Informasi Pendaftaran SBMPTN 2020

Mastimon.Com - Persiapan SBMPTN pastinya sudah mendekati harinya di tahun 2020. Setelah selesainya masa Seleksi Nilai Masuk Perguruan Tinggi atau SNMPTN, maka tahapan berikutnya adalah SBMPTN. Tahapan seleksi ini dilakukan bagi para pelajar yang tidak lulus pada selesksi sebelumnya. Informasi lengkap terkait pendaftaran seleksi bersama ini sangat penting. Mulai dari tanggal pendaftaran, syarat, jadwal dan lain sebagainya.

Anda kemungkinan yang berniat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN), tentu tidak ingin ketinggalan informasi atau tanggal tanggal selama masa seleksi bukan? Sebab ketidaktahuan informasi atau salah informasi bisa berdampak fatal atau bahkan Anda tidak bisa mengikutinya. Setidaknya Anda perlu tahu cara pendaftaran SBMPTN, Apa itu UTBK, Cara mendapatkan nilai UTBK, LTMPT SBMPTN 2020 dan berbagai ketentuan dan syaratnya.

Kecanggihan teknologi bisa membantu Anda mendapatkan informasi terbarunya secara lengkap. Bukan hanya situs web resmi dari SBMPTN saja yang mengulas, tetapi ada lebih banyak website online lainnya yang turut mengulas dan menyajikannya untuk Anda. Salah satunya adalah bahan informasi dibawah ini yang bisa membantu Anda mengetahui poin penting dalam SBMPTN. Yuk kita simak.

Informasi Pendaftaran SBMPTN 2020
https://www.mastimon.com/2017/06/pengumuman-sbmptn-2017-seleksi-masuk.html

Persyaratan Pendaftaran SBMPTN
  1. Berasal dari Lulusan pendidikan SMA, SMK atau sederajat pada tahun 2018, 2019 atau masih duduk di kelas 12 di tahun 2020
  2. Bagi lulusan tahun sebelumnya yakni SMA, SMK, MA atau sederajat di tahun 2018 dan 2019 sudah mempunyai ijazah. Lulusan paket C di tahun yang sama yakni 2018, 2019 dan 2020 juga harus mempunyai surat Ijazah.
  3. Memiliki kesehatan baik jasmani dan rohani yang baik sehingga tidak akan mengganggu proses pembelajaran nantinya.
  4. Mempunyai nilai UTBK yang adalah singkatan dari Ujian Tertulis Berbasis Komputer. Anda bisa mendapatkan ketentuan lebih lengkap silahkan untuk kunjungi situs lengkapnya di LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi.
  5. Membuat akun LTMPT sesuai dengan ketentuan pada situs web
  6. Tidak lulus di jalur SNMPTN pada tahun 2020 sedangkan bagi Anda yang sudah lulus dijalur ini harap tidak mendaftar lagi di SBMPTN karena tidak diperkenankan.
  7. Mengunggah Portofolio bagi Anda yang kemungkinan mengambil jurusan di bidang olahraga dan seni.

Jadwal Pendaftaran untuk SBMPTN Tahun 2020
  1. Mulai Pendaftaran pada tanggal 02 Juni 2020 sampai dengan 13 Juni 2020
  2. Pengumuman Hasil SBMPTN di tanggal 30 Juni 2020

Baca Juga :

Tata Cara Pendaftaran SBMPTN 2020
  1. Melakukan Registrasi akun di LTMPT terlebih dahulu untuk mengikuti proses UTBK atau Ujian Tertulis Berbasis Komputer pada tanggal 07 Februari 2020 sampai dengan 05 April 2020
  2. Mendaftarkan diri di UTBK
  3. Mengisi biodata Anda secara lengkap dan benar. Hal ini dikecualikan apabila Anda sudah terdaftar pada jalur sebelumnya yakni SNMPTN tahun 2020.
  4. Memilih Program Studi dan PTN (Perguruan Tinggi Negeri). Dalam hal ini Anda bisa memilih paling banyak dua program studi dalam satu atau bahkan dua PTN.
  5. Membuat dan mengunggah borang portofolio. Hal ini dilakukan bagi Anda yang melamar untuk program olahraga dan seni. Panduan downloadnya Anda bisa dapatkan di situs web resmi LTMPT.
  6. Mengunggah dokumen lainnya yang telah disesuaikan dengan persyaratan masuk dan daftar di SBMPTN 2020.
  7. Pengumuman.

Untuk mengetahui Manfaat dan Tujuan dijalankannya UTBK dan SBMPTN adalah sebagai berikut :

Tujuan UTBK :
  1. Memprediksi calon mahasiswanya untuk mampu dalam hal menyelesaikan studi di perguruan tinggi secara baik dan tepat pada waktunya.
  2. Memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa untuk dapat mengikuti tes secara fleksibel karena dapat memiliki waktu tes dan lokasinya sendiri.

Tujuan SBMPTN :
  1. Menyeleksi mahasiswa untuk mampu dalam hal menyelesaikan studi di perguruan tinggi yang dua tuju secara baik dan tepat waktu berdasarkan perolehan hasil UTBK dan kemungkinan kriteria lain yang sudah ditetapkan oleh pihak PTN.
  2. Memberikan kesempatan kepada sang calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu perguruan tinggi dalam lintas wilayah
  3. Membantu Perguruan tinggi untuk mendapatkan calon mahasiswa terbaik yang mampu menyelesaikan studinya di perguruan tinggi dengan baik berdasarkan nilai akademik saja ataupun kemungkinan dari prestasi yang lainnya.

Uraian diatas adalah informasi pendaftaran untuk SBMPTN 2020 sebagai inti pembahasan yang penting untuk Anda ketahui. Persiapan yang baik dan Matang akan membantu Anda menyusun jadwal pembelajaran SBMPTN lebih baik lagi dan tersusun rapi. Jika Anda siap secara fisik dan mental serta didukung dengan persiapan yang baik, tentu hasilnya akan baik.

Baca Juga : Tips belajar lolos SBMPTN

Untuk informasi yang lebih update dan resmi, kunjungi situs web LTMPT SBMPTN 2020 secara resmi. Disana Anda akan dibantu lebih detai terkait cara, syarat dan ketentuan proses SBMPTN. Hal ini juga berlaku ketika Anda mengikuti jenis seleksi lainnya seperti SMMPTN. Pastikan Anda melengkapi semua informasi yang di butuhkan. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel