-->

Cara melakukan Ping menggunakan CMD untuk Cek jaringan Internet

Sebagai pengguna internet, Anda tentu pernah mengalami masalah pada jaringan internet. Hasilnya data internet hilangatau bahkan data website yang tidak dapat diakses kembali. Jika Anda adalah seorang programmer tentu permasalahan ini tidak asing. Namun, bagaimana jika Anda adalah seorang pemula? Salah satu cara yang perlu Anda pelajari adalah teknik melakukan PING menggunakan CMD bisa untuk cek jaringan internet.

Dalam dunia programming perintah Ping dengan Command Prompt umumnya dilakukan dengan tujuan menguji kemampuan sumber komputeruntuk mencapai suatu tujuan komputer. Perintah PING juga umumnya dimanfaatkan sebagai suatu cara sedehana dan praktis untuk memverifikasi bahwa komputer bisa berkomunikasi melalui jaringan dengan komputer lainnya.

Menggunakan metode PING sudah seharusnya menjadi perintah pertama yang Anda pikirkan untuk segera lakukan dalam upaya menghadapi masalah dalam jangkauan jaringan yang sedang dialami. Cara kerja PING akan mengecek koneksi internet yang sedang digunakan supaya bisa terhubung ke servernya atau tidak. Untuk bisa melakukan itu Anda perlu tahu tutorial nya dimulai dari langkah langkah lengkapnya dibawah ini.

Cara melakukan Ping menggunakan CMD untuk Cek jaringan Internet
Ping menggunakan CMD

Metode sederhana yang perlu Anda lakukan sangat mudah. PING sendiri memiliki kepanjangan yakni Pocket internet gropper. PING dapat dijalankan menggunakan CMD atau dengan kata lain Command Prompt. Cara kerjanya perintah PING akan dimulai dari metode mengirim suatu paket data melalui IP atau Internet Protocol. Bagaimana selanjutnya PING bekerja dengan mudah di windows? Sebagai berikut adalah tahapan PING untuk CMD.

1. Membuka Aplikasi CMD

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi pada Commond Prompt yang ada di windows laptop Anda. Bagaimana caranya? Ada beberapa cara, salah satu yang paling mudah diikuti adalah Anda tinggal mengetikkan kata “CMD” pada fitur search yang selalu tersedia di setiap jenis dan macam windows.

Secara otomatis hasil pencarian akan menampilkan CMD yang Anda maksud tersebut. Lalu pilih “Commond Prompt”. Ketika sudah berhasil membuka aplikasi, Anda bisa ketahap selanjutnya. Umumnya CMD selalu mudah ditemukan, cara ini juga merupakan cara jalan pintas tercepat untuj menemukan CMD.

2. Cek Alamat IP CMD

Berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah adalah cek alamat IP atau Internet Protocol Commod Prompt Anda. Bagaimana cara melihatnya? Setelah halaman CMD terbuka, Anda bisa mengetikkan perintah inconfig/all di halaman tersebutm biasanya memiliki latar belakang berwarna hitam. Jangan lupa untuk menekan tombol enter pada keyboard untuk menjalankan langkah berikutnya.

3. Cari nomor DNS Servers

Setelah mengecek alamat IP atau Internet Protocol, langkah berikutnya yang perlu Anda ambil adalah mencari nomor DNS servers. Cukup mudah dan sederhana dalam menemukannya. Anda cukup melakukan scroll layar CMD ke bawah sampai akhirnya menemukan nomor DNS servers yang dimaksud.

Arahkan perhatian Anda dengan tulisan “DNS Servers” yang diikuti oleh keterangan nomornya.Setelah mendapatkannya segera untuk catat nomornya secara detail dan benar. Sebab nantinya nomor ini sangat penting untuk melakukan pengkoneksian PING nya. Dengan mencatat terlebih dahulu akan memudahkan Anda dalam pengerjaan tahap berikutnya.

4. Mengetikkan perintah PING

Cara keempat menuju tahap akhir yang perlu Anda lalui adalah mengetikkan perintah Ping. Sebagai contoh perintah Ping tersebut ditulis dalam format ping -I 500 <DNS Servers> -t. Setelah mengetikkan perintah PING, jangan lupa untuk menekan tombol enter pada keyboard milik Anda.

Keterangan format perintah PING yaitu :
  • 500 merupakan jumlah data yang Anda kirimkan dalam satuan byte jadi 500 byte.
  • DNS Servers yang Anda dapatkan sebelumnya ditulis kemudian dengan detail yang benar seperti pertama Anda mendapatkannya. Jika ada salah satu nomor berbeda hasilnya maka hasilnya akan tidk berhasil
  • Simbol -t merupakan perintah agar PING selalu terkoneksi dengan internet atau senantiasa menuju host tertentu dalam keadaan terus menerus. Sehingga menghindari adanya putus jaringan internet. Ping ini hanya dapat berhenti jika diberhentikan.

5. Jangan menutup proses berjalan

Sampai dengan tahap ini, Anda sudah berhasil menjalankan proses menggunakan perintah PING denhan CMD. Selama proses yang sedang berjalan, harap jangan menutupnya atau bahkan meninggalkannya. Hal ini penting supaya kondisi internet tetap bisa berjalan dalam kondisi yang stabil. Anda masih bisa melakukan yang lain selama perintah PING berjalan dengan hanya melakukan minimize aplikasi CMD nya.

6. Lihat hasil akhir

Setelah proses Perintah PING berhasil dijalankan maka akan ditemui hasilnya berupa kode atau keterangan simbol yang perlu Anda ketahui arti dan maksudnya. Dengan mengetahui arti simbol tersebut, Anda bisa menyimpulkan sendiri bagaimana keadaan jaringan internet Anda. Keterangan detailnya sebagai berikut :
  • Ada balasan dari host yang telah Anda PING dengan nomor DNS servers menandakan bahwa Anda memiliki koneksi yang terhubung
  • 500 adalah jumlah dari data yang dikirimkan dalam satuan bytes. Bytes sendiri merupakan jumlah paket data yang dikirim kepada tujuan
  • Time : 1 ms (milli sekond), keterangan time berfungsi untuk mengindikasikan ketersediaan akan bandwith yang telah disediakan untuk paket ping. Apabila kondisinya bandwith ping habis maka yang terjadi statistik time juga akan semakin besar. Hal ini menunjukkan jika semakin besar nilai timenya maka koneksi internet yang Anda miliki akan semakin lemah atau lemot begitu pula sebaliknya.
  • TTL adalah singkatan dari Time to Live. Ini adalah sebuah ukuran yang memperlihatkanidentitas suatu host. Atau bisa berarti juga jumlah waktu yang diberikan dalam upaya satu kali kirim paket data supaya dapat tetap hidup. Anda bisa melihat bahwa jumlah TTL apabila lebih dari 64 maka akan dihasilkan alamat tujuan tidak ditemukan ataurequest time out.

Uraian diatas adalah informasi terbaru yang dibahas dengan lengkap seputar tahapan melakukan teknik pemanfaatan PING dengan CMD dengan tujuan untuk mengecek jaringan internet. Tidak terlalu sulit untuk dilakukan bukan? Ini merupakan cara yang paling sederhana, praktis dan efesien baik dilakukan oleh seorang yang masih awam dan pemula. ada juag beberapa Tips Komputer lainnya dan anda bisa melihatnya di situs PUSKES IT.

Cara ini memiliki kelebihan yang patut Anda ketahui. Mulai dari menstabilkan jaringan internet menggunakan CMD, menguji koneksi internet atau alamat IP lain, mempercepat koneksi jaringan internet dan lain sebagainya. Ini hanyalah sebagian kecil informasi penjelasan fungsi dan penggunaan Ping dengan CMD. Semoga dapat membantu dan memberikan manfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel