Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara menghilangkan kepedasan dengan bahan Alami

Banyak orang yang suka makan-makanan pedas, bahkan rasanya kurang enak jika tidak ada sambal. Namun rasa pedas yang berlebihan dapat menyebabkan kepedasan, sensasi terbakar di lidah, dan tubuh berkeringat. Bagi orang yang sudah terbiasa maka rasa pedas ini menjadi penambah selera makan yang sangat diperlukan.


Rasa pedas ini sebenarnya disebabkan oleh suatu senyawa yang terdapat di dalam kandungan cabai. Nah, bagaimana cara mengatasi kepedasan?... Jika Anda menggigit cabai, senyawa yang bernama capcaisin akan menempel di reseptor lidah. Kemudian, reseptor di lidah akan membawa sinyal ke otak Anda bahwa tubuh telah menyentuh sesuatu yang pedas sehingga pada beberapa orang, mereka dapat berkeringat saat kepedasan.

Buat para pemula yang belum pernah merasakan pedas maka akan terasa menyiksa dan bahkan bisa membuat kepanasan. Ada beberapa cara dan tips dalam menghilangkan rasa pedas dengan cepat bahkan tidak dalam waktu lama. Jika anda salah melakukannya maka rasa pedas itu bukan menghilang tetapi semakin terasa.

Cara ini cukup sederhana dan menggunakan bahan makanan atau minuman yang sering kita jumpai. Bahkan setiap hari kita jumpai dan kita konsumsi. Gunakan salah satunya supaya maksimal tetapi jika masih saja kepedasan lakukan cara yang kedua dan seterusnya. Penasaran silahkan simak ulasannya berikut ini.

Cara Menghilangkan Rasa Pedas :

1.  Minum Susu

Untuk menghilangkan rasa kepedasan pada lida, peneliti di New Mexico State University Chile Pepper Institute menemukan cara cepat yang dapat dilakukan yaitu dengan meminum susu.

Dalam studinya, peneliti menemukan bahwa protein yang terdapat pada susu dapat menggantikan senyawa kimia yang membuat cabai terasa pedas dan menimbulkan sensasi panas dan terbakar.

Capcaisin ialah senyawa kimia yang ditemukan dalam cabai yang membuatnya terasa pedas dan panas. Baca juga : Cara Menjaga Kulit Agar tetap Putih dan Bersih dengan bahan alami.

Susu memiliki kandungan protein yang dapat menggantikan capcaisin di reseptor lidah Anda. Sehingga, minum susu ialah cara tercepat untuk meringankan kepedasan dan sensasi terbakar yang muncul.

2.  Mengkonsumsi 1 Sendok Gula atau Madu

Capcaisin adalah minyak alami, sehingga mengkonsumsi gula dapat membantu mengusir rasa terbakar di mulut. Madu juga punya efek yang sama.

3.  Lemon atau Tomat

Minuman seperti jus lemon dan jus tomat juga dapat mengatasi kepedasan. Asam yang terdapat di dalam minuman tersebut bisa menghilangkan rasa pedas yang disebabkan capsaicinoid. Memakan langsung buah jeruk atau tomat juga dapat menghilangkan rasa kepedasan.

4.  Makan Roti, Nasi, atau Kentang

Karbohidrat yang terdapat dalam makanan ini mengandung zat tepung yang menciptakan sebuah penghalang antara kapsaisin dan rasa dalam mulut Anda. Karbohidrat juga menyerap beberapa kapsaisin, sehingga dapat mengurangi penderitaan kita saat kepedasan.

5.  Es Krim

Makan makanan pedas memang sungguh nikmat, akan tapi sangat enak apabila rasa pedasnya melebihi yang bisa kita tahan. Baca juga : 7 Cara Efektif Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan.

Begitu sudah kepedasan, biasanya Anda akan langsung mencari air untuk diminum. Tapi, ada cara lain untuk meredakan rasa pedas di mulut yakni dengan makan es crim.

Cukup dengan satu sendok es krim saja bisa menghilangkan rasa pedas yang terdapat pada lidah Anda. Anggap saja es krim ialah makanan penutup yang tepat setelah menikmati makanan pedas.

6.  Air Kelapa

Bisa dikatakan bahwa air kelapa ini adalah susu dalam versi lebih ringan dengan rasa manis yang sama. Bukan cuma dapat mengembalikan elektrolit tubuh yang hilang akibat beraktivitas, ternyata air kelapa juga bisa digunakan untuk meredakan rasa panas yang disebabkan oleh cabai.

7.  Cokelat 

Kandungan lemak yang terdapat pada coeklat inilah yang akan membantu kalian untuk menghilang capsaicin dari mulut. Jelas bahwa mengkonsumsi sebatang coklat jauh lebih baik daripada kalian minum bergelas-gelas air putih.

Untuk menghindari kepedasan yang berlebihan, sebaiknya Anda menyiapkan beberapa makanan di atas saat akan mengkonsumsi makanan pedas agar tidak terjadi kepedasan yang berlebihan. Bagaimana cukup mudah bukan cara menghilangkan kepedasan ?

Jika anda inggin mengetahui lebih banyak artikel tentang Kesehatan bisa berkunjung ke situs Dengancara.Com. Ada banyak informasi yang bisa kita dapatkan mulai dari Kesehatan Gigi, Wajah dan bagian tubuh lainnya.