5 tips mengatasi jaringan Telkomsel lemot terbaru 2018

5 tips mengatasi jaringan Telkomsel lemot terbaru 2018

5 tips mengatasi jaringan Telkomsel lemot terbaru 2018

Jaringa internet Telkomsel anda lemot dan susah mengakses media sosial seperti Facebook, Instagram, BBM, Whatsapp dan Twitter. Kejadian ini membuat kita jengkel karena saat membuka aplikasi yang membutuhkan internet selalu loading dengan waktu yang cukup lama. Yang lebih parah lagi adalah tiba tiba jaringan hilang tanpa sebab. Hal ini bukan hanya terjadi saat menggunakan jaringan LTE (4G) saja tetapi jaringan 3G dan 2G juga.

Telkomsel memiliki pelanggan yang cukup besar di seluruh tanah air indonesia dibandingkan dengan operator lain. Walaupun harga paket internetnya terbilang mahal tetapi jika pelayanan jaringannya OK pasti konsumen tetap setia menggunakannya. Ada beberapa penyebab jaringan Telkomsel tiba tiba lemot dan susah di akses. Salah satunya adalah karena anda salah menentukan jaringan yang tepat sesuai daerah sobat.

Beberapa penyebab jaringan internet Telkomsel menjadi lemot :
  • Salah menentukan jaringan antara 4G, 3G dan 2G.
  • Lokasi yang jauh dari jaringan internet Telkomsel (Di pedesaan atau di hutan).
  • Banyaknya aplikasi yang terinstal di handphone android.
  • Kerusakan pada jaringan handphone itu sendiri.
  • Kuota internet habis.
Baca juga : Cara mengatasi sinyal Android lemah dengan 6 trik jitu dan berhasil

Beberapa penyebab terjadinya lemot pada jaringan internet Telkomsel di atas sudah cukup jelas. Jika sobat mengabaikan faktor di atas maka jangan salahkan pihak Telkomsel jika tidak bisa membuka internet. Mungkin untuk browsing di google dan membuka aplikasi facebook cukup mudah tetapi bagaimana saat membuka Vidio Youtube. Banyak kejadian vidio tidak bisa di putar dan selalu ngadat setelah beberapa detik.

Solusi dari masalah jaringan internet Telkomsel sebenarnya cukup mudah. Silahkan sobat ikuti cara yang saya lakukan ini. Awal menggunakan Telkomsel saya selalu kebingungan mengapa jaringan di SIM Telkomsel terlihat penuh tetapi internet tidak bisa dibuka. Masalah ini saya coba cari sendiri dan ternyata ada beberapa settingan jaringan yang salah. Saya harus sesuaikan jaringan di daerah tempat saya tinggal dan Paket Internet apa yang saya gunakan.

5 tips mengatasi jaringan Telkomsel lemot terbaru 2018

1. Pengaturan jaringan LTE (4G), 3G atau 2G

Untuk mengatur atau memilih jaringan internet silahkan sobat masuk ke Pengaturan >> Jaringan Selular >> Mode Jaringan. Perhatikan paket Internet yang sobat beli apakah Jaringan 4G atau hanya 3G. Jika kuota internet memiliki jaringan 4G silahkan pilih yang paling atas tetapi harus tetap memperhatikan jaringan di lokasi sobat mana yang paling kuat. Jika yang terkuat jaringan 3G maka pilih saja nomor 2 supaya penangkapan jaringan lebih efektif.

2. Setting APN Tercepat Telkomsel

Untuk setting APN Telkomsel silahkan masuk ke Pengaturan >> Jaringan Selular >> Nama Poin Akses >> Telkomsel GPRS WEB >> Silahkan sobat atur Profil name : Telkomsel GPRS (isi terserah kamu), APN : Telkomsel, Username : wap, Password : wap123. Jangan lupa klik Simpan dan sekarang silahkan dicoba jaringan internet Telkomsel sobat bisa lebih cepat. Jika mengalami maslah ataupun tambah lemot kembalikan ke pengaturan awal.

3. Menggunakan stiker Penguat Sinyal

Stiker penguat sinyal ini sebenarnya tidak perlu anda gunakan jika jaringan Telkomsel di tempat anda tinggi. Stiker ini dilengkapi dengan logam  yang fungsinya sebagai antena eksternal ponsel. Jadi buat anda yang berada di wilayah dengan minim sinyal maka bisa menggunakan stiker ini. Sobat bisa mendapatkannya di situs online seperti Lazada, Buka Lapak dan caranya cukup mudah karena sudah di sediakan pada pembungkus stiker tersebut.

4. Restart ponsel Android anda

Mengaktifkan ulang ponsel android anda dengan cara mematikan daya terlebih dahulu lalu menghidupkan kembali. Bisa juga me Restart (Mulai Lagi) dengan begitu kondisi handphone akan kembali ke posisi awal. Mungkin saat anda menggunakan beberapa aplikasi terjadi error sehingga mengakibatkan tergangunya jaringan internet. Anda bisa juga dengan cara menonaktifkan sementara Data Selular, lalu hidupkan kembali maka dengan begitu jaringan akan mencari ulang.

5. Unistal atau Remove aplikasi yang tidak digunakan

Meningkatkan kecepatan ponsel dan membersihkan file sampah dengan aplikasi 360 Security juga cukup efektif untuk meningkatkan jaringan. Selain itu anda bisa mencoba meremove atau menghapus sebagian aplikasi yang tidak digunakan seperti Game dan aplikasi Edit Foto. Sisakan ruang di memori internal supaya ponsel dapat bekerja lebih ringan dengan cara pindahkan File di Phone ke Card (Memori Eksternal).

Baca juga : Cara kunci SINYAL 4G Android supaya tindak menggunakan jaringan 3G

Itulah 5 cara mengatasi jaringan Telkomsel Simpati dan AS lemot terbaru 2018. Mungkin sobat ada cara yang lebih efektif, silahkan sampaikan di kolom komentar dan jika ada tulisan mastimon.com yang salah boleh dikoreksi. Selamat mencoba, semoga dengan beberapa tips di atas bisa membatu anda mendapatkan Sinyal Internet Telkomsel yang kuat.