-->

10 Sifat yang harus diubah sebelum menikah

Di film dan drama kita banyak menyaksikan pernikahan adalah sebuah akhir yang bahagia. Anda tidak akan tahu sebelum pada akhirnya merasakannya sendiri. Memang moment saat kita menikah adalah hal yang paling indah dalam kehidupan kita. Namun, pernikahan tidak semudah yang dibayangkan. Sebab ada sifat sifat yang harus Anda ubah sebelum menikah. 

Sifat sangat penting bagi masing masing pasangan untuk menciptakan keluarga yang bahagia. Sifat seperti apa yang perlu dimiliki seseorang yang telah menikah? Tentu ini adalah sifat baik yang tercermin dari pola pikir dan tindakan. Apalagi Anda dan pasangan adalah dua orang yang berbeda disatukan melalui pernikahan, tentu Anda harus mampu memahami perasaan satu sama lain bukan?

Untuk bisa memahami dan saling membahagiakan, sifat Anda terlebih dahulu lah yang perlu dirubah sebagai persiapan menikah. Mungkin awalnya masih sering kekanak kanakan sekarang harus dewasa dan mampu memiliki prinsip dalam berkeluarga. Proses berpacaran yang baik dan benar inilah moment penting untuk menentukan apakah Anda mendapatkan calon suami istri yang tepat dan siap untuk menikah?

Sebagai berikut adalah beberapa sifat utama yang perlu dimiliki sebelum menikah baik untuk sang pria atau wanita. Mari simak.

10 Sifat yang harus diubah sebelum menikah

1. Egois

Egois adalah sifat mementingkan diri sendiri diatas kepentingan orang lain. Bisa jadi kita juga menganggap diri kita paling benar dan tidak mau mengalah. Sifat ini begitu menonjol di sebagian besar orang yang masih labil dan belum dewasa. Ketika Anda akan merencanakan pernikahan, Anda bisa pikirkan pertanyaan “Apakah saya termasuk orang yang suka egois?”

Pernikahan yang akan dilakukan ini bukanlah hanya berbicara tentang kalian sebagai pengantin. Namun juga menyangkut tentang dua keluarga yang disatukan. Oleh karena itu, Anda perlu peduli dengan orang orang sekitar, sebab dalam pernikahan Anda pasti membutuhkan bantuan orang lain. Tidak egois terhadap pasangan juga adalah cara terbaik untuk membangun ikatan yang harmonis.

2. Boros

Sifat boros merupakan sifat buruk yang harus dihindari dalam membangun rumah tangga. Dalam pernikahan, yang menjadi bendahara rumah tangga umumnya adalah perempuan tapi pihak pria juga harus pandai mengarahkan istrinya untuk tidak boros. Jika sebelum menikah Anda masih berlaku boros, kemungkinan akan sulit nantinya ketika sudah menikah.

3. Emosional

Emosional mencangkup suasana hati yang mudah berubah dan sensitif seperti marah, menangis, kesal, tidak bisa menerima nasehat, enggan menerima kritik dan saran dan lain lain sejenisnya. Anda ingin menikah, tapi kok masih emosian? Saat menikah Anda dan pasangan adalah satu. Jika salah satu suka emosian dan dominan, kasihan dengan pasangan Anda. Oleh sebab itu belajarlah dari sekarang untuk mengendalikan emosi dengan stabil.

4. Mengeluh

Dalam hidup ini, ada banyak hal yang bisa membuat kita mengeluh, marah dan tidak terima akan keadaan yang menimpa. Apalabila sedikit sedikit saja Anda sudah mengeluh, Anda tidak akan bisa untuk bersyukur. Apalagi khususnya saat membangun rumah tangga akan ada banyak hal yang terjadi diluar yang sudah direncanakan. Mulai sekarang belajarlah untuk mensyukuri hal hal yang Anda terima karena itu kunci kehidupan yang bahagia.

