Sejarah berdirinya Agama Islam di Indonesia

Sejarah berdirinya Agama Islam di Indonesia

Sejarah berdirinya Agama Islam di Indonesia

Setiap manusia pastinya menjalani hidup dengan cara mereka masing-masing. Begitu juga dengan kepercayaan atau yang kerap disebut sebagai Agama. Setiap manusia berhak untuk memilih kepercayaannya tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Terdapat banyak sekali agama di dunia ini. Salah satunya adalah agama Islam.

Di Indonesia diketahui bahwa mayoritas penduduknya menganut agama Islam. Meskipun memang tidak sedikit juga yang menganut agama lain atau bahkan tidak mempunyai agama atau yang dikenal dengan sebutan atheis. Nah sebagai penduduk Indonesia, harusnya kita tahu dong bagaimana islam dapat masuk ke Indonesia. Berikut di bawah adalah sejarah berdirinya agama islam  di ndonesia.

Baca Juga : Inilah 6 Agama yang resmi dan diakui di Indonesia

Mengenai kapan masuknya agama islam di Indonesia, didapati beberapa pendapat yang berbeda-beda. Diantaranya :
  1. Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-13 masehi, yakni dengan adanya teori gujarat yang berpendapat islam masuk ke Indonesia pada abad 13. Selain teori gujarat, ada pula teori Persia yang menyatakan islam masuk Indonesia pada abad ke 13
  2. Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-11 masehi
  3. Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7  masehi, hal ini didapatkan dari teori makkah yang dinyatakan oleh Hamka bahwa islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 karena menurut Hamka, sebelum abad ke-13 masehi di Indonesia sudah terdapat politik islam jadi pastinya islam masuk sebelum abad ke-13 masehi. 

Kembali membicarakan mengenai teori-teori yang ada, adanya teori-teori itu tidak lepas dari banyaknya perbedaan dan perselisihan pendapat. Bukan hanya perbedaan pendapat dalam kapan agama islam masuk ke negara tanah air tercinta ini, namun juga terdapat perselisihan pendapat mengenai siapa yang membawa agama islam sampai pada Indonesia. Lantas ada berapakah teori yang ada?

Baca Juga : Cerita sebenarnya tentang ROHINGYA di Myanmar menurut sumber Terpercaya

Terdapat 3 teori yang terkenal dan menarik untuk dibahas. Berikut adalah 3 teori tersebut.
  1. Teori Gujarat 
  2. Teori Makkah
  3. Teori Persia

Nah dari 3 teori di atas, terdapat juga 3 pendapat yang berbeda-beda mengenai siapa yang membawa agama islam masuk ke Indonesia, yakni :
  1. Islam dibawa masuk ke Indonesia oleh para pedagang India. Hal ini terdapat pada teori gujarat yang berpendapat bahwa islam dibawa oleh para pedagang gujarat, India. Teori ini didukung dengan fakta bahwa Indonesia telah lama bekerja sama dengan para pedagang India. Tak hanya itu, teori ini juga didukung oleh pendapat W.F.Stutterheim di dalam bukunya yang berjudul De Islam en Zijn Komst In de Archipel serta pendapat dari Snouck Hurgronje dalam bukunya yang berjudul  Revue de I'Historie des Religious atau L' Arabie et les Indes Neerlandaises. 
  2. Islam masuk dari Arab. Pendapat ini didasarkan pada teori Makkah yang dinyatakan oleh Hamka yang menyebutkan bahwa di pantai barat Sumatera, terdapat pemukiman para pedagang Arab islam berdasarkan berita dari Dinasti Tang di Cina. Teori ini juga didukung oleh pendapat J.C Van Leur yang terdapat pada bukunya yang berjudul Indonesia: Trade and Society.
  3. Islam dibawa masuk oleh orang-orang Persia. Hal ini terdapat pada teori Persia yang memiliki dasar karena banyaknya kesamaan budaya yang terdapat di Indonesia dan yang terdapat di Persia. Pendapat ini dipelopori oleh P.A. Hoesein Djajaningrat. 

Lantas bagaimana sih perkembangan agama islam di Indonesia?

Agama islam masuk ke Indonesia dengan sangat mudah melalui berbagai cara termasuk perdagangan karena mayoritas penduduk berprofesi sebagai pedagang. Islam diterima di Indonesia karena berbagai alasan termasuk karena ajarannya yang mudah dan penyebarannya yang dilakukan secara damai.

Baca Juga : Sejarah Valentine Day tanggal 14 Februari yang sebenarnya seperti apa !!!

Karena kemudahan itu seiring berjalannya waktu, perkembangan agama islam menjadi lebih besar dengan berdirinya kerajaan-kerajaan islam di Indonesia seperti kerajaan Samudera Pasai. Perkembangan ini pun memiliki pengaruh yang besar pada kehidupan, hubungan sosial, budaya, norma, pendidikan dan pada bidang lainnya.

Itulah sedikit cerita bagaimana Sejarah berdirinya Agama Islam di Indonesia. Jika sobat memiliki pengetahuan lain silahkan berikan informasinya di kolom komentar. Inggin mengenal lebih dalam tentang Agama Islam silahkan sobat berkunjung ke situs Newbie Islam. Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.
Buka Komentar