Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan SOAL TES masuk Indomaret, Alfamart dan Kunci Jawabannya

Perkembangan pesat dari berbagai perusahaan ritel membuatnya begitu terkenal di seluruh kota –kota di Indonesia. Sebagai contohnya adalah Alfamart, Indomaret, Giant dan Alfamidi yang sudah menjadi pusat perbelanjaan favorit bagi kebanyakan masyarakat. Di daerah Anda pasti sudah tersedia beberapa cabangnya, karena memang jenis toko swalayan populer ini ada di setiap daerah. Tidak heran, tidak hanya hadir sebagai tempat perbelanjaan, perusahaan ini turut menciptakan lapangan kerja baru bagi tenaga tenaga muda baik yang fresh graduate maupun berpengalaman.

Logo Indomaret

Biasanya anak anak yang baru lulus sekolah memiliki minat untuk bekerja pada perusahaan ritel ini. Selain karena peluang yang lebih besar untuk diterima karena cenderung membutuhkan banyak karyawan, pekerjaan ini juga menjanjikan gaji nya yang lumayan besar untuk para karyawannya. Bagi Anda yang memenuhi persyaratan dan ketentuannya dipersilahkan untuk mendaftar. Sebelum itu pastikan Anda mencari tahu informasi selengkapnya terlebih dahulu tentang lowongan kerja di Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Eramart, Giant dan lain sebagainya tersebut.

Setelah mengetahui syarat dan kualifikasi masuk, Anda bisa melihat apakah memang diri Anda yang mereka butuhkan? Setelah dirasa cocok, ada hal lain lagi yang perlu untuk Anda perhatikan. Apa itu? Nah, Anda pasti tahu bukan? Sebelum dipastikan diterima oleh perusahaan, akan ada tahap –tahap yang perlu Anda jalani. Mulai dari tahapan seleksi berkas, tes diri yang mencangkup tes wawancara, tes tertulis seperti psikotes kerja dan data kelengkapan diri lainnya. Hal ini bertujuan untuk mengenal dan mengetahui kepribadian Anda apakah cocok dan bertanggung jawab dengan pekerjaan yang diberikan.

Soal soal yang diberikan sebenarnya tidak lah terlalu sulit. Bahkan jauh sekali bedanya dari soal ujian sekolah yang susah. Biasanya materi yang muncul dalam soal ujian masuk kerja adalah hal –hal yang berkaitan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Misalnya, kalau Anda melamar sebagai kasir maka, soal yang diujikan adalah seputar tentang hitung –hitungan dan angka, tambahan, pengurangan, menghitung diskon, potongan, promo dan sejenisnya. Jika Anda dalam waktu dekat ini akan mengikuti tes baik ujian tertullis maupun wawancara di perusahaan ritel ini, silahkan untuk membaca dan mempelajari kisi –kisi dan pembahasan materinya secara  lengkap di bawah ini.

Kumpulan soal tes masuk Indomaret, Alfamart dan Kunci Jawabannya

Sebagai berikut adalah macam –macam pertanyaan yang di golongkan berdasarkan jenisnya yang harus Anda tahu untuk mengasah kemampuan dan berfikir sebelum proses ujian, yakni :

1. Contoh Soal Psikotes Antonim dan Sinonim, Ini adalah bentuk tes yang akan mengasah kemampuan mengingat Anda tentang berbagai persamaan kata atau lawan kata. Istilah Antonim ini berati lawan kata sedangkan untuk sinonim adalah persamaan kata.

Sebagai contoh adalah :

Soal psikotes sinonim, AGUNAN…

A.    Utama
B.    Harta
C.    Simpanan
D.    Jaminan
E.    Pemeran

Kunci jawabannya dan pembahasannya adalah :

Jawaban : D. Jaminan

Pembahasan : AGUNAN adalah persamaan kata yang berarti Jaminan.

2. Contoh soal Psikotes Aritmatik, ini adalah tes jenis matematika yang jawabannya berkaitan erat dengan pembagian, perkalian dan seterusnya.

Sebagai Contoh adalah :

1. 5 + 6 = ….
2. 6 x 5 = ….
3. 24 : 6 + 35 = ….
4. (5 x 7) + 22 = …..
5. (3.500 + 10.000) : 1.500 = ….

Kunci jawaban  dan pembahasannya adalah :

Jawaban :

1.    11
2.    30
3.    39
4.    57
5.    9

Pembahasan  : Ini adalah bentuk Aritmatik atau soal matematika yang paling sederhana. Untuk mengerjakannya secara cepat Anda hanya perlu melihat angka di dalam kurung sebagai prioritas pengerjaan. Jika tidak ada simbol dalam kurung, Anda bisa coba mengelompokkan nya terlebih dahulu dan mulai mengerjakan secara teliti. Biasanya soal yang terbit tidak jauh dari bentuk soal seperti itu bahkan dengan angka yang lebih besar atau berderet lebih panjang.

