Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Kopi Terbaik Indonesia yang Terkenal di Dunia

Anda adalah seorang pecinta kopi? Sebenarnya, diseputar dunia kebanyakan orang sangat menyukai olahan minuman kopi. Selain karena rasanya yang nikmat, kopi juga mengandung kafein yang berperan aktif dalam menstimulasi indera dan pikiran. Serta dari segi aroma nya yang begitu harum dan khas dapat memberikan energi yang positif untuk otak. Ini baru sebagian kecil saja dari manfaat mengonsumsi kopi. Tahu kah Anda Negara kita, Indonesia adalah negara dengan kekayaan alam seperti halnya penghasil kopi yang  cukup luas di dunia. Bahkan, Indonesia sendiri sudah masuk dalam peringkat 4 penghasil kopi terbaik di seluruh penjuru dunia setelah Brazil. Menarik sekali bukan?


Nah, untuk jenis kopi yang ada di Nusantara sebenarnya tidak hanya satu jenis yang Anda minum saja. Pada kenyataannya variannya ada banyak loh. Dari sekian banyak kopi tersebut, memang tidak semuanya digemari oleh kalangan para pecinta kopi. Ada beberapa jenis kopi yang memang dikatakan terbaik karena popularitas dan kualitasnya yang bagus untuk memanjakan lidah dan relaksasi. Sehingga tidak heran kita akan mengenalnya dengan istilah kopi terbaik dari Indonesia yang  sudah mendunia. Kopi pun pada akhirnya menjadi daya tarik untuk wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia.

Mungkin sobat semua belum banyak mengetahui tentang jenis –jenis kopi, bahkan jenis kopi yang Anda minum. Nah, sebagai penikmat minuman kopi atau mungkin olahan makanan berbahan dasar kopi ini sebaiknya Anda perlu mengetahui jenis –jenis kopi terbaik tersebut. Siapa tahu saja Anda belum pernah merasakan salah satu varian terbaiknya. Masing –masing kopi dengan banyak jenis dapat dibedakan melalui karakter unik dari rasa, tekstur dan aromanya. Hal ini umumnya disebabkan oleh daerah dan kondisi lingkungannya yang berbeda –beda.

Karena sekarang kopi sudah menjadi sebuah gaya hidup masyarakat modern. Maka, kebutuhan akan minum kopi pun sudah banyak didukung oleh semakin banyaknya restoran dan café yang khusus menyediakan berbagai macam jenis kopi bahkan dengan harga yang berbeda –beda. Biasanya ada yang dapat diperoleh dengan harga terjangkau sampai dengan harga mahal. Hal ini biasanya di bedakan dari kualitas dan porsi pesanannya. Kita sangat beruntung bisa tinggal di Negara Indonesia karena sebagian besar kopi terenak dan terharum di dunia tumbuh subur di Indonesia. Untuk itu, sebagai berikut adalah kopi terbaik Indonesia yang populer di kalangan pecinta kopi di dunia. Yuk simak kita jenis kopi apa saja ya?

10 Kopi Terbaik Indonesia yang Terkenal di Dunia

1. Kopi Luwak

Namanya mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Kopi ini memang memiliki popularitas yang baik di mata para pecinta kopi. Khususnya kopi ini sendiri telah menjadi incaran lebih banyak dari orang yang Anda perkirakan.  Karena sekarang produksi nya yang sangat terbatas menjadikan kopi luwak langka dan sangat mahal untuk bisa mencicipi secangkir kopi luwak ini. Apakah Anda tahu? Kopi luwak diproses dengan cara yang sangat unik. Sejarahnya pun sudah ada sejak zaman Belanda kala para petani tidak diperbolehkan untuk mencicipi kopi yang di tanamnya sendiri.

Nama luwak sendiri adalah dari istilah nama hewan luwak atau musang. Ketika para petani tersebut melihat seekor luwak memakan biji kopi, ternyata hewan ini tidak bisa mencerna biji kopi tersebut. Maka, para petani penasan tinggi dan ingin merasakan kopi. Maka, mereka merebus dan memang hasilnya sajian kopi tersebut bercita rasa cukup tinggi sampai dengan saat ini. Maka, tak heran hingga sekarang kopi luwak adalah termasuk kopi terbaik di dunia dengan harga yang mahal pula.

2. Kopi Jawa

Kopi jawa ini telah dikenal oleh dunia diperkirakan sejak abad ke -17. Pada saat itu, Negara Belanda mulai untuk menanam biji kopi di pulau Jawa. Dan pada saat itu juga mereka menjadikannya sebagai produsen penghasil kopi terbesar di seluruh dunia kala itu. Walaupun ketika itu, jenis –jenis kopi sudah banyak, namun tetap saja kopi jawa menjadi pilihan yang utama bagi para petinggi dari Belanda. Kopi ini memiliki ciri dan karakteristik sendiri yang menjadikannya berbeda dengan jenis kopi yang lainnya.

Kalau diperhatikan secara spesifik kopi jawa memiliki aroma tipis seperti rempah –rempah. Tidak hanya itu, melalui proses giling basah nya pun membuat kopi jawa terlihat berbeda dan menarik untuk dicicipi. Nah, sedangkan untuk tempat penghasil kopi jawa berkualitas ini sendiri adalah dari pegunungan ijen Banyuwangi, Jawa Timur, Kopi yang di hasilkan adalah sempurna untuk para pecinta kopi.

3. Kopi Gayo

Sudah pernah dengar nama “Kopi Gayo” Ini sebelumnya? Nah, jenis kopi yang satu ini adalah jenis kopi arabika yang umumnya sudah terkenal di berbagai belahan dunia. Ya, bisajadi kalau Anda berjalan ke Negara –ngara lain pasti akan tetap bisa menemui kopi terbaik yang satu ini. Kopi ini asalnya diproduksi di Aceh tengah tepatnya berada di dataran tinggi Gayo. Di tempat inilah dikenal sebagati sektor pusat perkebunan juga produksi kopi terbaik ini di hasilkan. Bahkan ada sebuah kajian internasional yang mengatakan bahwa kopi arabika Gayo memiliki cita rasa yang paling khas dan disukai apabila di bandingkan dengan kopi arabika yang di tanam di tempat yang lainnya.

Kopi Gayo mempunyai rasa yang amat memikat hati dan dengan aroma nikmat yang semakin mendukungnya. Di tambah lagi tingkat keasaman nya yang lebih rendah serta memiliki kepahitan yang lumayan kuat. Tahu kah Anda? Kopi Gayo pernah mendapatkan bentuk apresiasi sebagai kopi terbaik di duniakarena kenikmatan dan aroma yang unik nya tadi. Kopi Gayo juga termasuk komoditi yang menjanjikan sebagai salah satu upaya pemasukan Negara.

4. Kopi Flores

Dari namanya saja pasti Anda sudah bisa menebak asal kopi flores ini darimana. Yaa, seperti yang banyak kita ketahui Daerah Flores adalah daerah di Indonesia yang mempunyai keindahan alam begitu menawan untuk para penduduk juga para pengunjung. Selain karena keindahan alamnya ini, Flores juga memiliki ciri dan keunggulan yang lainnya loh. Yup, siapa yang tahu kalau Flores adalah daerah penyumbang kopi terbaik di nusantara bahkan sudah dikenal oleh dunia.

Baca Juga :

Yup, Dataran Ngada di Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah tempat spesifiknya. Dimana disana tanaman kopi bisa tumbuh subur karena ada abu vulkanik dari gunung berapi yang memiliki pengaruh positif untuk tanaman kopi tersebut. Memiliki aroma buah serta tambahan tembakau setelah meminumnya akan menambah kesan terhadap  kopi yang satu ini.

5. Kopi Toraja

Nah, berikutnya yang tidak mau kalah dari jenis –jenis kopi diatas adalah kopi Toraja. Bagi orang Toraja pastinya sudah tidak asing lagi terhadap kopi terbaik yang satu ini, tapi jangan salah tidak hanya di Toraja bahkan daerah lainnya dan seluruh penjuru dunia tahu akan kopi Toraja. Bagaimana bisa? Yaa, ini semua karena cita rasanya yang mempunyai unsur tanah, unik dan khas lah yang merupakan ciri dari kopi Toraja. Pada saat pertama kali Anda mencobanya, tentu saja Anda akan dibuat terkejut olehnya. Lidah Anda akan merasakan rasa yang pahit dan menghilang sesaat kemudian tidak menyisakan bekas rasa pahit sedikit pun di lidah. Menarik bukan?

Rasa inilah yang banyak di gemari oleh  para penikmat minuman kopi nusantara maupun mancanegara. Kopi Toraja di hasilkan di Provinsi Sulawesi Selatan tepatnya di Pegunungan Toraja. Disana tanahnya begitu subur, dan dari sanalah juga dua kopi terbaik dihasilkan yakni Kopi arabika Toraja dan Kopi Arabika Robusta. Perbedaannya hanyalah terletak pada kafein yang di hasilkan pada setiap kopi Toraja.

6. Kopi Wamena

Kopi Wamena tumbuh subur di pegunungan wamena dan kini sudah menjadi salah satu penghasil kopi terbaik di dunia. Ciri khasnya adalah memiliki aroma yang ringan serta mempunyai aroma yang harum pada setiap biji kopi yang di hasilkan, ini juga merupakan karakter dari kopi wamena dan tidak ada duanya. Para petani di Wamena sendiri sampai sekarang masih memanfaatkan bahan –bahan yang organic untuk tanaman biji kopi tersebut. Oleh sebab itu lah, Kopi Wamena akan terasa sangat original, ringan tanpa ampas, harum serta tidak sama sekali meninggalkan rasa asam di lidah.

7. Kopi Lanang

Selanjutnya yang juga termasuk dalam golongan kopi terbaik sepanjang sejarah dan dunia adalah kopi lanang. Mendengar namanya, mungkin Anda akan sedikit heran dan penasarannya ya. Nah, terciptanya kopi lanang ini sendiri sudah ada sejak zaman pemerintahan Belanda, dan kala itu juga sangat populer hingga sekarang. Mengapa di beri nama “Lanang”? Untuk Anda yang adalah orang jawa pasti mengetahui artinya. Sebenarnya pemilihan nama ini adalah karena kopi lanang memiliki bentuk yang bulat, tunggal dan tidak terdapat belahan tengah tidak seperti jenis kopi yang lainnya.

Sedangkan untuk kata “Lanang” ini adalah istilah yang diambil dari bahasa jawa untuk menandakan bahwa ini anak –anak laki –laki. Dan pada kenyataannya khasiatnya memang bermanfaat untuk menambah vitalitas pria. Maka, tentu saja kita tidak heran harga dari kopi lanang adalah yang termasuk mahal dari kopi pada umumnya.

8. Kopi Sidikalang

Berikutnya, kopi yang sudah memiliki predikat terbaik di dunia dengan cita rasa yang mantab adalah kopi Sidikalang. Kopi ini memiliki penggemar dari banyak sekali kalangan baik dari nusantara maupun mancanegara. Apakah Anda tahu kopi yang satu ini memiliki kualitas yang sangat tinggi bahkan telah menjadi pesaing utama dari kopi Brazil. Keren sekali bukan? Yaa, ini semua karena tekstur kopinya yang paling halus diantara semua kopi yang ada di dunia. Nah, Kopi sidikalang ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk menikmati waktu santai Anda. Untuk jenis kopi ini sendiri dapat Anda temui di berbagai tempat di Indonesia.

9. Kopi Kintamani

Bali, Selain terkenal karena tempat –tempatnya yang terkenal karena keindahannya. Ternyata, juga memiliki permata yang tersembunyi yaitu sebagai kota penghasil kopi terbaik di penjuru dunia. Khususnya di Daerah Kintamani Bali mempunyai jenis kopi sendiri yang berbeda dengan yang lainnya. Misalnya Kopi Kintamani ini memiliki cita rasa yang bercampur dengan varian rasa buah dan tentu saja hal ini tidak bisa Anda temukan dengan jenis kopi yang lainnya.

Cita rasa buah yang ditemukan pada Kopi Kintamani ini sendiri disebabkan oleh penanaman biji kopi yang bercampur bersama dengan macam –macam sayuran. Istilahnya lebih kita kenal dengan penanaman sistem tumpang sari. Nah, khususnya untuk Anda yang sangat menyukai aroma kopi yang asam dan segar, silahkan untuk mencoba Kopi Kintami.

10. Kopi Mandailing

Jenis kopi terakhir yang termasuk dalam daftar kopi terbaik sepanjang masa dari Indonesia adalah Kopi Mandailing. Kopi ini sendiri adalah salah satu jenis kopi yang sejarahnya munculnya di bawa Belanda menuju Indonesia sekitar pada tahun 1699. Pada saat itu, biji kopi mulai di tanam di daerah Sumatera yang tepatnya berada di Mandailing Natal, Kab. Pakanan, Sumatera Utara. Selanjutnya, kopi ini terus mengalami perkembangan yang begitu pesat, khususnya pada tahun 1878. Cita rasa dari kopi mandailing dengan aroma yang begitu sangat kuat mampu membuat nama kopi ini terkenal dan sangat spesial.

Inilah informasi terbaru seputar deretan nama –nama kopi terfavorit dari Indonesia yang sudah mendunia. Tertarik untuk mencoba semuanya? Silahkan untuk datang dan berkunjung ke kedai kopi langganan Anda dan cari tahu varian kopi tersebut. Dengan demikian, Anda sebagai salah satu penikmat kopi yang setia dapat menikmati sensasi minuman kopi dari berbagai jenis minuman kopi. Lebih bagus lagi jika Anda bisa mengolahnya sendiri di rumah, bisa dengan mulai memilih biji kopi, menggiling kemudian menyeduhnya sendiri. Sebenarnya tidak sulit kok, jika Anda ingin membuat kopi enak buatan sendiri.

Lihat Juga : tentangkopi.com (Blog informasi tentang Kopi)

Tips dan trik untuk membuat kopi enak buatan sendiri adalah dengan menggunakan alat seduh bernama Coffe marker berkualitas. Alat ini akan menghasilkan seduhan kopi yang aroma dan cita rasanya lebih nikmat. Maka, setelah mengetahui berbagai macam jenis kopi recommended dan wajib dicoba untuk kalangan pecinta kopi, Anda tidak akan salah dalam menentukan jenis kopi tertentu. Di jamin dari rasa, tekstur dan aromanya akan membuat Anda ketagihan dan ingin mencoba nya di waktu luang. Sekian informasi ini, semoga bermanfaat!