Daftar Judul dan Materi Khutbah Jumat Singkat

Untuk murid sekolah yang memiliki pelajaran agama, sudah biasa diminta buatkan daftar judul dan materi khutbah jumat singkat oleh sang guru. Kebiasaan juga, mereka akan diminta untuk maju ke depan kelas seolah mempraktikkan gaya khutbah oleh khatib. Namun, kebanyakan dari mereka kebingungan membuat materi khutbah sendiri dengan kurangnya sumber bacaan. Tetapi jangan khawatir, di artikel ini akan diberikan beberapa daftar judul hingga materi yang singkat namun jelas.


Berapa Lama Durasi Khutbah Jumat Biasanya?

Untuk keberlangsungan dari khutbah pada salat Jumat ini biasanya tergantung pada khatib yang melakukan khutbah mengenai daftar judul dan materi khutbah jumat singkat. Namun yang terpenting, khutbah pada hari Jumat dilakukan sebanyak dua kali dengan durasi waktu masing-masing. Namun, tidak sampai berjam-jam karena disesuaikan dengan proses salat Jumat yang akan dilakukan. Maka, untuk praktik khutbah sendiri juga diberlakukan dengan sama yang mana akan lebih baik, jika Anda lakukan tidak terlalu lama.

Rukun Khutbah yang Harus Anda Ketahui

Berikut ini rukun khutbah yang diperoleh dari sumber yang sama dengan daftar judul dan materi khutbah jumat singkat:
  1. Memuji Allah di kedua khutbah
  2. Membaca salawat kepada Nabi Muhammad.SAW di kedua khutbah
  3. Berwasiat kepada ketakwaan
  4. Membaca ayat suci al-Qur’an di salah satu dua khutbah

Itulah beberapa rukun khutbah yang harus Anda perhatikan sebelum fokus ke mencari judul dan materi khutbah jumat singkat.

Baca Juga :

Daftar Judul dan Materi Khutbah Jumat   

Berikut ini ada beberapa daftar judul dan materi khutbah jumat singkat yang bisa Anda jadikan referensi untuk diri sendiri:

1. Perumpamaan sifat manusia dalam al-Qur’an

Untuk pembukaan awal, yang diucapkan sama dengan saat Anda hendak memulai pidato. Jika sudah, maka langsung ke pembahasan materi.

“ Hadirin Jama’ah Jum’at di mulikan oleh Allah, ada tiga binatang kecil yang diabadikan Allah menjadi nama Surah, yaitu al-Naml (semut), al-Ankabut (laba-laba), dan al-Nahl (lebah). Maksud dari Allah dari Firman-Nya ini adalah masing-masing dari hewan ini memiliki karakter dan sifat berbeda-beda. Semut dengan sifat suka menghimpun makanan sedikit demi sedikit tanpa henti. Lain halnya dengan laba-laba, mereka tempat yang paling rapuh.

Sedangkan lebah menjadi tempat yang aman, apa saja yang berlindung disana pasti bisa menjadi binasa. Maka, diantara beberapa ayat di atas mampu menggambarkan bahwa di dalam rumah tangga yang dalam keadaan seperti laba-laba yang rapuh, maka akan saling tindih-menindih. Itulah pelajaran yang bisa dipetik dan berhubungan dengan perumpaan sifat manusia dalam al-Qur’an.

2. Hablumminallah wa hablumminannas

Daftar judul dan materi khutbah jumat singkat berikutnya yaitu, Islam menjadi agama yang paling sempurna dengan semua ajaran yang disampaikan secara lengkap. Islam juga membentangkan dua bentuk hubungan yang harmonis, yaitu hubungan antar manusia dengan sesama dan manusia dengan Tuhannya. Ada sebuah ayat yang disampaikan di dalam al-Quran, Ali Imron 112 yang menceritakan mengenai bencana yang menimpa Bani Israil sebagai akibat dari kedurhakaan. Mereka akhirnya mengalami malapetaka karena membangkang para Nabi.

Untuk membangun kembali kesempatan yang diberikan atas malapetaka kepada umat selanjutnya, ialah dengan membangun kembali hablum minallah dan hablum minannas. Hubungan baik tidak hanya harus kita bangun dengan sang Pencipta saja, melainkan dengan sesama Hamba juga menjadi kewajiban. Jika kita hanya dominan salah satu dari keduanya, akan percuma saja. Dengan begitu, Allah berfirman, sebelum kita meninggalkan dunia yang fana ini dan masih memiliki kesempatan, maka baiknya perbaiki kedua hubungan tersebut.

Jika dirasa sulit, masih banyak hal yang bisa kita jadikan obat dan solusi. Sering mendengar khutbah dan juga aktif dalam organisasi islam. Itulah beberapa daftar judul dan materi khutbah jumat singkat yang bisa Anda jadikan referensi. Kalian juga bisa melihat beberapa contoh Khutbah Jumat Singkat di Blog kanghaqie.info.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel