-->

10 Bahan Kain Terbaik untuk Baju Olahraga yang Nyaman

Baju olahraga tidak dapat disamakan dengan baju yang kita kenakan sehari hari. Sebab, olahraga sendiri merupakan kegiatan fisik yang membutuhkan material baju yang lentur, kuat dan dapat memberikan sirkulasi udara yang baik. Bahan kain untuk baju olahraga yang dipilih akan menentukan kenyamanan Anda saat berolahraga. Lantas bahan kain terbaik apa yang bagus direkomendasikan sebagai pakaian olahraga Anda?

Pakaian olahraga mencangkup baju seragam, celana, dalaman sampai dengan jaket harus mempunyai bahan yang memudahkan Anda dalam bergerak. Dipasaran sudah banyak sekali ragam baju seragam olahraga yang diproduksi. Baik untuk seragam olahraga kantor, sekolah, pribadi bahkan lebih spesifik untuk orang dewasa dan anak anak. Anda harus pintar dalam memilih bahan yang cocok dengan kebutuhan olahraga Anda.

Banyaknya pilihan bahan, warna, desain, fitur untuk pembuatan seragam atau baju olahraga memang bisa jadi membingungkan banyak orang. Namun, jangan khawatir ada beberapa tips dan cara untuk mendapatkan baju olahraga yang tepat untuk Anda. Mulai dari mengenal bahan kain terbaik yang fungsinya cocok untuk kegiatan fisik yang mengeluarkan keringat seperti olahraga. Yuk simak.

10 Bahan Kain Terbaik untuk Baju Olahraga yang Nyaman

1. Bahan Sintetis

Bahan sintetis adalah bahan pertama sebagai pilihan utama dalam pemilihan baju olahraga. Material ini terbaik karena mampu menyerap keringat dengan baik. Selain itu, para penggunannya akan merasa nyaman karena tetap bisa merasakan sejuk sepanjang aktivitas karena mampu memberikan sirkulasi udara yang baik. 

Dari segi kelenturan bahan sintetis memang tidak diragukan lagi karena penggunanya bisa bergerak dengan leluasa. Hal ini sangat berbeda dengan bahan yang memiliki campuran antara plastik dan karet yang terasa kaku dan gerah pada saat digunakan. 

2. Katun

Kain katun mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga Anda. Katun sendiri sudah umum dijadikan sebagai kain untuk kaos sehari hari. Karena bahannya yang bagus dalam menyerap keringat sekaligus mengeringkan keringat dengan baik, katun juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan seragam olahraga.

Kain katun memiliki ciri ciri seperti fleksibel, lentur sehingga memudahkan orang yang menggunakannya dapat bergerak secara aktif. Kain ini juga memberikan sirkulasi udara yang cukup sehingga terasa sejuk. Anda pun bisa betah melakukan olahraga setiap harinya.

3. Calico

Calico adalah kain yang terbuat dari kapas. Calico merupakan salah satu kain terbaik karena sifatnya yang halus dan nyaman dikulit ketika digunakan. Meskipun terbuat dari kapas, tapi bahan inilah yang membuatnya mudah dalam menyerap keringat dengan sangat baik. Ditambah lagi bahan ini juga ramah lingkungan sehingga dapat terurai dengan cepat, sehingga Anda tidak akan menyesal ketika memilih baju olahraga dengan bahan Calico.

4. Spandex

Bahan kain dengan merek spandex umumnya sudah kerap ditemui sebagai bahan pembuatan seragam olahraga. Pandex disebut juga dengan nama lain bernama elastane. Bahan ini ketika digunakan bisa melar menjadi lima kali lipat tapi tidak robek. Menarik sekali bukan? Tidak perlu khawatir, lama lama kain ini menjadi longgar atau tidak elastis lagi, sebab Spandex akan kembali seperti semula ketika tidak digunakan.

5. Microfiber

Microfiber adalah bahan kain yang terbuat dari denier fiber. Umumnya bahan kain ini dibuat dari komposisi campuran polyster, nilon atau bahkan campuran dari keduanya. Disebut sebagai salah satu kain terbaik untuk baju olahraga, karena Microfiber memiliki keunggulan dalam menyerap dan mengeringkan keringat dengan cepat.

6. Dry Fit

Pilihan lain yang direkomendasikan adalah Dry Fit. Jenis bahan kain yang satu ini adalah campuran dari jenis spandek, polyster serta nilon. Dari bahan penyusunnya inilah membuat kain Dry Fit memiliki sifat yang lentur, padat sekaligus mempunyai pori pori kain yang lumayan besar ukurannya. Sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan kaos olahraga atau celana training. Kain ini sudah banyak dipakai oleh para olahragawan seperti atlet tenis dan golf.

7. Wafer

Sesuai dengan namanya “Wafer” jenis kain ini memiliki pori pori yang menyerupai dengan manakan wafer. Karakter yang dimilikinya adalah dalam bentuk kain kotak atau wajik sehingga akan nyaman digunakan untuk training olahraga karena mampu menjaga sirkulasi udara tetap baik. Biasanya jenis seragam ini digunakan untuk seragam futsal atau bola.

8. Hyget

Hyget adalah pilihan bahan terbaik lainnya untuk baju olahraga andalan Anda. Kain Hyget sendiri merupakan kolaborasi antara jenis kain terbaik seperti bahan cotton yang lebih tipis dan polyster. Sekarang sudah banyak kaos olahraga atau juga celana training memanfaatkan kain Hyget untuk produk pakaian seragam olahraga sepak bola, voli dan juga futsal.

9. Scoot Puma

Scoot Puma adalah bahan kain yang mirip dengan kain parasut dengan ciri ciri ukuran yang tebal. Namun, untuk permukaan kainnya adalah halus, tidak memiliki sisik apabila mengalami gesekan atau juga tidak mudah kusut. Apabila dijadikan sebagai training atau kaos olahraga maka akan terasa nyaman dan bagus.

10. Adidas

Adidas sebagai bahan kain yang populer dan mendunia memang tak pernah luput menjadi perhatian. Khususnya dalam menyediakan produk yang ringan dan mudah dalam menyerap keringat walaupun kualitasnya tidak sebagus yang dimiliki kain katun. Asal mula kain Adidas ini adalah mengadopsi dari brand bidang olahraga ternama dengan kualitas unggulan. Kain Adidas dalam pemanfaatannya sudah dipakai untuk kaos olahraga, training dan jaket.

Uraian diatas adalah informasi lengkap yang membahas tentang jenis dan merek bahan kain untuk seragam olahraga yang direkomendasikan untuk Anda. Mengapa direkomendasikan? Sebab bahan kain tersebut memiliki ciri ciri dan fungsi yang dibutuhkan saat berolahraga seperti lentur dan tidak ketat, sintetis, mampu menyerap keringat dan memiliki tekstur halus dan dingin. Ingin beli baju olahraga yang nyaman dan aman bisa mampir di 22hanasport.my.id

Memilih baju yang tepat untuk setiap kegiatan Anda akan memungkinkan aktivitas menjadi lebih menyenangkan. Anda juga akan terhindar dari situasi tidak nyaman karena salah dalam memilih baju karena fungsinya tidak sesuai dengan yang dibutuhkan. Pilihan ragam pakaian olahraga yang banyak seharusnya bukan membuat Anda bingung, melainkan menjadi lebih banyak variasi yang bisa Anda pilih. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel