Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah Kerajaan Perlak

Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah Kerajaan Perlak

Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah Kerajaan Perlak

Indonesia adalah sebuah negara dengan Penduduk yang memiliki keyakinan atau beraga Islam terbanyak. Ada sekitar 85% lebih yang beragama Muslim dan selebihnya memiliki keyakinan atau beragama Kristen, Khatolik, Hindu, Buddha dan Kong Hu Chu. Lalu bagaimana penyebaran agama islam saat itu dimana pada zaman dulu indonesia memiliki banyak Kerajaan. Ada satu kerajaan islam pertama yang berdiri dan dilanjutkan dengan banyak kerajaan kerajaan lainnya.

Pengetahuan tentang kerajaan sudah kita dapatkan saat belajar di bangku sekolah SD, SLTP dan SMU. Jadi sudah pasti anda mengetahuinya tetapi sebagian orang belum tau Kerajaan Islam mana yang pertama kali berdiri. Ada yang menyebutkan Kerajaan Samudra Pasai tetapi ternyata yang pertama kali adalah Kerajaan Perlak.

Baca Juga : Sejarah berdirinya Agama Islam di Indonesia

Dimana posisi Kerajaan Perlak dan sejarah berdirinya, sebagai warga negara Indonesia kita perlu mengali pengetahuan ini. Siapa rajanya dan bagaimana keadaan pada masa itu semua anda bisa mengetahuinya dari beberapa pembahasan di bawah ini. Jika ada yang salah dalam ulasannya mohon di sampaikan pada kolom Komentar.

Sejarah Kerajaan Islam pertama di Indonesia

Kerajaan Perlak berdiri padatahun 840 M sampai tahun 1292 M. Lokasi atau daerah berdirinya yaitu di Aceh sama dengan Kerajaan Samudra Pasai. Tetapi untuk Kerajaan Samudra Pasai berdiri pada tahun 1267 M sampai tahun 1521 M. Didalam buku buku Sejarah tentu sering kita Lihat Kerajaan Samudra Pasai yang pertama tetapi terlihat dari tahun berdirinya dipastikan Kerajaan Islam pertama adalah Kerajaan Perlak.

Kerajaan Perlak pertamakali di pimpin oleh seseorang yang bernama  Sultan Alaidin Syed Maulana Abdul Aziz Syah. Beliau merupakan keturunan dari Meurah Perlak Syahir Nuwi atau Maharaja Pho He La. Pada tahun tersebut ada gerombolan sekitar 100 orang yang dipimpin oleh Nakhoda Khalifah. Mereka datang untuk berdagang dan menyebarkan agama Islam di Perlak.

Pada waktu itu salah satu anak buah Nakhoda Khalifah yaitu Ali bin Muhammad bin Ja`far Shadiq dinikahkan dengan Makhdum Tansyuri, adik dari Syahir Nuwi. Dari pernikahan tersebut lahirlah Alaidin Syed Maulana Abdul Aziz Syah, Sultan pertama Kerjaan Perlak. Sultan tersebut mengubah ibukota Kerajaan yang awalnya bernama Bandar Perlak menjadi Bandar Khalifah.

Pada akhirnya Sultan dan istrinya Putri Meurah Mahdum Khudawi meninggal dunia dan dimakamkan di  Paya Meuligo, Perlak, Aceh Timur. Pada masa pemerintahannya Sultan merupakan seseorang yang beraliran paham Syiah. Pada waktu itu Aliran Syi’ah datang ke Indonesia melalui para pedagang dari Arab, Gujarat dan Persia.

Saat berdirinya Kerajaan tersebut mendapat dukungan dari dinasti Fatimiah di Mesir. Dinasti tersebut runtuh pada tahun 1268. Kelompok Syiah di pantai Sumatra dengan Kelompok Syiah di Mesir akhirnya mulai terputus. Kejadian ini yang akhirnya Dinasti Mamaluk yang dipimpin oleh Syaikh Ismail untuk pergi ke pantai timur Sumatra dengan tujuan utamanya adalah melenyapkan pengikut Syi’ah di Kesultanan Perlak dan Kerajaan Samudera Pasai.

Baca Juga : Inilah 6 Agama yang resmi dan diakui di Indonesia

Untuk cerita lengkapnya sobat bisa baca di beberapa media terpercaya terutama sebuah Buku atau Situs yang menyediakan cerita secara lengkap. Sejarah singkat di atas admin ambil dari beberapa sumber dan tidak secara keseluruhan di jelaskan. Jadi sudah tau kan Kerajaan Islam apa yang pertama kali berdiri di Indonesia.

Ada banyak Sejarah Kerajaan di Indonesia yang bisa sobat pelajari. Inggin tau lebih lengkap silahkan berkunjung ke situs BukuSekolah.Net. Sobat akan menemukan berbagai macam cerita tentang Kerajaan di Indonesia mulai awal hingga berakhirnya Kerajaan tersebut. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini.
Buka Komentar