Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Terhindar dari Serangan Hacker Wajib diketahui

Serangan Hacker merupakan salah satu tindakan kejahatan yang banyak terjadi sekarang ini. Mengingat hampir semua kegiatan serba online, ancaman peretasan akun oleh hacker menjadi suatu hal yang menakutkan. Bagaimana cara terhindari dari serangan hacker? Anda bisa melakukan tindakan mencegah hacker masuk ke perangkat HP Android, Smartphone, laptop atau komputer Anda dengan mengikuti tips dan trik mengamankan akun.

Banyak orang sekarang telah memanfaatkan banyak sekali media sosial dan aplikasi terkenal. Entah sebagai penunjang kegiatan atau hanya hiburan. Namun, dari sinilah para hacker mulai melakukan serangannya. Anda wajib mengetahui cara menghindari hacker di Facebook, Instagram, Email, mengunduh dan menginstal aplikasi tertentu atau bahkan saat berselancar disuatu situs di Internet.

Cara para hacker membajak akun seringkali tidak terduga dan tanpa kita sadari. Cara kerja yang cerdik dan pintar untuk menghasilkan uang yang tidak baik ini, memang tidak boleh disepelekan. Lindungi keamanan Handphone dan semua perangkat Anda, dengan mengamankan aplikasi yang berpotensi terkena virus atau malware hacker. 

Sebagai berikut kita akan membahas beberapa cara dan tips sebagai pengingat untuk melindungi perangkat elektronik Anda dari segala gangguan dan serangan hacker yang mungkin saja terjadi, yuk simak.

Cara Terhindar dari Serangan Hacker Wajib diketahui

1. Perhatikan Kata Sandi

Kata sandi atau password yang Anda gunakan pada akun sosial media sangatlah penting. Fungsinya tentu saja untuk melindungi dan mengamankan akun Anda dari orang lain agar tidak disalahgunakan. Untuk itu, pilih dan gunakan kata sandi yang kuat dan unik. Dengan kata sandi yang sulit, orang lain akan lebih sulit dalam membobol akun Anda.

Selain itu, pastikan juga untuk tidak memberikan password pada alamat url atau situs yang tidak terpercaya. Alangkah lebih baik untuk selalu gunakan situs resmi seperti saat membuka email, mesin pencari google dan lain sebagainya. Jangan beritahu orang lain password Anda, Google juga tidak pernah meminta password atau informasi penting yang lainnya.

2. Jangan gunakan fitur “ingat password”

Seringkali sewaktu kita memasukkan password akun media sosial, email dan lain sebagainya dalam perangkat baru maka akan muncul pemberitahuan “Remember password” atau “ingat password”. Fitur ini sebenarnya dapat memudahkan pengguna untuk tidak memasukkan password lagi ketika akan masuk layanan online tertentu. Tapi tahukah Anda, hal ini bisa dimanfaatkan hacker untuk mengambil celah keamanan Anda.

3. Mengganti password secara teratur

Di era yang canggih ini membuat miliaran perangkat bisa saling terhubung antara satu dengan yang lainnya. Berbagai ancaman keamanan informasi Anda ada dimana mana. Password yang Anda gunakan pun bisa dibobol. Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu mengubah password secara rutin. Menggunakan satu password untuk waktu yang lama lebih rentan dibajak oleh hacker.

4. Otentikasi dua faktor

Semua orang sekarang sudah menggunakan layanan internet. Nah sebelum menggunakan layanan internet tersebut dalam sebuah perangkat, ingatlah untuk mengaktifkan fitur keamanan yakni Otentikasi dua faktor. Berselancar di internet secara bijak adalah dengan berupaya sebisanya menjaga keamanan akun dan perangkat Anda. Nah, dengan menggunakan fitur keamanan yang satu ini akan mencegah adanya peretasan di internet.

