5 Fungsi Backlink pada Blog wajib diketahui Blogger Pemula

Mastimon.Com - Backlink adalah sebuah link yang dibuat di dalam sebuah artikel blog baik mengarah ke blog itu sendiri ataupun keluar. Backlink dibagi menjadi dua yaitu Internal Link dan Eksternal Link yang masing masing memiliki fungsi berbeda.

Sebagai seorang Pemula Blogger kita perlu memahami dengan jelas supaya tidak salah mengartikan apa itu Backlink dan bagaimana cara kerjanya. Jika kita salah dalam menggunakannya maka kemungkinan besar performa Blog akan buruk.

Sebaliknya jika Backlink di bangun dengan baik maka bisa membantu konten kita berada di Page One atau di halaman pertama Google. Dengan beberapa penjelasan yang saya buat ini semoga mambantu dan kita bisa memahaminya.

Internal Link

Fungsinya adalah untuk megkaitkan antara artikel yang satu denngan yang lainnya. Pengunjung tidak akan dibawa keluar ke situs lain melainkan tetap di blog yang sama tetapi artikel yang berbeda. Kita bisa lihat di dalam artikel bisa ada link ke artikel lainnya.

Ada dua cara membuat Internal Link yaitu secara Otomatis dan dengan cara manual. Dengan cara Otomatis ini maka akan ditampilkan Baca Juga dengan link artikel yang di acak. Sedangkan jika secara manual kita buat berdasarkan anchor teks yang kita buat sendiri.

Sebagai saran saya baik menggunakan secara Manual dibandingkan secara Otomatis. Nilai link yang diberikan akan lebih baik karena bisa memberikan anchor teks yang bervariasi. Kita juga bisa membuat Link yang sesuai dengan artikel tersebut.

Eksternal Link

Fungsinya adalah untuk memberikan informasi lanjutan kepada pengunjung untuk melihat situs lain. Ada dua jenis backlink yang bisa kita berikan yaitu Do Follow dan No Follow. Baca Juga : 18 Optimasi SEO Blogger.

Backlink Do Follow berarti mengikuti dan secara langsung Blog tersebut mengikuti link yang di tautkan. Sedangkan No Follow berarti tidak mengikutu blog tersebut dan google tidak melakukan crawl atau tidak mengindex samasekali.

Nah dari kedua penjelasan tersebut kita bisa simpulkan bahwa kedua jenis backlink tersebut sangat berbeda. Kita bisa berikan Do Follow untuk Blog yang memiliki nilai DA PA yang tinggi dan tidak melanggar google. Sedangkan No Follow kita berikan ke blog baru atau Nicenya tidak sesuai dengan blog kita.

Cara Mendapatkan Backlink

Ada banyak cara mendapatkan Backlink secara Gratis tetapi apakah itu baik atau sebaliknya akan memperburuk Blog. Cara yang paling baik adalah dengan mengeluarkan menggunakan Artikel Placement.

Kita bisa memilih sendiri ke Blog yang sudah memiliki nama bahkan kualitas blognya tidak diragukan lagi. Seperti Blog mastimon.com ini membuka Jasa Backlink bagi yang berminat silahkan WA ke 0852-5010-4838.

Waktu yang Tepat memasang Backlink

Untuk Blog yang masih baru saran terbaik saya adalah fokus membuat Konten yang ori dulu sebanyak banyaknya. Jangan membeli backlink ataupun spam backlink ke komentar blog ataupun media sosial.

Gebrakan pertama itu mempengaruhi kepercayaan Google terhadap Blog kita. Fokus pada konten dan apabila inggin memasang Backlink silahkan membeli secara bertahap. Jangan beli backlink sekaligus banyak karena akan terindex spam bahkan Blog akan terdampar ke jurang yang dalam.

5 Fungsi Backlink yang perlu Anda Ketahui

1. Membangun Otoritas Situs/Web

Sebuah Blog supaya bisa dikenal dan diketahui banyak orang salah satunya adalah mendapatkan rekomendasi dari blog lain. Terlebih lagi jika blog kita dibahas oleh situs situs yang memiliki DA PA Tinggi.

Dengan link tersebut maka blog kita semakin dipercaya bahkan bisa menjadi rekomendasi dan mendapatkan Backlink Gratis. Bangunlah otoritas situs anda dengan menanam Backlink ke situs yang Nicenya sama dengan Blog anda.

2. Sebagai Lalu Lintas Referral

Saat link blog kita berada di artikel milik orang lain maka dari beberapa pengunjung pasti ada yang mengklik link tersebut. Secara tidak langsung link tersebut menjadi sumber Refferal visitor dan bahkan View blog akan semakin meningkat.

3. Sumber Visitor Jangka Panjang

Visitor yang baik adalah bersumber dari Search Enggine Google, Bing, Yahoo dan lain lain. Bagus juga dari situs yang memiliki nama bahkan efeknya kita bisa mendapatkan pengunjung dalam waktu yang lama. Selama blog masih aktif dan link tidak di non aktifkan maka sumber Visitor akan selalu ada.

4. Pengakuan Brand Situs

Situs yang memberikan Backlink sebenarnya secara tidak langsung memberikan pengakuan Brand kepada situs tersebut. Terlebih lagi jika linknya adalah Do Follow yang bisa meningkatkan artikel blog kita naik ke atas Page One Google

5. Membangun Kepercayaan Google

Google akan memberikan kepercayaan kepada blog kita untuk bisa bersaing di beranda Google saat ada situs bagus yang memberikan Backlink. Dengan mudah dan cepat kita dapat meningkatkan Pengunjung Blog. Semakin dipercaya oleh google maka Blog kita akan semakin meningkat bahkan bisa mengeser Blog lain.


Nah itulah penjelasan dan Fungsi Backlink yang perlu anda ketahui terlebih lagi sebagai Pemula Blogger. Jangan salah dalam menempatkan link di Blog karena jika dilakukan akan berakibat buruk. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel