-->

Mengenal Logam Non Ferro beserta contohnya lengkap

Apa itu logam Non Ferro? Logam Non Ferro adalah jenis logam yang tidak mengandung unsur besi atau non ferrous dalam taraf jumlah yang signifikan. Logam non forreous yang paling banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari hari adalah tembaga, timah, alumunium, seng dan timbal. Mari kita mengenal logam Non Ferro beserta karakteristik, jenis, contoh lengkap kegunaannya dalam kehidupan sehari hari.

Nah, sedangkan untuk pengertian Logam ferro sendiri adalah jenis logam yang terbentuk dari gabungan besi dan karbon. Di dalam logam ferro juga terdapat kandungan unsur dari berbagai bahan atau zat campuran dari mangan, silisium, fosfor dan belerang yang kadar campurannya tidak terlalu tinggi. Inilah yang membedakan keduanya dari segi definisi logam Ferro dan Non Ferro. 

Untuk menilai sebuah kualitas logam, biasanya harus dilakukan berbagai macam pengujian. Mulai dari uji tarik, kekerasan, uji tekan dan lain sebagainya berdasarkan pemakaian logam pada proses industri tersebut. Nah untuk memahami apa itu jenis logam Non Ferro, penjelasan secara lengkap bisa Anda simak pada informasi dibawah ini. Silahkan disimak.

Mengenal Logam Non Ferro beserta contohnya lengkap

1. Tembaga


Istilah tembaga pasti sudah tidak asing lagi ditelinga Anda. Meskipun tidak asing, sebagian besar orang belum bisa membedakannya dengan jenis logam yang lainnya. Tembaga ini merupakan jenis logam yang tahan korosi dengan warnanya yang coklat kemerahan. Tahukah Anda? Tembaga merupakan konduktor listrik dan panas yang sangat baik. 

Sifat tembaga adalah mudah dibentuk sehingga bisa dijadikan gulungan kabel, kawat, lembaran serta plat. Salah satu keunggulan tembaga yang perlu diketahui adalah dapat dicampur dengan seng, nikel dan timah untuk menghasilkan perunggu, kuningan dan cupro nikel yang sekarang banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan industri teknik.

2. Timah (Tin)

Timah (Tin) termasuk dalam golongan  logam non ferrous yang memiliki karakteristik dan ciri khas seperti warna putih keperakan dan mengkilap. Kelebihan yang dimiliki oleh timah salah satunya adalah ketahanan yang sangat baik terhadap adanya korosi asam. 

Tahukah Anda, sebelum ditemukannya lembaran baja berlapis, timah ini telah dimanfaatkan dalam pembuatan wadah timah untuk kebutuhan penyimpanan mustard, ghee dan jenis minyak lainnya. Timah banyak digunakan dalam industri elektronik sebagai bahan pengisi solder pada perangkat elektronik. Hal ini karena timah mempunyai titik leleh yang cukup rendah. 

3. Alumunium

Alumunium juga memiliki sifat yang sangat tahan terhadap korosi sebab terdapat lapisan oksida yang melekat dan berperan melindunginya dari oksidasi. Alumunium termasuk salah satu logam non ferrous yang mampu menghantarkan listrik dan panas dengan sangat baik walaupun tidak sebaik tembaga. Untuk karakteristik dan sifat khasnya adalah lunak dan ulet. Inilah yang membuat alumunium memiliki harga lebih terjangkau daripada tembaga.

Dalam kehidupan sehari hari kita bisa melihat bahan berdasar alumunium. Sebab umumnya alumunium ini dimanfaatkan untuk pembuatan peralatan rumah tangga. Alumunium juga digunakan untuk huruf timbul acrylic, membantu proses pengolahan makanan seperti alumunium foil tipis, kaleng minuman serta untuk industri pengemasan. 

4. Seng

Seng juga disebut dengan istilah zinc. Seng termasuk dalam jenis logam non ferro yang mempunyai penampilan fisik dengan warna abu abu kebiru biruan. Sama seperti jenis logam lainnya, seng juga memiliki sifat ketahanan akan korosi yang tinggi. Oleh karena inilah biasanya lembaran baja akan dilapisi dengan lapisan tipis dari seng. Dimana lapisan ini akan memberikan berupa perlindungan pada lembaran baja terhadap korosi tersebut.

Seng mempunyai titik leleh rendah tetapi fluiditas yang cukup tinggi sehingga memang cocok untuk penggunaan barang yang akan diproduksi dengan menggunakan proses diescating. Dalam kehidupan sehari hari kita juga bisa menemui penggunaan seng dalam baterai senter.

5. Timbal

Timbal atau Lead merupakan logam dengan ciri penampilan berwarna abu abu yang kusam. Timbal juga baik dalam hal ketahanan terhadap korosi sekaligus kelenturan yang baik. Dalam kehidupan sehari hari kita dapat menemui timbal yang dimanfaatkan untuk perlindungan atap dan dalam pipa ledeng. Timbal sangat unggul dalam ketahanannya terhadap asam sulfat sehingga digunakan juga sebagai bejana berlapis timbal untuk penyimpanan asalm sulfat.

Inilah informasi terbaru tentang ilmu pengetahuan mencangkup ilmu fisika, material, teknik dan lain lain yang patut untuk Anda ketahui. Sampai disini Anda sudah memahami apa itu logam non ferro, jenis, karakteristik dan bahan logam non ferro. Informasi ini hanya sebagian kecil saja yang dibahas, masih banyak pengetahuan terkait sains dan teknologi yang perlu di pelajari di etsworlds.id

Masing masing jenis logam yang diketahui mempunyai manfat dan fungsinya masing masing untuk semakin mempermudah berbagai kebutuhan manusia. Keunggulan yang dimiliki masing masing logam tersebut dapat menghasilkan barang yang bermanfaat untuk industri teknik seperti yang sudah kita bahas sebelumnya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel