Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara belajar menulis di BLOG untuk Pemula Blogger

Mastimon.Com - Belajar menulis adalah sesuatu yang menyenangkan, terlebih lagi bisa menghasilkan Uang dari sebuah Blog. Artikel kali ini kembali mambahas tentang Blogger dimana bukan hal yang asing saat ini.

Banyak penulis penulis baru yang inggin sukses mengeluti dunia Blogger. Sasaran utama mereka memang Google Adsense tetapi terkadang banyak yang mengabaikan Trik dan Cara mendapatkannya. Ada yang sudah di terima Google Adsense tetapi mengeluh Penghasilan tak kunjung berhasil.

Banyak faktor untuk bisa menulis di Blog dengan baik bahkan bisa bersaing di Beranda Google. Salah satu faktor utama adalah Usia Blog itu sendiri, selain itu kualitas konten yang di sajikan juga mempengaruhi minat pembaca.

Belajar menulis di Blogger

Untuk bagaimana cara mengoperasikan Blogger tentunya kita harus belajar menguasai daskboard Blogger terlebih dahulu. Tampilannya tidak jauh berbeda dengan Ms Word baik cara mengetik ataupun fungsi di menu atas.

Sebelum memulai menulis tentunya kita perli mempersiapkan alat tempur yang tepat. Persiapkan komputer atau Laptop dengan kecepatan cukup supaya saat akan menulis loading Komputer tidak menggangu. Jaringan internet yang cukup supaya saat menulis artikel tidak hilang dan bisa tersave otomatis ke Draft.

Menulis bisa menggunakan Smartphone atau IPAD yang kita miliki tetapi hasilnya kurang maksimal. Kita tidak bisa dengan leluasa mengedit artikel terutama menambahkan link internal. Saran saya jika mau menekuni Blogger belilah Laptop atau Notebook.

Jika alat tempur sudah siap maka selanjutnya ada beberapa Tips sebelum menulis artikel. Silahkan sobat perhatikan beberapa Poin ini supaya dalam penulisan artikel dapat menghasilkan sesuatu yang baik.

1. Riset Keyword

Untuk melakukan Riset Keyword kita perlu bantuan sebuah Tools atau sebuah situs tertentu. Kita bisa menggunakan yang Berbayar atau Gratisan. Salah satu Tool Gratisan yang sering saya gunakan adalah Ubersuggest. Pilih kata kunci yang Sedikit Persaingan dan memiliki Volume Pencarian Besar.

2. Pembuatan Judul yang Tepat

Judul pada artikel sangat mempengaruhi banyaknya pengunjung yang datang ke Blog kita dari Search Engine. Gunakan judul yang tepat sasaran dan jangan mencoba membuat Judul yang tidak sesuai dengan isi artikel.

3. Buat Kerangka Artikel

Untuk mempermudah proses penulisan artikel kita perlu membuat Kerangka Artikel terlebih dahulu. Fungsinya adalah supaya dalam penulisan artikel kita bisa atur pembahasan setiap paragrafnya. Selain itu dengan sudah adanya kerangka artikel maka kita dengan mudah membuat kalimat setiap poinnya.

4. Menulis artikel yang dikuasai

Saat kita menguasai sebuah materi tertentu yang akan kita buat maka dengan budahnya kita rangkaikan dalam sebuah kalimat. Jangan coba coba menulis sebuah cerita yang sebenarnya tidak kita ketahui bahkan mengarang tanpa ada pengalaman yang pernah kita lakukan. Jika terjadi maka Blog kita bisa di tinggalkan oleh Pembaca.

5. Cari MOD atau Waktu yang Tepat

Waktu menulis yang tepat adalah di Pagi Hari atau pada saat malam hari Jam 20.00. Gunakan MOD atau suasana senang supaya dalam menulis tidak ada beban yang kita Pikul. Lokasi tempat menulis juga mempengaruhi jadi pilihlah tempat yang sepi dan tenang.

Baca Juga :

Nah jika sudah memahami Tips sebelum menulis di atas maka selanjutnya kita cari jenis materi yang bisa dibuat tulisan. Ada banyak contoh yang bisa dijadikan referensi dalam menulis terutama sobat yang sering kehilangan ide bahkan tidak bisa menulis.

1. Menulis Puisi, Pantun dan Cerpen

Jangan bilang konten Puisi atau Pantun sedikit Peminatnya di beranda Google. Kita bisa lihat pencarian kata kunci Pantun di google mencapau jutaan Pencarian. Jika sobat suka membuat Puisi atau Cerpen (Cerita Pendek) maka lanjutkan karena pastinya banyak yang suka membacanya.

2. Menulis tentang Aktifitas Pekerjaan

Menulis tentang pekerjaan yang kita lakukan tentu sangat mudah karena kita kuasai. Salah satu contoh jika kita kerja di Toko Ponsel (HP) pastinta kita mengetahui Jenis dan harganya. Buatlah konten tersebut karena tidak dipungkiri sebelum membeli HP Android orang pasti mencari dulu di Google tentang Harga dan Spesifikasinya.

3. Menulis tentang Pengalaman Pribadi

Nah buat sobat yang suka jalan jalan ke sebuah tempat Wisata bisa menggunakan kesempatan tersebut membuat artikelnya. Kita bisa review tempat tersebut mulai dari Harga, Rute sampai dengan Fasilitas apa saja yang di dapatkan. Sobat juga bisa membuat artikel tentang Pengalaman membuat SIM Motor atau Pengalaman Membuat Rekening di Bank.

4. Menulis tentang SKILL yang dimiliki

Tidak banyak orang yang memiliki skill banyak. Buat sobat yang memiliki skill tertentu maka bisa dicoba di tuangkan dalam senuah tulisan. Salah satu contoh kita bisa mengoperasikan Corel Draw atau Photo Shop. Nah disitulah kesempatan kita membuatkan Tutorialnya. Tetapi cara ini sedikit ribet karena kita harus banyak menyiapkan Gambar Tutorialnya.

5. Rewrite artikel Blog Lain

Untuk yang sudah Profesional dalam menulis artikel di Blog tentunya melakukan Rewrite Artikel sangat mudah dilakukan. Untuk sobat yang masih pemula perlu dilakukan berulang kali supaya lancar dalam penulisan. Jangan lakukan Copas Edit atau Spin artikel karena itu merugikan Penulis aslinya.

Vidio Youtube - Belajar Menulis di Blogger

Cukup mudah bukan untuk belajar menjadi Penulis Blogger. Jika sobat suka membaca bahkan mengarang sesuatu cerita pastinya pekerjaan ini adalah yang tepat. Bahkan jika terus dilakukan kita dapat lancar dan mudah merangkai kaliamt dalam artikel.

Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk sobat sekalian dalam mengelola sebuah Blog. Fokuslah dan terus semanggat karena ada hasil yang kita dapatkan jika terus terus berdoa dan berusaha. Jika inggin belajar lebih jauh tentang Blog bisa bergabung di Les Privat Blogger.