Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Peralatan Youtuber yang perlu dimiliki agar Sukses

Mastimon.Com - Youtuber sekarang banyak digandrungi oleh berbagai kalangan baik anak –anak, remaja, anak muda sampai dengan orang dewasa. Pasalnya, menjadi seorang youtuber menjanjikan penghasilan yang sangat menguntungkan. Tak heran kebanyakan orang akan berupaya mempersiapkan berbagai peralatan youtuber yang perlu dimiliki untuk memulai bisnis online mereka ini. Mulai dari perlengkapan untuk Android yang murah sampai dengan yang mahal. Apakah Anda juga demikian?


Jangan khawatir, kalau Anda tidak bisa memiliki alat –alat youtuber yang digunakan mereka yang sudah terkenal karena berbagai kendala seperti biaya, daerah yang terpencil atau kurangnya pengetahuan. Sebab tak jarang berbagai peralatan youtuber juga dapat dijangkau dengan harga terjangkau dan mudah di dapatkan. Perlengkapan tersebut juga banyak disediakan di Aplikasi belanja online atau media sosial. Tidak banyak yang tahu juga bahwa banyak dari para kreator video youtube yang populer memulai bisnisnya dengan barang –barang sederhana dan murah.

Apalagi untuk pembuatan channel You Tube bisa dikatakan sangat mudah dan didapat secara gratis bukan? Anda hanya cukup melakukan pendaftaran dengan email dan channel Anda sudah selesai. Nah, sebenarnya alat –alat yang dipakai untuk buat video youtube yang bagus bisa Anda miliki dengan alat –alat yang sudah ada disekitar Anda atau dengan meminjam kepada teman terlebih dahulu. Anggap saja ini adalah modal pertama menjadi seorang calon Youtuber.

Biasanya semua keperluan dan kelengkapan menjadi Youtuber dapat dibedakan berdasarkan kebutuhan dan tujuan Anda. Misalnya peralatan untuk Youtuber Gaming dengan Youtuber traveling pasti memiliki kebutuhan yang berbeda bukan? Jadi Anda perlu selektif dan melihat apa saja kebutuhan untuk menunjang pembuatan video yang bagus dan keren sebagai konten Anda di Channel Youtube. Nah, selagi memikirkan apa saja yang perlu Anda persiapkan, silahkan untuk simak uraian berikut yang membahas peralatan dasar untuk Anda yang ingin menjadi Youtuber terampil.

Peralatan Youtuber yang perlu dimiliki

1. Kemauan dan Niat

Modal awal yang perlu Anda miliki adalah kemauan dan Niat. Untuk menjadi Youtuber tidak hanya membutuhkan peralatan canggih atau lengkap tetapi juga harus dibarengi dengan niat dan ketekunan. Ini menjadi modal Anda untuk bisa sukses. Sebab sewaktu pertama kali Anda terjun dalam dunia Youtube, konten video yang Anda tayangkan tentu saja tidak bisa langsung trending atau menghasilkan uang bukan?

Disini Anda perlu bersabar dan terus konsisten mengupload video meskipun belum mendapatkan hasil. Jika Anda tidak memiliki kemauan dan niat semua akan menjadi percuma saja. Sifat ingin meniru orang lain perlu Anda barengi dengan niat yang besar. Ingatlah meskipun hanya dengan modal yang pas –pasan jika Anda tekun tidak menutup kemungkinan salah satu video Anda akan menjadi booming di Youtube.

2. Kamera

Benda pertama yang paling penting dimiliki oleh seorang youtuber adalah Kamera. Benda yang satu ini adalah pondasi utama seorang youtuber untuk bisa membuat sebuah konten video. Bertugas untuk merekam kegiatan yang dilakuan, maka pemilihan jenis kamera apa yang digunakan pun perlu turut untuk diperhatikan. Sekarang ini ada banyak sekali macam –macam kamera yang diperjualbelikan. Harga dan spesifikasi nya pun bervariasi dari yang paling canggih dan mahal sampai dengan kamera biasa yang murah.

Baca Juga :

Namun, tak jarang juga yang menjual kamera canggih dan modern dengan harga murah. Inilah yang dibutuhkan oleh para Youtuber. Anda bisa coba untuk mencari tipe kamera dengan resolusi yang bagus dan mumpuni dengan kamera video yang sudah full HD 1080P. Umumnya kamera dengan harga setidaknya 2 jutaan Anda sudah bisa mendapatkan kamera dengan kualitas yang bagus.

3. Memory Card

Sebagai pelengkap kamera, Memory Card sangat penting. Sebuah kamera tidak akan bisa digunakan jika tidak ada kartu memori nya bukan? Oleh sebab itulah Anda perlu membeli sebuah memori yang mempunyai spesifikasi kapasitas yang cukup untuk merekam dan menyimpan video. Ada baiknya Anda disarankan untuk membeli memory card dengan minimal berkapasitas 16 GB. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk berjaga –jaga jika sewaktu –waktu kapasitasnya telah mencapai batas penuh.

4. Tripod/Monopod

Apabila Anda diposisikan menjadi seorang penonton, pasti tidak menginginkan jika video yang diputar goyang- goyang dan tidak stabil bukan? Nah, oleh sebab itu untuk menunjang membuat konten video yang bagus dan layak ditonton Anda memerlukan Tripod atau Monopod untuk menopang kamera Anda supaya tetap stabil dan kuat. Biasanya Youtuber yang mengusung tema vlog, wawancara, travel dan lain sebagainya sangat membutuhkan alat ini. Khususnya sangat membantu jika Anda hanya bekerja seorang diri atau tanpa tim.

5. Komputer atau Laptop

Memang ada saja yang cukup menggunakan Handphone Android atau Smartphone untuk membuat konten video You Tube. Namun, akan lebih bagus lagi jika Anda bisa menggunakan komputer atau laptop untuk mengedit dan mempercantik video. Anda akan dipermudah karena pandangan yang lebih luas dan bebas dalam mengedit. Seringkali fitur pengeditan video akan lebih lengkap dan mudah apabila Anda menggunakan komputer atau laptop.Untuk penggunaan laptop atau komputer yang disarankan adalah komputer dengan minimal prosesor Quad Core dan RAM 4GB sudah cukup.

6. Software pengedit video dan Foto

Pernah menggunakan Software edit video sebelumnya? Ini adalah alat pembantu untuk semakin mempercantik video Anda dengan berbagai macam effect, sticker, transisi, gambar dan lain sebagainya. Sekarang ini ada banyak sekali muncul aplikasi untuk edit video baik untuk Android maupun komputer atau laptop. Untuk yang satu ini juga sebenarnya Anda tidak perlu berkorban membeli software yang mahal jika tidak terlalu membutuhkannya. Video alami tanpa edit juga punya daya tarik tersendiri. Aplikasi gratis sebagai alternatif yang bisa Anda coba gunakan adalah Open Source yang menyerupai OpenShot.

7. Jaringan Internet

Sudah punya semua alat youtube yang canggih tapi tidak mempunyai jaringan internet, tentu saja semua akan menjadi sia –sia. Menjadi seorang youtuber sudah pasti memerlukan kuota internet yang tidak sedikit. Maka apabila perlu dan memungkinkan cobalah untuk gunakan internet yang unlimited. Ini disebabkan karena semakin baiknya kualitas video maka semakin besar juga ukuran pada filenya. Apabila Anda menggunakan kuota maka hanya dengan satu video upload saja, kuota Anda akan cepat tersedot habis. Maka, perhatikan kebutuhan kuota paket internet Anda.

8. Lighting

Apabila Anda sekarang sedang membangun ruangan atau studio khusus untuk bisnis You Tube Anda, maka peralatan yang satu ini sangat dibutuhkan. Seperti yang kita tahu lighting berguna dalam hal pencahayaan yang dibutuhkan untuk menghilangkan “Bagian gelap” dari sisi studio. Tentu saja lighting dapat meningkatkan kualitas video yang akan Anda buat tersebut. Namun, jika Anda banyak memanfaatkan diluar ruangan, maka alat ini tidak diperlukan karena bisa memanfaatkan cahaya matahari.

9. Microphone

Alat Microphone memiliki peran dan fungsi dalam hal menghasilkan kualitas suara yang bagus dan berkualitas. Dalam pembuatan konten video sendiri , audio adalah salah satu yang patut untuk diperhatikan. Terkhususnya video yang mengandalkan berupa narasi atau vlog yang di dalamnya mengandung banyak dialog atau perbincangan di depan kamera. Microphone sendiri memiliki beberapa jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
Micrphone Lavalier/Clip on mic merupakan jenis microphone yang seringkali cocok digunakan oleh seorang youtuber yang memerlukan kepraktisan seperti halnya travel blogger.
Condensor Microphone biasanya digunakan oleh mereka yang mengusung youtuber gamer.
Shotgun Microphone adalah jenis microphone yang mempunyai kekhususan untuk menerima sinyal suara hanya dari satu arah saja. Bentuknya yang menyerupai silinder , mampu menangkap kualitas suara yang baik dari arah depan.

10. Background

Nah, khususnya buat Anda sebagai youtuber yang mengusung tema dalam ruangan, maka background adalah salah satu lainnya yang bisa Anda perhitungkan. Background yang bagus akan menciptakan suasana tersendiri. Misalnya akan terlihat lebih profesional, bermutu, menarik dalam pembuatan video. Jika dalam ruangan, apakah bagus kalau Anda hanya menggunakan latar belakang tembok ruangan? Bukankah kurang menarik? Inilah fungsi background yang akan membuat gambar video Anda lebih terlihat keren.

Lihat Juga : as-adproject.com | Media Berbagi Informasi

Uraian diatas adalah beberapa perlengkapan yang biasanya sangat dibutuhkan oleh seorang Youtuber. Yang paling penting dari semua adalah poin nomor satu yaitu adanya kemauan dan niat. Tanpa adanya kemauan dan motivasi yang kuat, semua akan sia –sia. Modal menjadi youtuber yang sukses dan berhasil bukan terletak pada perlengkapan yang canggih dan modern tetapi berdasarkan kreativitas dan ketekunan Anda untuk terus berkarya. Jadi, miliki hal pertama tersebut terlebih dahulu kemudian segala kebutuhan yang lainnya bisa ditambahkan.

Peralatan yang disebutkan diatas tidak begitu sulit bukan? Anda bisa mendapatkannya dilingkungan sekitar Anda atau bahkan mungkin sudah Anda miliki sendiri. Tidak sulit menjadi seorang youtuber bukan? Setelah siap dengan semua persiapan, Anda bisa langsung berkarya dan buat video Anda sekreatif mungkin. Semoga informasi seputar daftar perlengkapan yang diperlukan seorang Youtuber ini bisa bermanfaat dan terima kasih.