-->

Cara Membuat Absensi Online dengan Google Form

Absensi sangat penting dalam berbagai bidang seperti pendidikan dan pekerjaan. Mengapa penting? Karena fungsinya untuk mencatat jam kehadiran. Dilingkungan pekerjaan untuk catatan kehadiran karyawan atau pegawai sedangkan disekolah untuk catatan kehadiran siswa. Ada banyak cara untuk membuat absensi secara online. Salah satunya adalah dengan menggunakan Google Form.

Ada beberapa jenis absensi yang dapat kita temui. Ada yang dilakukan secara manual menggunakan kartu absensi. Yang lain menggunakan mesin absensi seperti analog, mesin absensi digital PIN, Mesin absensi digital magnetic card, absensi biometrik sampai dengan penggunaan aplikasi absensi online. Mana jenis Absensi yang sekarang Anda gunakan?

Layanan dari Google sekarang sudah dirancang secara canggih untuk berbagai keperluan. Salah satunya adalah kemampuan untuk buat absen online dengan mudah melalui layanan Google Form. Cara ini termasuk praktis untuk membuat data kehadiran yang akurat dan baik. Namun, sebagian orang masih bingung terkait bagaimana membuat absensi di Google Form. Untuk itu, kita akan simak rangkaian tahapannya di bawah ini.

Cara Membuat Absensi Online dengan Google Form 

1. Membuat Folder absensi di Google Drive

Layanan yang diberikan Google ada berbagai macam. Nah, tidak hanya google form, Anda juga bisa menggunakan yang namanya Google Drive sebagai alat bantu untuk membuat folder absensi di Google Drive. Namun sebelumnya menggunakannya, Anda perlu memiliki akun dan melakukan tahapan login dengan menggunakan alamat google yang digunakan. Bagaimana caranya? Langkah langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Pertama tama, Anda perlu mengakses alamat URL di https://drive.google.com
  • Setelah berhasil masuk dalam halaman Google Drive, Anda bisa membuat folder di dalamnya terlebih dahulu dengan cara mengklik menu “FOLDER” pada menu bagian samping. 
  • Jangan lupa beri nama Folder Anda dengan tepat lalu klik “Create”.

2. Membuat Form Absensi melalui Google Form

Setelah selesai melakukan pada tahap pertama, langkah selanjutnya adalah bagaimana caranya membuat form absensi nya di Google Form. Langkah langkahnya secara lengkap adalah sebagai berikut :

  • Pertama tama, pilih tombol “New” kemudian “Google Form” lalu “Blank Form
  • Tahap selanjutnya Anda perlu mengisi judul lengkap dengan deskripsi dari form absensi sebagai contoh seperti “Absensi Matpel ASJ Kelas XII TKJ1
  • Setelah itu pada bagian buatlah input untuk data Hari, Tanggal dan Waktu dengan menggunakan “type input Date”.
  • Buat juga input data Nama. Untuk Nama gunakan “type input dropdown”.
  • Lalu input bagian data absensi dengan menggunakan input “type Linear Scale”.
  • Setelah selesai maka akan tampil form absensi yang Anda buat lengkap dengan data untuk pengisian waktu, nama serta keterangan absensi untuk alpa, sakit, ijin dan hadir.
  • Jangan lupa untuk melakukan pengaktifan “Limit to 1 response”. Hal ini bertujuan supaya satu kali pengisian untuk setiap email. Cara mengaktifkannya adalah dibagian menu “Setting”  dan “General” lalu berikan tanda centang pada “Limit to 1 response”.

3. Mendistribusi Link Absensi

Nah, pada tahapan sebelumnya Anda sudah berhasil membuat Absensi Google Form. Nah, apa tahapan selanjutnya yang perlu Anda lakukan? Langkah selanjutnya adalah mendistribusikan link formulir. Caranya bisa Anda simak pada poin poin berikut ini.

  • Pertama, klik tombol “Send”.
  • Kemudian pilihlah lagi “Send Form Link”, lalu berikan centang di fitur “Shorten URL” kemudian selanjutnya pilih tombol “Copy”.
  • Nah, pada langkah ini Anda sudah bisa melakukan share ke anggota secara pribadi maupun dalam group. 

4. Mendownload Hasil Absensi 

Tahapan akhir yang perlu Anda ketahui adalah cara untuk mendownload hasil absensi yang diperoleh dengan menggunakan format file “Spreadsheet”  atau “CSV”. Untuk langkah langkahnya adalah :

  • Masuk pada bagian “Tab Responses
  • Memilih simbol “Spreadsheet” untuk membuat file serta memberikan namanya.
  • Setelah itu, file atau data secara otomatis akan tersimpan pada folder absensi yang sudah dibuat tersebut.
  • Berikunya, Anda bisa langsung beralih dan masuk ke Google Drive untuk melakukan download file
  • Kini Anda sudah bisa menampilkan data absensi. Untuk hasil yang lebih rapi, Anda perlu menggunakan logika dalam data absensi seperti bernilai 1 (Alpa), 2 (Sakit), 3 (Izin), 4 (Hadir) dengan rumus Excel “IF”.

Demikianlah informasi terbaru yang membahas tentang cara dan tutorial membuat absensi online dengan Google Form yang baik dan benar. Google Form sendiri ada banyak manfaat selain dalam hal pembuatan absensi. Beberapa diantaranya adalah mengumpulkan data dan informasi secara real time, menyimpan data dari Google Drive secara otomatis dan masih banyak lagi. Selengkapnya Anda bisa simak di buatkuingat.com

Mari Manfaatkan teknologi terbaru yang bisa semakin memudahkan pekerjaan dan aktivitas Anda baik dilakukan secara online maupun offline. Gunakan teknologi sebijak mungkin dan rasakan sendiri manfaatnya. Seperti salah satu teknologi yang kita bahas yakni Google Form yang sangat membantu dalam membuat absen online yang mudah. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel