-->

Kumpulan Nama Bayi Perempuan dalam Bahasa Jawa dan Artinya

Bahasa Jawa tidak hanya populer bagi orang Jawa atau orang yang tinggal di Pulau Jawa saja. Sekarang banyak orang yang bukan asli orang jawa menyukai bahasa ini dan seringkali dijadikan sebagai referensi nama anak laki laki maupun perempuan. Pasalnya nama bayi dalam bahasa Jawa sarat akan makna yang dalam. Khususnya bagi anak perempuan ada banyak nama bagus dalam bahasa jawa dan artinya.

Tahukah Anda memberi nama bayi adalah momen yang sangat penting bagi orang tua. Biasanya orang tua akan mulai memikirkannya ketika sang buah hati masih dalam kandungan. Sebagai orang tua, Anda tentu tidak ingin memberikan nama yang sembarangan untuk anak Anda. Anda mau nama yang bagus, memiliki arti yang baik bahkan hebat, atau nama yang mengandung harapan dari orang tua untuk sang anak.

Karena ada banyak sekali nama yang bisa Anda dapatkan. Kemungkinan Anda bingung nama seperti apa yang cocok untuk anak saya? Nama apa yang cocok untuk sosok anak yang periang, gembira dan bahagia? nama apa yang berarti pemberani, gagah dan percaya diri? Nama bayi Islam yang bagus artinya? Jangan khawatir, sebagai berikut kita akan bahas deretan contoh nama anak perempuan dari bahasa Jawa dan maknanya lengkap. Mari simak.

Kumpulan Nama Bayi Perempuan dalam Bahasa Jawa dan Artinya

1. Diajeng

Nama pertama yang disebutkan dalam daftar ini adalah Diajeng. Nama bayi perempuan dalam bahasa jawa ini sebenarnya sudah jarang sekali digunakan. Padahal makna di balik nama sederhana ini sangatlah bagus. Apa artinya? Diajeng berarti Putri Bangsawan. Dengan memberikan nama ini untuk anak Anda maka Anda berharap bahwa anak bisa tumbuh dengan perilaku yang sopan dan baik hati.

2. Gendhis

Gendhis adalah nama dalam bahasa jawa yang memiliki arti gula. Dengan memberi nama sang buah hati nama Gendhis maka harapannya nanti sang anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang manis seperti gula. Anda pasti bisa membayangkan nama ini cukup cantik dan unik bukan bila disandang untuk anak Anda? Gendhis juga menyiratkan bahwa anak perempuan yang sikapnya cantik dan lemah lembut.

3. Utari

Anda sebagai orang tua ingin memberikan anak nama yang mengandung sifat baik? Utari adalah salah satu rekomendasi nama yang bagus untuk anak Anda. Dalam bahasa jawa, nama ini mempunyai arti cahaya, sabar dan harapan. Uniknya nama ini juga bisa berarti matahari. Dengan memberikan nama yang bagus ini, orang tua seperti memberikan harapan yang baik untuk anak setelah tumbuh dewasa nanti.

4. Sekar

Nama sekar pada jaman dulu identik dengan gelar seorang bangsawan. Namun, berbeda dengan sekarang nama sekar bisa digunakan oleh siapa saja. Apakah nama sekar ada artinya? Tentu saja, artinya adalah bunga. Ada banyak sekali rangkaian nama sekar yang bisa digunakan dengan arti dan makna yang bagus. Sebagai contoh Sekar Ayu Nismara yang berarti anak perempuan cantik dan tenang seperti bunga.

5.  Kenes

Kenes adalah nama dalam bahasa jawa yang juga unik seperti Gendhis. Nuansa bahasa jawa di dalamnya memang terlihat sangat kental. Kenes sendiri memiliki arti yakni lincah dan menawan. Memberikan nama kenes memberikan harapan bahwa anak perempuan bisa bertumbuh dengan aktif, lincah dan senang untuk bergaul dengan siapa saja.

6. Anarawati

Nama dengan arti yang berpendirian kuat adalah Anarawati. Nama ini bisa menjadi doa dari sang orang tua untuk anak nantinya tidak mudah menyerah dalam menjalani hidup. Untuk nama panggilannya anak bisa dipanggil dengan sebutan Nara. Beberapa nama panjang untuk Anarawati yang bagus adalah seperti Anarawati Daniswara, Indira Anarawatu Anindya dan lain sebagainya.

7. Anjani

Masih membahas nama dengan nama untuk sosok yang pantang menyerah adalah Anjani. Nama Anjani juga bisa berarti selalu bersikap tekun. Tahukah Anda, nama ini sendiri pernah muncul dalam tokoh pewayangan dengan nama lengkapnya yaitu Dewi Anjani. Ia populer dengan parasnya yang begitu cantik layaknya sang bidadari yang bijaksana.

8. Isyana

Mendengar nama Isyana, mungkin Anda langsung menebak nama Isyana Saravati. Ya, nama Isyana memang cukup populer namun tahukah Anda, bahwa nama ini merupakan nama dari salah satu dinasti yang memiliki kuasa di Provinsi Jawa Timur. Nama Isyana cocok sekali bagi sosok perempuan yang tangguh dan gembira. Nama ini juga mencangkup harapan yang baik untuk sang buah hati.

9. Gayatri

Berbeda dengan nama lainnya, Gayatri memiliki arti yakni cerdas dan sejahtera. Sehingga nama ini menjadi salah satu nama bahasa jawa yang cocok untuk sang buah hati Anda. Pemberian nama ini diharapkan sang anak dapat tumbuh dan mampu berfikir dengan baik untuk menjalankan kehidupannya yang penuh akan rasa syukur dan bahagia.

10. Anindya

Nama Anindya adalah nama yang anggun untuk buah hati Anda. Arti dari nama ini sendiri adalah Sempurna. Harapannya sang anak perempuan bisa tumbuh dan berkembang dengan sempurna meliputi sikap dan perilaku yang baik bagi banyak orang. Untuk nama panggilannya bisa dipanggil Anin atau Nindya dan lain lain.

Uraian diatas adalah informasi terbaru yang menyajikan daftar nama bayi perempuan dalam bahasa Jawa yang sarat akan makna islami. Satu nama bisa dipadukan dengan nama lainnya sehingga menjadi nama terbaik yang berbeda dari nama lainnya. Untuk mendapatkan lebih banyak contoh nama bayi perempuan dan laki laki secara lengkap beserta artinya Anda bisa lihat di namakulo.com

Tidak hanya nama bayi perempuan maupun laki laki dalam bahasa Jawa, ada banyak bahasa lain yang juga bisa Anda pertimbangkan untuk mencari nama anak. Misalnya saja nama bayi bahasa sansekerta, arab, latin, Jepang, Inggris, Turki, Korea, Indonesia, Yunani dan masih banyak lagi. Pilihlah nama terbaik dan penuh makna untuk buah hati kesayangan Anda. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel