Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat Unit Iklan Adsense terbaru 2020

Mastimon.Com - Adsense adalah sebuah periklanan yang disediakan Google. Saat ini daskboard Google Adsense untuk Blog meluncurkan fitur terbaru membuat Unit Iklan. Mulai dari Iklan Otomatis, iklan Responsive, Iklan dengan ukuran tertentu, iklan Link Tautan sampai dengan Matched Content.


Untuk membuatnya sebenarnya cukup mudah tetapi jika seorang Pemula Blogger pastinya kebingungan menu maka yang di klik. Tutorial ini saya buat selain mempermudah membuat setiap unit iklan juga sebagai referensi mana jenis iklan yang Potensial dan tidak.

Sebelum menentukan jenis unit iklan maka terlebih dahulu kita perhatikan Template Blog yang digunakan. Posisi mana yang tepat iklan dipasang dan pastinya mudah dilihat oleh pembaca bahkan berpotensi untuk mendapatkan nilai yang besar.

Salah satu contoh Blog mastimon.com ini menggunakan Template VioMagz milik Mas Sugeng. Ada beberapa jenis unit iklan adsense yang saya Rekomendasikan lengkap dengan posisinya. Berikut ini adalah beberapa jenis iklan yang saya gunakan.

1. Iklan Otomatis

Iklan Otomatis ini adalah Fitur terbaru yang dibuat untuk mempermudahkan para Publisher. Dengan mengaktifkan iklan ini maka kemungkinan Penghasilan akan meningkat. Yang perlu diperhatikan adalah pilihan penggunaan yang di tampilkan. Untuk iklan Otomatis cukup megaktifkan yaitu :
  • Tanda Pagar : Iklan yang menempel pada tepi layar pengguna dan dapat ditutup dengan mudah.
  • Vinyet : Iklan layar penuh seluler yang muncul di antara pemuatan halaman.

Cara Membuat :
.
2. Iklan Responsive Teks dan Gambar

Unit iklan ini paling cocok diletakkan di atas Header karena saat dibuak menggunakan Komputer (Desktop) ukurannya bisa besar. Selain itu saat dibuka menggunakan Ipad dan Smartphone juga menyesuaikan ukurannya.

3. Iklan 336 x 280

Ini adalah unit iklan yang dibuat secara manual dengan mengetikkan ukuran Tinggi dan Lebar Unit Iklannya. Posisi yang tepat adalah di dalam Postingan Blog supaya terlihat seperti gambar pendukung artikel tersebut.

4. Iklan 300 x 600

Unit iklan ini sama dengan sebelumnya yaitu dibuat secara manual dan ukurannya tetap baik versi Mobile maupun Desktop. Posisi yang tepat adalah di bagian sidebar sebelah kanan Blog. Saat artikel blog dibuka menggunakan layar Komputer maka saat di scroll kebawah iklan akan tetap di posisinya.

5. Iklan Link Tautan

Untuk Link Tautan tidak semua akun Google Adsense menyediakan. Terlebih lagi buat akun baru pastinya tidak ada tetapi janga kuatir karena suatu saat akan disediakan. Bagi yang sudah memilikinya maka dibuat untuk diletakkan di bawah Judul atau di atas Postingan.

6. Matched Content

Matched Content mirip dengan artikel terkait yang biasanya disediakan oleh Template Blogger. Bedanya adalah menggunakan kode iklan ini maka akan tampil beberapa Artikel Terkait dan di antaranya ada beberapa iklan Adsense. Buat akun Adsense yang masih baru biasanya juga belum tersedia.

7. Unit Iklan Lainnya 

Ada dua jenis iklan yang tidak saya gunakan yaitu Iklan Dalam Feed dan Iklan Dalam Artikel. Sebenarnya unit iklan ini cukup bagus seperti menunjukkan artikel lainnya atau mirip Matched Content. Mengapa tidak saya gunakan karena nilai CPCnya cukup kecil.

Cara Membuat :


Itulah cara membuat Unit Iklan Google Adsense dengan tampilan terbaru. Cara membuatnya saya tampilkan dalam bentuk Vidio Youtube supaya mempermudahkan sobat mempelajarinya. Jika ada yang salah dan kurang baik silahkan sampaikan di Kolom Komentar vidio tersebut, terimakasih.