5. Kebersihan

Kebersihan tidak hanya bisa menunjang kesehatan yang bagus tetapi juga membuat penampilan Anda lebih cantik dan ganteng bukan? Kalau Anda sebelum menikah sudah jorok seperti tidak rutin mandi dua kali sehari, bagaimana nanti dengan pasangan Anda? Anda bahkan bisa dicap sebagai orang yang pemalas. Pasangan Anda juga bisa jadi malu dengan sikap Anda bukan? Kebiasaan sehari hari Anda memastikan kerutinan dalam rumah tangga.

6. Kurang menjaga lisan

Pergunakan lidah Anda untuk mengucapkan semua hal yang baik dan bermanfaat untuk orang lain. Jangan gunakan untuk hal yang tidak pantas seperti bergosip, cacian serta makian dan lain sebagainya yang sifatnya kata kata buruk. Apabila Anda dengan mudahnya menyebarkan keburukan seseorang, tidak menutup kemungkinan Anda juga bisa membicarakan keburukan pasangan. Mulailah untuk mendidik lisan Anda sebelum menikah.

7. Pemalas

Sifat malas umumnya selalu ada didalam diri setiap orang, bahkan orang yang kelihatannya rajin juga pernah mageran loh. Tapi yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai Anda menjadi orang yang sangat malas. Malas bekerja, mengerjakan pekerjaan rumah tangga, bersih bersih dan lain sebagainya. 

Jika dari sekarang Anda belum bisa mengontrol sifat malas itu dengan baik, tentu hal yang sama akan Anda lakukan juga dalam rumah tangga. Pernikahan pun tidak bisa bahagia kalau salah satunya tidak bisa bekerja sama dan malas.

8. Suka menunda nunda waktu

Suka menunda nunda waktu biasanya sering kali dilakukan oleh sebagian besar orang. Sifat ini bisa membuat seseorang kehilangan kepercayaan dari orang lain bahkan tidak bisa menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu. Dalam penikahan ada banyak hal yang tidak bisa ditunda, Anda harus mampu mengatur waktu dan memprioritaskan yang paling penting. Sehingga tidak ada hal yang terabaikan jika Anda tidak menunda nunda waktu.

9. Tidak Percaya kepada pasangan

Kepercayaan dalam sebuah hubungan adalah landasan atau dasar yang paling dibutuhkan dalam pernikahan. Jika sebelumnya Anda mungkin sulit untuk mempercayai orang lain, setelah menikah Anda harus percaya kepada pasangan. Jika Anda tidak percaya kepada pasangan bahkan dalam hal yang kecil, tentu akan membuat pasangan Anda kecil hati.

10. Suka berbohong

Sifat berikutnya yang perlu diubah sebelum menikah adalah berbohong. Anda tentu setuju bahwa dalam pernikahan harus dilandaskan dengan kejujuran satu sama lain. Inilah juga yang menjadi landasan memperkuat kepercayaan akan satu sama lain. Mulai lah dari sekarang untuk jujur dalam segala hal, dan tidak suka berbohong. Pasangan Anda tentu akan sangat bahagia dan menyukai kejujuran Anda.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum menikah. Dimulai dari sifat dan sikap baik yang harus Anda miliki sebagai cara membangun keluarga yang bahagia. Selain sifat sifat penting ini, masih banyak lagi yang perlu Anda persiapkan. Untuk informasi seputar tips dan trik lainnya bisa lihat di www.bulanbintang7.com

Sebagaimana yang kita tahu pernikahan adalah suatu hal yang sakral dan suci. Ini adalah langkah penting dalam hidup Anda. Untuk itu, mempersiapkannya juga dibutuhkan upaya dan waktu yang tidak sedikit. Dengan upaya yang Anda lakukan bersama pasangan, yakinlah pernikahan Anda bisa bahagia karena sudah dilandaskan terhadap kepercayaan satu sama lain dan sifat baik lainnya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel