9 Alat Berteknologi Canggih yang Akan Mempermudah Pendakianmu

9 Alat Berteknologi Canggih yang Akan Mempermudah Pendakianmu

9 Alat Berteknologi Canggih yang Akan Mempermudah Pendakianmu

Waktu berjalan membawa kita pada era modern, semua hal serba canggih, dapat mempermudah setiap aktifitas yang kita lakukan, dari mulai bangun tidur sampai tidur kembali, kehidupan kita tidak bisa dipisahkan dari alat-alat hebat di era digital seperti saat ini, termasuk saat kita melakukan kegiatan mendaki gunung.

Banyak peralatan pendakian yang mengalami perubahan setelah tersentuh era digital, semakin mempermudah dan semakin memanjakan kita saat mencicipi keindahan alam di atas pegunungan. Penasaran?, berikut adalah 9 alat canggih yang bermanfaat untuk kegiatan pendakian gunung.

1. Jak Pak

Sebuah perpaduan antara jaket, sleeping bag dan tenda, bahannya terbuat dari kain anti air. Sangat praktis, membuat pendakian semakin mudah dan beban carrier semakin ringan. Namun, dengan berbagai kelebihannya, Jak Pak dibanderol dengan harga cukup mahal, yaitu Rp. 2,5 juta. Rasa-rasanya, harus rajin menabung bila kita ingin memiliki barang yang satu ini.

2. SteriPen Water Purifier

Salah satu musibah yang ditakuti oleh sebagian besar para pendaki adalah kehabisan persediaan air minum saat berada di atas gunung, terlebih jika gunung yang kita daki tidak menyediakan sumber air. Bila kamu mengalami musibah tersebut, maka alat bernama SteriPen Water Purifier adalah solusi yang paling masuk akal.

Pasalnya dengan sinar UV yang dimilikinya, SteriPen Water Purifier dapat menjernihkan air kotor, termasuk air yang tergenang atau air sungai yang kamu temui. Alat hebat ini dapat membunuh bakteri di dalam air hingga 99.9 persen. Untuk memilikinya, setidaknya kamu harus merogoh kocek sebesar Rp. 1 juta.

3. Heimplanet Tent

Mendirikan tenda adalah salah satu kegiatan paling menyenangkan di dalam sebuah pendakian. Namun, cuaca ekstrim dan angin yang kencang kadang merusak kesenangan saat kita mendirikan tenda di salah satu sudut pegunungan. Tidak tenang dan terkadang merasa resah.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, para produser peralatan outdoor menawarkan sebuah tenda yang super praktis dan anti badai, bernama Heimplanet Tent. Hanya dengan ditiup, tenda hebat ini dapat berdiri kokoh di tengah angin kencang yang menerpa.

4. Biolate Campstove

Karena sangat praktis dan memiliki ukuran kecil, tidak memakan banyak ruang di carrier, para pendaki sangat senang menggunakan kompor portable dalam urusan masak-memasak. Namun tahukah kamu tentang keberadaan kompor portable versi tercanggih di dunia?. Baca juga : 6 Ide Bisnis yang Cocok untuk Seorang Pendaki Gunung.

Alat itu bernama Biolate Campstove, sebuah kompor kecil yang memiliki dua fungsi sekaligus. Selain untuk memasak, alat ini dapat kita gunakan juga untuk mengisi batrai smartphone-mu. Saat perut kenyang, batrai ponsel pun penuh. Harga yang ditawarkan untuk alat super canggih ini adalah Rp. 2 jutaan.

5. Petzl NAO Headlamp

Saat melakukan pendakian di malam hari, alat penerangan adalah salah satu nyawa kita. Tanpanya, bisa saja kita salah memilih pijakan, terjatuh dan terpelosok ke dalam jurang. Oleh karenanya, sangat penting untuk memiliki headlamp (lampu kepala) yang mumpuni, batrainya awet dan kuat dalam medan apapun seperti Petzl NAO Headlamp.

Petzl NAO Headlamp adalah alat penerangan yang memiliki kecerdasan, dia dapat mengatur kadar cahayanya sendiri, akan meredup saat kamu membaca peta dan akan sangat terang saat melintasi track yang gelap. Harga yang ditawarkan cukup mahal, yaitu Rp. 2 juta.

6. Rechargeable LED Headlamp

Alat penerangan canggih lainnya bernama Rechargeable LED Headlamp, sangat bisa diandalkan, memiliki kapasitas batrai hingga 18 jam pemakaian dan dapat mengisi ulang daya dengan menggunakan USB. Istimewanya, alat ini dapat menyala meski terkena hujan sekalipun. Lebih murah dari Petzl NAO Headlamp, harga Rechargeable LED Headlamp adalah Rp. 1,5 jutaan.

7. X-1 Surge

Buat kamu yang suka mendaki sambil mendengarkan musik, sepertinya kamu wajib memiliki headset satu ini. Pasalnya, X-1 Surge memiliki kemampuan yang luar biasa, selain suaranya yang jernih, ia juga memiliki teknologi anti air. Harganya yang mencapai Rp. 1,2 juta menggambarkan sampai dimana kemampuan dan kualitasnya.

8. Meet Earl Tablet

Nama lain dari alat ini adalah Backcountry Survival Table, memiliki multi fungsi, salah satu alat yang akan sangat bermanfaat saat dibawa dalam sebuah pendakian. Beroprasi dengan sistem android jelly bean, tablet satu ini dilengkapi dengan fitur sensor cuaca, e-link screen, GPS ofline, radar komunikasi dan penghemat daya. Sangat hebat sebagai teman petualanganmu.

9. Handspresso Wild Hybrid

Para pendaki identik dengan sosok pecinta kopi, mereka menuturkan bahwa menikmati secangkir kopi saat berada di ketinggian adalah kenikmatan yang luar biasa. Untukmu pecandu kopi di ketinggian, rasanya alat ini sangat cocok untukmu, dapat mengolah kopi dimana pun kamu berada. Menjadi barista dadakan adalah pengalaman yang sangat menyenangkan.

Demikian adalah 9 alat canggih yang bermanfaat untuk kegiatan pendakian gunung yang bisa saya sampaikan. Dengan berbagai kemampuan dari masing-masing alat di atas, sepertinya kita harus menabung untuk memilikinya satu per satu.

Dari penulis tamu seorang pendaki gunung
Buka Komentar