10% dikarenakan letusan gunung berapi seperti yang sudah terjadi di selat Sunda Desember kemarin, karena letusan anak Gunung Krakatau.

Gunung berapi bisa menyebabkan tsunami, karena gunung meletus memiliki material-material vulkanik yang keluar, material yang keluar dan menuju ke arah pantai itulah yang menyebabkan tsunami. Tsunami bukanlah gelombang tunggal, saat terjadi, ada serangkaian gelombang sehingga banyak menelan korban jiwa dan kerusakan fisik berupa bangunan. Jadi, harus waspada dengan bencana alam ini.

Tanda-tanda yang Bisa Anda Ketahui Bila Akan Terjadi Tsunami

Untuk tanda-tanda tsunami paling besar dan dahsyat di dunia kebanyakan berupa adanya gempa yang cukup besar, air laut tiba-tiba menjadi surut. Kemudian Anda akan mendengar suara bergemuruh yang cukup mengerikan. Lalu, air laut pasang dengan gelombang yang sangat tinggi. Itu tanda-tanda yang paling umum dan harus diketahui khususnya orang-orang yang tinggal di daerah pesisir pantai.

7 Kejadian Tsunami Paling Besar dan Dahsyat di Dunia

Dan inilah 7 kejadian tsunami paling mengerikan yang pernah ada :
  1. Pertama ada di Arica, Utara Chile yang terjadi pada tanggal 13 Agustus 1968.
  2. Lalu di Aceh, Indonesia yang menewaskan kira-kira 225.000 jiwa, terjadi pada tanggal 26 Desember 2004.
  3. Kemudian di Lisbon, Portugal pada tanggal 1 November 1755
  4. Di Tohoku, Jepang terjadi pada 11 Maret 2011
  5. Lalu yang paling tua di Santorini terjadi pada 1642-1540 sebelum Masehi
  6. Valdivia sebelah Selatan Chile terjadi pada 22 Mei 1960
  7. Tsunami di Laut China Selatan yang terjadi pada tahun 1782.

Itulah 7 kejadian tsunami paling besar dan dahsyat di dunia, ada baiknya kita selalu waspada dan selalu mengantisipasi dengan mengetahui tanda-tanda terjadinya tsunami. Kalian juga bisa membaca beberapa informasi terbaru dan terupdate ke blog adzalmaking.info.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel