Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara buat SITEMAP Blog Per Label terbaru dengan mudah dan rapi

Sitemap atau Daftar Isi yang ada di sebuah blog sangat bermanfaat untuk pembaca. Tidak heran jika beberapa blog menyediakannya tetapi ada juga yang tidak membuatnya. Ada beberapa alasan yaitu tidak inggin artikel dibaca secara keseluruhan ataupun karena kode yang digunakan tidak berfungsi. Buat anda yang masih mengalami itu bisa menggunakan kode yang saya buat ini.


Anda bisa menampilkan daftar artikel berdasarkan Label jadi anda bisa membatasi label mana saja yang disediakan. Dengan kode ini juga bisa kita buat untuk membuat sebuah artikel dengan kata kunci Kumpulan Tutorial Blogging ataupun Tips dan Trik Adsense. Didalamnya anda cukup menampilkan satu Label saja maka saat ada artikel baru secara otomatis bertambah sendiri.

Baca juga : Cara daftar atau Submit Sitemap Blog (Peta Situs) ke Google Webmasters Tools

Sebenarnya tutorial pembuatan Sitemap ini saya buat karena ada beberapa yang chat saya bahwa Kode yang mereka pakai tidak berfungsi. Sitemap blank dan hampir semua kode sudah diggunakan yang ada di internet. Selain itu ada juga yang tidak bisa menampilkan artikel secara keseluruhan (sebagian saja). Ada juga kode yang melampirkan link blog orang lain yang membuat kode.

Cara buat SITEMAP Per Label terbaru dengan mudah dan rapi

Langkah 1 : Silahkan anda masuk ke Dasboard Blogger >> Halaman >> Halaman Baru >> Buat judul "Sitemap atau Daftar Isi".

Langkah 2 : Buat beberapa kata pengantar lalu klik HTML di samping kiri. Selanjutnya Copy Paste yang saya sediakan dan ikuti Intruksinya.

Kode HTML Sitemap / Daftar Isi Per Label di Blog :

<script src="https://cdn.rawgit.com/D-dig/js/gh-pages/sitemap3.js"></script>
<br />
<br />
<h3>
TUTORIAL BLOGGING</h3>
<ul>
<script src="https://www.mastimon.com/feeds/posts/default/-/Tutorial%20Blogging?orderby=published&amp;alt=json-in-script&amp;callback=startpost&amp;max-results=999"></script></ul>
<br />
<h3>
ADSENSE</h3>
<ul>
<script src="https://www.mastimon.com/feeds/posts/default/-/Adsense?orderby=published&amp;alt=json-in-script&amp;callback=startpost&amp;max-results=999"></script></ul>
<br />

Keterangan :
Ganti nama Label dan Link Blognya yang berwarna Merah. Pemisahan kata di dalam label menggunakan %20 yang berwarna Biru. Untuk menambahkan label lebih banyak silahkan Copy Paste saja kode mulai dari <h3> sampai dengan <br/>. Untuk melihat hasilnya silahkan lihat Sitemap / Daftar Isi mastimon.com.

Jika kalian tidak inggin repot edit Per Label seperti cara di atas boleh ambil Kode Sitemap dibawah ini. Kalian cukup menganti Link Blog saya yang berwarna Merah :

<script src="https://cdn.rawgit.com/D-dig/js/gh-pages/sitemap1.js"></script><script src="https://www.mastimon.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>

Bagaimana cukup mudah bukan membuat Sitemap per Label dan tampilnya cukup rapi. Cara ini Work dan sudah saya coba ke semua Template Blogger dan berhasil tampil. Buat anda yang masih kesulitan boleh sharing di kolom komentar. Semoga Tutorial ini bermanfaat dan memberikan solusi buat anda sekalian, sekian dan terimakasih.

Penulis : bloggersolo.com