Persiapan dan Persyaratan Menikah untuk Wanita dan Laki Laki

Persiapan dan Persyaratan Menikah untuk Wanita dan Laki Laki

Persiapan dan Persyaratan Menikah untuk Wanita dan Laki Laki

Moment paling membahagiakan dalam kehidupan seseorang adalah pernikahan. Ini adalah peristiwa dimana dua orang akan disatukan melalui sebuah ikatan rumah tangga. Menikah juga merupakan sebuah tahapan yang dicita – citakan banyak orang, walaupun tidak ada yang mengatakan “Cita – cita saya adalah menikah” tidak seperti itu, melainkan pernikahan menjadi keinginan setiap orang yang telah mencapai usia dewasa. Tetapi banyak orang yang menunda untuk menikah karena anggapan yang mengatakan menikah itu membutuhkan biaya yang mahal dan Persyaratan baik Wanita maupun Laki Laki. Selain persiapan mental juga persiapan lainnya yang ribet dan bikin pusing. Benarkah demikian?

Memang ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk bisa melansungkan pernikahan yang baik dan lancar terutama buat Anda yang menginginkan segala sesuatunya menjadi istimewa di hari penting tersebut. Supaya perkawinan Anda dianggap sah oleh bagian hukum, Maka, penting untuk mendaftar di KUA. Proses untuk mendaftar di Kantor Urusan Agama (KUA) juga memerlukan beberapa persyaratan yang harus di lengkapi baik dari pihak wanita atau laki –laki.

Buat Anda yang memiliki rencana untuk segera menikah, jangan khawatir. Mengurus persiapan menjelang perkawinan tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Anda hanya perlu teliti dan cermat serta sabar. Teliti dan cermat dalam memilih model bangunan untuk resepsi pernikahan, baju pernikahan, Berapa kuota undangan yang disebar, dekorasi, foto preeweding, bagian konsumsi atau makanan dan juga mempersiapkan surat –surat penting saat berada di KUA.

Surat –surat penting apa saja kah itu ? Bagaimana acara pernikahan mu bisa berjalan sesuai dengan harapan ? Maka, Anda bisa simak penjelasannya di bawah ini tentang segala persiapan dasar dan juga syarat terbaru untuk bisa menikah yang akan di kupas secara lengkap. Mari simak.

Persiapan dan Persyaratan Menikah untuk Wanita dan Laki –laki

Persyaratan Kepengurusan di KUA

Untuk bisa mengurus kelengkapan di KUA tidak membutuhkan waktu yang hanya sebentar saja. Jadi Saran praktis sebaiknya Anda mengurus semua nya meliputi syarat cara pendaftaran pernikahan di KUA berapa bulan sebelum acara pernikahan diadakan atau di gelar. Adapun dokumen yang perlu anda persiapkan adalah :
  1. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) 4 lembar untuk masing –masing pengantin wanita dan pria.
  2. Fotocopy Kartu Keluarga, 4 lembar untuk masing –masing pengantin.
  3. Pas Foto kedua calon pengantin, masing –masing berukuran 2X3 4 lembar, 3X4 masing –masing 4 lembar. Atau Anda bisa siapkan lebih untuk antisipasi saja.
  4. Bagi calon pengantin yang berstatus duda atau janda, lampirkan surat cerai atau talak dari pengadilan agama.
  5. Surat dispensasi dari pengadilan agama untuk calon pengantin yang akan menikah kurang dari 19 tahun bagi laki –laki dan 16 tahun bagi wanita. Surat ini juga berlaku bagi yang akan melakukan poligami.
  6. Untuk anggota Sipil TNI/POLRI dan TNI/POLRI harus mempunyai izin kawin dari atasan atau komandan.
  7. Pendidikan Ijazah Terakhir, Berlaku hanya untu KUA tertentu saja.
  8. Materai kurang lebih 6 lembar.

Persiapan Menikah

1. Persiapan Gedung Resepsi Pernikahan

Sebelum menikah, hal yang penting dan tidak boleh ketinggalan adalah gedung tempat melangsungkan pernikahan dan resepsinya. Maka sebelum memilih gedung, Ada baiknya untuk Anda dan juga pasangan berdiskusi terlebih dahulu meliputi tempat gedung, Besarnya gedung yang harus disesuaikan dengan perkiraan jumlah tamu yang diundang dan biaya pengeluaran untuk menyewanya. Kebanyakan orang juga ada yang lebih memilih melangsungkan resepsi seperti di halaman rumah yang diberi tenda jika tidak ingin menghabiskan biaya untuk menyewa gedung.

2. Persiapan Baju Pernikahan dan Seragam keluarga

Untuk baju pengantin sendiri Anda ingin model seperti apa? Traditional atau modern? Disini anda harus mulai menentukan ingin menggunakan baju pengantin seperti apa. Anda juga harus menentukan mau membuat baju sendiri atau menyewa. Pastikan untuk memilih gaun pernikahan yang sesuai dengan konsep pernikahan Anda dan tidak ribet. Tidak hanya baju untuk Anda sebagai calon pengantin, penampilan keluarga Anda juga penting, jadi anda perlu menyiapkan baju yang seragam untuk mereka agar terlihat serasi.

3. Persiapan Konsep dekorasi

Setelah selesai mendapatkan gedung atau tempat yang cocok untuk acara Anda, Selanjutnya dekorasi pernikahan. Namun untuk tahu dekorasinya seperti apa, Anda perlu membuat temanya terlebih dahulu, Tema nasional, tema daerah, tema modern, tema unik misalnya nuansa laut atau yang lainnya.

4. Persiapkan Jenis makanan dan Catering yang cocok

Untuk menentukan makanan apa yang akan Anda hidangkan, Anda harus mempersiapkannya jauh –jauh hari dan survei jasa ketering mana yang ingin Anda pilih. Penting juga buat Anda tahu vendor yang terkenal dengan makanan nya yang enak dan harganya terjangkau atau murah. Pastikan untuk mencicipi jenis makanan yang Anda pilih. Anda juga bisa menyesuaikan menu dengan tema pernikahan.

5. Persiapkan Jasa Make Up yang cocok

Pemilihan jasa make up untuk Anda dan juga keluarga sangat penting. Pastinya di hari yang penting anda ingin tampil cantik dan ganteng bukan? Apabila hasil make over nya tidak sesuai dengan keinginan karena terlalu sembarang memilih bisa membuat percaya diri anda melemah. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih jasa make up yang sesuai dan tidak mengecewakan.

6. Persiapkan Kartu Undangan

Kartu Undangan adalah salah satu cara teman dan keluarga Anda tahu bahwa pernikahan anda yang akan segera diadakan. Maka Anda perlu mempersiapkan undangan dengan memilih desain, warna, dan juga siapa saja yang diundang. Anda tinggal pilih sesuai selera dan buat List orang –orang yang ingin Anda undang.

Nah, Uraian diatas adalah beberapa persiapan untuk melangsungkan perkawinan yang tertata dan tersusun rapi. Semakin mendekat hari pernikahan tersebut, yang paling terpenting adalah menyiapkan mental dan hati Anda, nikmati segala proses dalam mengurus pernikahan. Jangan lupa juga sebagai calon pengantin Anda perlu menyempatkan diri melakukan perawatan agar tampil cantik dan ganteng di hari bahagia Anda tersebut.

Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu sobat semuat. Selamat menempuh hidup baru dan terima kasih. Jika kalian inggin tau informasi terbaru dan terupdate bisa berkunjung ke situs knginfo.com. Ada banyak informasi yang bisa kalian dapatkan seputar Prosedur lengkap menikah dan beberapa info menarik lainnya.