5. Hindari menggunakan aplikasi bajakan

Aplikasi bajakan yang kerap kita temui di internet sangat rentan terhadap serangan virus. Hacker biasanya menggunakan aplikasi bajakan ini sebagai jembatan untuk melakukan tindakan kejahatannya. Dimana software atau aplikasi tersebut telah disisipi oleh script jahat yang berpotensi mengambil atau mencuri data dari sang pengguna. 

Oleh sebab itu, untuk melindungi perangkat Anda alangkah lebih baik jangan mengunduh atau menginstal aplikasi sembarangan. Apalagi yang tidak diketahui sumbernya dan di download dari luar aplikasi resmi Google play store atau apps store.

6. Gunakan software antivirus terpercaya

Saat virus atau malware mulai menjangkit suatu perangkat seringkali tidak disadari. Untuk itu, Anda disarankan untuk menggunakan program atau aplikasi antivirus terbaik yang akan melakukan identifikasi atau pengecekan terhadap kemungkinan virus yang masuk ke dalam perangkat. Virus sendiri bisa masuk dan mengambil data pribadi dengan banyak cara seperti penyusupan melalui program. Segera mengetahui ada program mencurigakan, Anda bisa langsung menghapusnya.

7. Bijak menggunakan wifi umum

Sekarang banyak tempat umum telah menggunakan wifi sebagai fasilitas atau layanan yang dibutuhkan masyarakat. Namun, tahukah Anda para pelaku yang tidak bertanggung jawab juga menggunakan fasilitas ini untuk meretas akun Anda. Untuk itu, lindungi perangkat Anda dengan bijak menggunakan wifi umum. Jangan terlalu sering menggunakan wifi umum, perhatikan juga tempat Anda menggunakan wifi.

8. Mengunci layar dan aplikasi

Apabila di perangkat yang Anda gunakan menyimpan banyak data dan sangat penting bagi Anda, pastikan Anda juga menggunakan fasilitas kunci layar dengan kata sandi bukan PIN. Jangan menggunakan smart lock. Sekarang ada keamanan menggunakan sidik jari atau wajah, tapi hacker bisa lebih pintar yakni dengan menyalin sidik jari digelas atau benda yang Anda gunakan atau menipu kameranya dengan menunjukkan foto Anda.

9. Lihat ulasan aplikasi sebelum mendownload

Selain menghindari pendownloadan aplikasi pada situs yang tidak terpercaya atau bajakan, penting juga untuk melihat ulasan aplikasi sebelum mendownload meskipun di aplikasi resmi. Sebab, para developer kemungkinan sewaktu waktu mengubah atau menambah kebijakan baru. Sebagai contoh aplikasi Evernote yang melakukan peningkatan dengan mengakses semua catatan pengguna. Hal ini bisa menjadi keberatan bagi sebagian orang.

10. Selalu update

Untuk mengamankan perangkat Anda dari serangan hacker, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memperbaharui firmware dan aplikasi ke versi terbaru. Memang proses ini akan menghabiskan kuota internet juga, tetapi ketahuilah bahwa update ini sangat penting untuk menambal keamanan akun perangkat Anda.

Uraian diatas adalah informasi terkini yang menyebutkan cara berhasil mengamankan akun Anda dari serangan hacker yang dapat dengan mudah menjangkit siapa saja apabila tidak waspada dan hati hati. Khususnya saat Anda menggunakan aplikasi yang rentan, berupayalah untuk menerapkan cara terhindar dari serangan hacker di fb, ig, wa dan lain sebagainya. Informasi lebih banyak tentang teknologi terbaru bisa Anda simak di aoicyber.blogspot.com

Anda mungkin penasaran bagaimana seorang hacker bisa meretas dan membajak akun Anda? Ada berbagai cara tindakan kejahatan bisa dilakukan. Terkadang peretasan akan mengancam untuk menyebarkan data data penting dari akun yang diretas. Hal ini sangat penting untuk menjadi perhatian Anda dan kita semua. Mari terus waspada dan semoga bermanfaat.