Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara buat Daftar Isi / Sitemap Blog terbaru 2020

Mastimon.Com - Sitemap atau Daftar isi adalah sebuah daftar artikel yang ada di sebuah blog atau website dengan menampilkan judul saja. Beberapa modifikasi kode html juga bisa menampilkan gambar icon atau menggunakan Thumbnail.


Fungsinya selain untuk melihat isi dari blog tersebut secara keseluruhan juga untuk menampilkan seseuatu yang menarik. Salah satu contoh kita bisa membuat sitemap perlabel atau per kategori sehingga mempermudahkan pengunjung belajar khusus blog Tutorial.

Nah jika anda membuat sendiri tentunya bisa membuat tampilan yang lebih menarik bahkan bisa mempromosikan blog kita. Kenapa saya bisa bisa menjadi media promosi ?... Kita bisa lihat setiap sitemap yang dibuat rata rata memiliki link aktif dari pembuatnya.

Saat orang lain menggunakan widget daftar isi tersebut maka secara tidak langsung sudah memberikan Backlink Gratis untuk kita. Nah bagaimana cara membuatnya silahkan Ikuti Blog mastimon dengan klik ini.

Nah untuk saat ini bagi anda yang inggin memasang sitemap/daftar isi cantik di blognya cukup mudah. Ikuti beberapa tahapan dibawah ini dan jika belum jelas juga saya buatkan Vidio Youtubenya. Jika masih kesulitan silahkan komentar disana.

Daftar Isi / Sitemap Blog Cantik

Langkah 1 : Masuk ke Daskboard Blogger >> Klik Pages / Halaman >> Klik New Page / Halaman Baru.

Langkah 2 : Silahkan isi Judulnya terlebih dahulu lalu Pilih HTML seperti lingkaran merah pada gambar dibawah ini. Paste Kode / Script yang saya sedikan dibawah ini.
<style type="text/css">
#toc{width:99%;margin:5px auto;border:1px solid #df772d;
-webkit-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
-moz-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);}
.labl{color:#FF5F00;font-weight:bold;margin:0 -5px;
padding:1px 0 2px 11px;background: #08484f;
border:1px solid #2D96DF;
border-radius:4px;-moz-border-radius:4px;
-webkit-border-radius:4px;box-shadow:3px 3px 1px #bbb;
-moz-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;-webkit-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;display:block;}
.labl a{color:#fff;}
.labl:first-letter{text-transform:uppercase;}
.new{color:#FF5F00;font-weight:bold;font-style:italic;}
.postname{font-weight:normal;background:#fff;margin-left: 35px;}
.postname li{border-bottom: #ddd 1px dotted;margin-right:5px}
</style>

<br />
<div id="toc">
<script src="https://cdn.jsdelivr.net/gh/penaindigo/Pena-Indigo-Code@a134f9def601a6f77332eccc35d3d20e0d3c7e49/sitemappenaindigo.js" type="text/javascript"></script>
<script src="/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
</script></div>

Langkah 3 : Silahkan Klik Publish dan Lihat Hasilnya.

Untuk meletakkan di Template Blog silahkan masuk Daskboard Blogger lalu ke Theme / Tema >> Edit HTML. Letakkan kursor di dalam HTML lalu tekan di Kyboard Ctrl + F secara bersamaan untuk mencari Kata. Jika anda menggunakan template Vio Magz maka silahkan cari Disclaimer. Buat sitemap seperti Gambar dibawah ini.


Itulah tutorial singkat bagaimana cara membuat Sitemap atau Daftar Isi di Blog dengan mudah dan tampilannya menarik. Baca Juga : Cara submit Sitemap Blog ke Webmaster Tools Google supaya Blog cepat keindex.