Baca Juga :

3. Contoh soal Psikotes Deret Angka, Ini merupakan bentuk pertanyaan yang kelihatannya mudah tetapi bisa mengecoh dalam proses pengerjaan. Pada tahap dan sesi ini, diperlukan keseriusan dalam memberikan jawaban yaitu berupa deret angka kosong selanjutnya.

Sebagai Contoh adalah :

a). 3,6,9,12,15, …., …., ….,
b). 7,10,14,17,21 …., ….., ….,

Jawaban dan pembahasan adalah :

Jawaban :

a)    18, 21, 24
b)    24, 28, 31

Pembahasan : Yang perlu Anda lakukan adalah menganalis soal mencari tahu mengapa angka selanjutnya cocok begitu juga dengan angka seterusnya. Untuk soal no. 1 kita bisa lihat untuk selisih dari angka satu dengan yang selanjutnya adalah 3. Maka setiap angka bisa di tambah dengan angka 3, sehingga akan menyusun berurutan seperti ini 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24. Sedangkan yang no.2 untuk masing –masing angka memiliki selisih yakni di tambah 3 dan di tambah 4 secara berurutan. Maka hasilnya akan menjadi 7, 10, 14, 17, 21, 24, 28, 31. Untuk setiap pola bisa berubah –ubah tergantung soalnya. Bisa menyerupai soal pembagian, pengurangan, tambahan, perkalian bahkan digunakan secara acak.

4. Contoh soal psikotes logika angka dan logika formil, Ini merupakan bentuk soal berupa kumpulan pertanyaan llogika. Apabila masalah logika Anda sedikit lebih rendah maka peluang untuk memperbesar kelulusan adalah dengan terus berlatih secara terus menerus.

Sebagai contoh adalah :

1) ¼ berbanding 3/5 adalah…
a. 1 berbanding 3
b. 3 berbanding 20
c. 3 berbanding 4
d. 5 berbanding 4
e. 5 berbanding 12

2)    Jika x berat total p kotak yang masing –masing beratnya q kg, dan y = berat total q kotak yang masing –masing beratnya p kg, maka…
a)    x > y
b)    x < y
c)    x dan y tak bisa di tentukan
d)    2x > 2y

3)    Jika sudut suatu segitiga adalah x, 2x, dan 3x derajat dan y = 30 derajat, maka….
a)    x > y
b)    x < y
c)    x dan y tak bisa di tentukan
d)    2x > 2y

Jawaban dan pembahasan adalah :

Jawaban :

1)    E
2)    C
3)    C

Pembahasan : Soal logika ini mungkin adalah soal dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Mungkin Anda perlu untuk mengulas kembali pembelajaran di sekolah. Untuk bisa menguasainya Anda perlu berlatih secara terus menerus. Tetapi jangan khawatir, jika Anda merasa ini sulit, berfokuslah pada bentuk soal yang lain. Walaupun Anda tidak bisa mendapatkan skor disini, namun usahakanlah untuk mendapatkan poin tinggi dari bentuk soal lainnya. Tapi tidak ada salahnya untuk Anda membuka buku sekolah lagi dan belajar lebih giat untuk bisa lolos dalam bentuk soal psikotes yang satu ini.

5. Contoh soal Psikotes Koran,  Tes jenis ini adalah pertanyaan dalam bentuk susunan yang sesuai dengan permintaan. Ini juga adalah termasuk tes yang membutuhkan pemahaman dalam proses pengerjaannya.

Contoh soal tes koran juga disebut dengan istilah tes pauli. Nah di dalamnya Anda diperintahkan untuk menjumlahkan setiap dua angka yakni dari angka 1 -9 dalam suatu kolom saja mulai dari kolom ujung kiri sampai dengan ujung kolom kanan di kertas dengan ukuran sebesar koran.

Anda perlu konsisten dalam menjumlahkan setiap angka tersebut. Meskipun kelihatannya adalah sederhana , namun Anda harus berusaha supaya jumlah angka yang diproses adalah sama. Setiap soal psikotes koran adalah sebuah tes dimana jawabannya tersebut sebagian besar merupakan susunan atau bentuk yang sesuai dengan permintaan.

6. Contoh soal psikotes menggambar, Nah untuk sesi yang satu ini adalah tes berupa hasil gambar Anda yang akan menunjukkan karakter pribadi dari masing –masing orang. Biasanya pihak pemberi lowongan kerja akan bekerja sama dengan pihak psikologi untuk melihat sifat –sifat Anda.

Bentuk soal tes bergambar ini bisa beraneka ragam. Ada yang berupa gambar bebas dimana Anda diberi kesempatan untuk berimajinasi. Namun ada juga yang mengadopsi dari tes gambar asal jerman dengan beberapa pola sebagai berikut :

•    Titik
•    Garis lurus berjejer
•    Garis melengkung
•    Dua Garis tak beraturan
•    Dua garis tegak lurus
•    Kotak Hitam kecil
•    Garis lengkun
•    Titik –titik yang melingkar

Umumnya, Anda akan diberikan deretan gambar seperti jenis – jenis diatas dan memilih mana kah yang cocok untuk menjadi pola gambar yang selanjutnya. Disini lah letak ketelitian Anda akan diuji.

7. Contoh soal psikotes perdana hubungan, Ini adalah jenis soal yang menyerupai butir –butir pertanyaan yang memberikan tantangan besar karena semua jawabannya adalah yang harus berkaitan atau berhubungan antara satu dengan yang lainnya.

Sebagai contoh adalah :

A. Rumah Sakit : Pasien
Konservator : Seniman
Akademi : Taruna
Ruang pengadilan : Saksi
Perpustakaan : Peneliti

B. Jari : Tangan
Lidah : Hidung
Lutut : Siku
Perut : Dada
Kaki : Paha

C. Domba : Daging
Telur : Ayam
Setam Sampit
Sapi : Susu
Jentik : Nyamuk

Jawaban dan pembahasan adalah :

Jawaban :

a. Rumah Sakit : Pasien
Konservator : Seniman
Akademi : Taruna
Ruang pengadilan : Saksi
Perpustakaan : Peneliti

b. Jari : Tangan
Lidah : Hidung
Lutut : Siku
Perut : Dada
Kaki : Paha

c. Domba : Daging
Telur : Ayam
Setam : Sampit
Sapi : Susu
Jentik : Nyamuk

Pembahasan : Untuk soal soal ini Anda hanya perlu fokus pada setiap kata yang berhubungan. Kata kata tersebut juga bisa berarti berbeda dari keempat pasangan kata yang lainnya. Jadi, disini ketelitian Anda juga diuji. Kuncinya lihatlah masing –masing pasangan kata mana kah yang memiliki hubungan berbeda dengan keempat kata yang lainnya. Jika pilihan tersebut memiliki makna dan arti hubungan yang tidak sama dengan pasangan kata yang lainnya, sedangkan untuk setiap pasangan kata yang lain berhubungan. Maka, dipastikan jawaban tersebut adalah benar.

8. Contoh soal psikotes wartegg, Sama seperti tes gambar sebelumnya. Hanya saja pada sesi yang satu ini Anda di persilahkan untuk menyelesaikan gambar yang belum terselesaikan. Dengan kata lain pada tahap ini akan menguji keterampilan Anda dalam hal meneruskan beberapa gambar yang belum jadi atau mentah. Dalam hal ini Anda memiliki tugas untuk menyempurnakan gambar menjadi sebuah gambar yang utuh dan bermakna.

Uraian diatas adalah informasi terbaru seputar daftar soal dan kunci jawaban yang bisa Anda pelajari terlebih dahulu. Ini bisajadi dijadikan upaya dari Anda untuk membuat kemungkinan besar Anda diterima. Dengan mempelajari dan mengulasnya terlebih dahulu akan membuat Anda tidak bingung nantinya karena sudah mengetahui gambaran dari soal yang diberikan. Walaupun soal Anda nantinya tidak sama persis dengan contoh soal diatas, setidaknya sobat sudah mengetahui cara pengerjaannya serta tips dan triknya untuk bisa lolos di seleksi ini. Baca Juga Blog tentang Android dan Informasi terbaru : kurasaurus.com.

Entah Anda melamar sebagai seorang Kasir, SPG, SPB, Office Boy, Office Girl, Supervisor, Helper, Supir, bagian gudang, kepala gudang dan lain sebagainya, soal ini sifatnya adalah universal. Karena pada dasarnya pengujian materi yang diberikan adalah sama. Mungkin juga tidak semuanya keluar, hanya sebagian atau beberapa. Atau mungkin juga nantinya akan ada bentuk soal yang baru. Yang terpenting untuk bisa lulus tes kerja, Anda perlu yakin dan persiapkan mental dengan baik. Jika Anda memang sesuai kriteria bekerja disana, pasti Anda akan diterima. Inilah informasi ringkas untuk membantu Anda, selamat mencoba dan semoga sukses!