-->

Cara Sukses Menjalankan Affiliate Marketing Terbaru

Apa itu Affiliate Marketing? Bagi Anda yang sudah cukup lama mengamati perkembangan bisnis online, pasti tidak asing dengan pengertian Affiliate Marketing sebagai salah satu cara menghasilkan uang dari internet. Anda bisa memperoleh keuntungan dari hasil komisi penjualan online dengan menerapkan cara dan tips menjalankan Affiliate Marketing terbaru yang sukses dan berhasil.

Bagaimana cara kerja melakukan Affiiate Marketing yang baik dan benar? Affiliate Marketer berperan sebagai makelar atau perantara di internet secara online. Karena di dunia online, maka penjualannya dilacak menggunakan tautan afiliasi atau disebut juga kode referral dari suatu situs web ke website yang lainnya. Affilate Markerting merupakan kiat sukses membangun bisnis online tanpa modal.

Sekarang bisnis online terbaru yang populer ini sudah banyak dimanfaatkan oleh blogger, solo entrepreneur dan content creator. Meskipun kelihatannya menarik dan dapat menghasilkan uang yang banyak, jangan sampai Anda melakukan usaha online ini tanpa strategi atau rencana yang matang. Untuk itu, sebagai berikut kita akan bahas panduan cara memulai Affiliate Marketing yang berhasil.

Cara Sukses Menjalankan Affiliate Marketing Terbaru

1. Mengenal pengertian Affiliate Marketing

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum menjalankan bisnis Affiliate Marketing adalah mengenal dan memahami pengertiannya terlebih dahulu. Dengan memahami definisinya secara menyeluruh Anda akan lebih mudah untuk memahami proses cara kerja dan lingkup di dalamnya. 

Affiliate Marketing memiliki pengertian sebagai suatu sistem penjualan produk digital maupun non digital yang menggunakan link referral dari pemilik produk. Dimana Anda hanya menempatkan link pada situs atau blog yang mengarahkan pengunjung ke website lain yang menyajikan layanan produk.

Apabila produk telah laris terjual melalui link referral tersebut, maka Affiliate Marketer akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan. Dengan demikian, Affiliate Marketing tidak perlu menyetok produk seperti reseller.

2. Contoh bisnis Affiliate Marketing

Tidak hanya cukup mengenal pengertiannya, sudah tahukah Anda contoh bisnis Affiliasi dalam kehidupan sehari hari? Dengan memahami contoh juga akan membantu Anda lebih paham dalam menjalankan bisnis online ini. Contoh pertama adalah menggunakan Banner dan iklan untuk sarana promosi. Apabila Anda memiliki blog bisa menggunakan banner iklan untuk mempromosikan produk.

Contoh kedua, adalah dengan memasukkan atau menambahkan link ke konten Anda. Cara ini akan efektif digunakan oleh seorang content creator atau blogger. Anda juga bisa memilih artikel yang releval dengan link. Atau Anda juga bisa membuat konten artikel tertentu lalu masukkan link pada afiliasi produk yang bermanfaat untuk pengunjung.

3. Mengenal istilah dalam Afiliasi

Sebelum membahas lebih lanjut tentang Affiliate Marketing, satu hal yang tidak boleh ketinggalan sebagai cara berhasil menjalankan bisnis ini adalah mengenal dengan baik istilah istilah yang ada di dalamnya. Beberapa istilah dasar yang perlu Anda ketahui, penting supaya Anda tidak bingung. Simak istilah dibawah ini :

Affiliate  merupakan Sebutan untuk orang yang bekerja sama dengan penyedia program atau perusahaan untuk mempromosikan layanan produk atau brand kepada para pengunjung di situs websitenya. 

Pembayaran dalam hal ini yang dimaksud adalah Pembayaran bisnis Affiliate Marketing dilakukan dengan beberapa metode umum oleh Merchat yakni :

  • Cost Per Sale (CPS) : Komisi setiap penjualan berdasarkan value produk atau jasa.
  • Cost Per Lead (CPL) : Pembayaran setiap lead yang diselesaikan
  • Cost Per Click (CPC) : Pembayaran berdasarkan mengarahkan link ke website penyedia layanan
  • Cost Per Action (CPA) : Pembayaran berdasarkan permintaan iklan seperti mengisi survei formulir

4. Mengetahui kekurangan dan kelebihan Afiliasi

Sama seperti program marketing lainnya yang mungkin Anda ketahui, Affiliate Marketing juga memiliki kekurangan. Yap, tidak hanya kelebihan saja yang perlu Anda perhatikan, kelemahannya pun perlu Anda simak untuk menghindari kesalahan. 

Kelebihan yang dimiliki Afiliasi beberapa diantaranya adalah biaya awal yang murah, kemudahan untuk bergabung, tidak berurusan dengan pengiriman atau pengembalian produk, tidak menyetok produk dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk kekurangannya adalah Anda harus memiliki ketrampilan dalam melakukan internet marketing, ada batasan iklan, persyaratan pembayaran, membangun referal yang membutuhkan waktu sehingga dibutuhkan ketekunan dan kesabaran.

5. Cara mendaftar Affiliate Marketing

Sekarang ada banyak marketplace yang menyediakan program Affiliate Marketing. Beberapa di antaranya adalah Amazon, Ratakan, Shopee, Tokopedia,Bukalapak dan lain sebagainya. Untuk menjadi seorang Affiliate Marketing, Anda harus mempunyai akun pada layanan program tersebut. Ingat seblum memilih program marketplace pastikan Anda sudah paham peraturan yang berlaku untuk setiap program Afiliasi tersebut.

6. Optimasi SEO Produk

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang adalah cara untuk memaksimalkan mesin penelurusan. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menggunakan kata kunci tertarget dimesin pencari. Hal ini bertujuan supaya para calon pembeli dan traffic pengunjung bisa meningkat, hasilnya penghasilan pun akan lebih banyak dengan Affiliate Marketing.

7. List Building

Apa itu List Building? List building memiliki pengertian sebagai data calon pelanggan yang sudah Anda targetkan untuk menggunakan layanan atau membeli produk yang dijual. Sebagian orang masih menyepelekan list building, padahal dengan memiliki dan menggunakannya Anda memiliki target yang tepat dan bertujuan untuk memaksimalkan bisnis Affiliate Marketing. 

Inilah informasi update seputar Tips sukses bisnis Affiliate Marketing yang menghasilkan uang dengan mudah. Tertarik untuk mencoba menekuni bidang ini? Jangan ragu untuk menjalankan bisnis online Affiliate Marketing dengan mempertimbangkan hal hal dasar yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu seperti yang sudah kita bahas pada uraian diatas.

Jadilah pengusaha yang pintar dan bijak dengan menerapkan tips dan trik sukses mencapai keberhasilan. Tidak hanya berlaku untuk bisnis Affiliate Marketing, tapi bagi semua bidang usaha yang akan ditekuni, hendaknya Anda perlu mempersiapkan diri  dengan memperlengkapi pengetahuan dan wawasan Anda seputar bisnis terkait. Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel