Pengertian Ilmu Kimia lengkap dengan Jenisnya menurut para Ahli

Pengertian Ilmu Kimia lengkap dengan Jenisnya menurut para Ahli

Pengertian Ilmu Kimia lengkap dengan Jenisnya menurut para Ahli

Apa yang dimaksud dengan Kimia dan bagaimana cara kerjanya !!! Disini akan dibahas tentang pengertian dan berbagai macam Kimia. Selain itu penerangan ini dijelaskan oleh para ahli jadi bukan karena kata admin mastimon.com. Sebelum itu kita harus mengerti dahulu hakikat yang ada di ilmu kimia secara umum.

Ilmu kimia berasal dari bahasa Arab  كيمياء, : kimiya yaitu perubahan benda atau zat. Sedangkan jika dari bahasa Yunani ÷çىهكل, : khemeia yaitu ilmu yang mempelajari tentang struktur, komposisi dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul dan perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga : 5 Syarat utama masuk Fakultas Kedokteran yang wajib dipenuhi

Ilmu yang ada dalam kimia cuku erat hubungannya dengan sifat suatu atom dan unsur, proses bagaimana terbentuknya suatu senyawa, pembentukan atau berkaitan antara atom satu dengan lainnya. Manfaat suatu material bisa kita ketahui dari reaksinya untuk kehidupan manusia sehari hari yang sangat berguna.

Pengertian ilmu Kimia menurut para Ahli

Menurut Wikipedia

Kimia adalah cabang dari ilmu fisik yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, dan perubahan materi. Ilmu kimia meliputi topik-topik seperti sifat-sifat atom, cara atom membentuk ikatan kimia untuk menghasilkan senyawa kimia, interaksi zat-zat melalui gaya antarmolekul yang menghasilkan sifat-sifat umum dari materi, dan interaksi antar zat melalui reaksi kimia untuk membentuk zat-zat yang berbeda.

Menurut Agung Nugroho Catur Saputro dan Irwan Nugraha (2008)

Hampir sama yang dijelaskan dengan Wikipedia yaitu sebuah pengetahuan alam yang mempelajari tentang materi diantaranya meliputi Susunan Sifat, Struktur, Perubahan Materi dan Energi yang menyertainya.

Menurut Irfan Anshory (2000:3)

Sedangkan menurut Irfan Anshory pengertian Ilmu Kimia dapat diartikan sebagai sebuah cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari sifat sifat materi, struktur materi, perubahan sebuah materi menjadi materi lain, serta energi yang menyertai perubahan materi tersebut.

Menurut Menurut Brady (1994:3)
  • Pengertan Ilmu Kimia adalah sebuah ilmu mengenal bahan kimia.
  • Bahan kimia bukanlah zat abstrak yang perlu ditakuti oleh manusia biasa.
  • Bahan ini mencakup benda yang ada di sekitar kita. Selanjutnya ilmu kimia dapat didefinisikan sebagai ilmu murni yang mempelajari bahan-bahan yang ada di alam semesta, interaksi diantaranya dan perubahan energy yang berhubungan atau disebabkan oleh adanya perubahan-perubahan alam.

Cabang dan jenis Ilmu Kimia

Kimia fisik
Kimia fisik adalah cabang ilmu kimia yang mempelajari dasar fisik sistem dan proses kimia, khususnya, dinamika dan energetika sistem. Daerah penting dalam penelitian ini antara spektroskopi, kinetika kimia, elektrokimia, mekanika statistik dan termodinamika kimia.

Kimia organik
Kimia organik adalah cabang ilmu kimia yang mempelajari struktur, sifat, komposisi, mekanisme, dan reaksi senyawa organik. Suatu senyawa organik sebagai segala senyawa yang berdasarkan rantai karbon.

Kimia anorganik
Kimia anorganik adalah cabang ilmu kimia yang mempelajari reaksi dan sifat senyawa anorganik. Perbedaan antara bidang organik dan anorganik tidak begitu mutlak, khususnya di bidang kimia organologam.

Biokimia
Biokimia adalah cabang ilmu kimia yang mengkaji reaksi, interaksi dan senyawa kimia yang terjadi dalam organisme hidup. Biokimia dan kimia organik berhubungan erat, seperti dalam kimia neurokimia atau medisinal.

Kimia analitik
Kimia analitik adalah sebuah ilmu kimia yang menganalisis bahan rekaman untuk mendapatkan suatu pemahaman tentang komposisi kimia dan struktur.

Itulah pengertian dan jenis jenis Ilmu Kimia menurut para ahli yang bisa anda pelajari. Jika masih belum jelas boleh mengunjungi Wikipedia dimana penjelasannya lebih lengkap dan mendetail. Semoga dengan artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang kehidupan dan bagaimana membuat sesuatu menjadi lebih bermanfaat, Sekian dan Terimakasih.

Penulis : Kimia Post
Buka Komentar