10 Tips lolos SBMPTN 2019 dengan Mudah

SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah sebuah tes yang dilakukan untuk bisa masuk ke Universitas yang kita ingginkan. Kegiatan tersebut serentak dilakukan di seluruh Indonesia secara bersama. Pendaftarannya sekitar bulan Mei - Juni dan supaya Lolos harus mengikuti Prosedur yang sudah ditetapkan.


Ada juga istilah SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang biasanya di dapatkan melalui Jalur Undangan. Buat kalian yang sudah mengikuti dan lulus proses seleksi SNMPTN maka tidak perlu lagi mengikuti SBMPTN. Proses seleksi dilakukan memalui ujian tertulis yaitu Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Dasar (TKD).

Untuk biaya yang dibutuhkan yaitu sebesar Rp.200.000 untuk SBMPTN dan Gratis untuk SNMPTN. Pembayaran dilakukan sebelum Ujian berjalan melalui Bank yang di tentukan. Jika hal tersebut tidak anda lakukan maka dapat dipastikan tidak akan mendapatkan Kartu Peserta Ujian. Nah jika persyaratan sudah terpenuhi maka langkah selanjutnya adalah berusaha supaya Lolos Ujian tersebut.

10 Tips lolos SBMPTN 2019 dengan Mudah

1. Tentukan Jurusan yang Sesuai

Sebelum mengikuti tes maka diperlukan penetapan jurusan yang tepat. Pilihlah yang menurut kalian bisa memberikan masa depan yang baik. Dalam artian sesuai dengan kesukaan, skill dan supaya tidak menjadi beban dan bisa menyelesaikan Pendidikan.

2. Membangkitkan Semangat dalam Diri

Diperlukan motivasi yang kuat untuk bisa menghadapi tantangan saat akan menghadapi Tes Soal nantinya. Hilangkan rasa ketakutan diri supaya semua kemampuan dapat tampil. Yakin dan percaya dengan kemampuan kita sendiri.

3. Menyusun Jadwal belajar yang Baik

Beberapa bulan sebelum mengikuti Tes kita perlu melakukan belajar secara bertahap supaya dapat mempelajari semuanya. Susun jadwal sebaik mungkin supaya tidak bentrok dengan kegiatan lainnya dan bisa fokus saat belajar.

4. Belajar bersama Teman / Sahabat

Coba berkumpul bersama beberapa teman yang ikut seleksi SBMPTN untuk membahas soal bersama. Terkadang jika kita pelajari sendiri susah untuk memecahkan atau cara mendapatkan jawaban yang tepat. Jika ada soal Perhitungan kita bisa saling mengerjakan secara bersama sama.

5. Ikut Les Privat

Jika masih ragu belajar sendiri maka kalian bisa mencoba mengikuti bimbingan khusus. Biasanya ada beberapa orang atau lembaga yang sengaja khusus membuka Kursus Les Private tersebut. Pilih kelas atau tempat yang terpercaya dan tentunya dengan harga yang terjangkau.

6. Mencoba beberapa Soal

Di internet banyak sekali Blog/WEB/Situs yang memberikan link download contoh Soal SBMPTN. File yang diberikan bisa dalam bentuk PDF, JPG, PNG, WORD. Ada yang hanya memberikan soal saja dan ada juga yang menyediakan Kunci Jawaban dan pembahasannya.

7. Istirahat yang Cukup

Diperlukan ketenangan pikiran yaitu dengan tidur yang cukup. Usahakan setiap siang hari beristirahat satu jam dan saat malam hari istirahat minimal selama 7 sampai dengan 9 Jam. Jangan berpergian jauh sehingga dapat mempengaruhi kesehatan.

8. Sharing dengan Senior

Diperlukan bimbingan oleh seseorang yang sudah pernah mengikuti Tes SBMPTN. Tujuannya adalah supaya dapat memberikan arahan khusus supaya tidak salah dalam melakukan tindakan. Selain itu seorang senior juga bisa memberikan bayangan soal soal apa saja yang kira kira ditampilkan.

9. Mohon Doa Restu Orang Tua

Doa dari Orang Tua sangat mujarab karena restu dari merekalah kita bisa lancar melakukan apapun. Mintalah ijin jauh jauh hari supaya mereka dapat memberikan Motivasi ataupun dana yang kalian perlukan. Dengan begitu mereka tidak akan kaget dan bisa mempersiapkan segala sesuatunya.

10. Berdoa

Sangat penting tetap Beribadah dan Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Semua yang kita lakukan akan sia sia tanpa Pertolongan dan SeijinNya. Mintalah dalam Doa dan percayalah bahwa Dia akan memberikan yang terbaik.

Baca Juga :

Itulah 10 Tips lolos SNMPTN dan SBMPTN dengan mudah dan cepat. Jikapun kalian belum bisa berhasil maka mungkin bisa mencoba tetap melanjutkan jenjang pendidikan ke Universitas lainnya. Tetap semangat dan terus belajar yang rajin semoga semua Ujian dan Soal yang disediakan dapat dijawab dengan mudah.

Kalian juga bisa mempelajarinya beberapa Soal Latihan SBMPTN pada tahun sebelumnya yaitu 2018, 2017, 2016, 2015 dan seterusnya. Pelajari soal tersebut tanpa harus melihat jawabannya terlebih dahulu supaya kita dapat mengukur kemampuan. Jika masih banyak yang salah menjawab maka terus pelajari sampai bisa, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel