7 Cara menghilangkan Minyak di Wajah dengan Cepat

Cara menghilangkan minyak di wajah harus Anda ketahui apabila mengalami salah satu masalah kulit wajah yang cukup mengganggu ini. Tubuh kita memang memproduksi minyak secara alami untuk memberikan kelembaban kulit. Akan tetapi jika produksi minyak berlebihan justru menimbulkan masalah pada kulit wajah seperti komedo dan jerawat. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki wajah berminyak, wajib mengetahui cara menghilangkan minyak yang ada wajah secara cepat.


Cara Mengurangi Minyak di Wajah

Untuk merawat kulit wajah berminyak sebenarnya bukan sesuatu yang sulit, mengingat saat ini banyak sekali produk skincare yang dapat membantu mengatasi masalah kulit Anda. Akan tetapi jika perawatan dilakukan sembarangan, bisa jadi malah menyebabkan minyak di wajah semakin tidak terkendali.

Pakar kesehatan dan kecantikan menyarankan untuk menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan glycolic acid, salicic acid, beta-hydroxy acid atau benzoyl peroxide dimana dapat membantu mengatasi kulit berminyak. Kandungan tersebut umum ditemukan pada skincare yang digunakan sebagai perawatan kulit berjerawat.

Selain menggunakan perawatan skincare, Anda juga harus melakukan cara-cara menghilangkan minyak di wajah berikut ini:
  • Rutin membersihkan kulit wajah setiap pagi dan malam hari menjelang tidur. Anda bisa membersihkan wajah dengan produk cleanser yang lembut agar tidak memperparag kondisi wajah berminyak Anda.
  • Gunakan produk skincare dengan label “Non-comedogenic” dimana tidak ada kandungan minyaknya.
  • Usahakan untuk selalu menggunakan sunscreen, terutama jika selalu beraktivitas di luar ruangan. Sunscreen dengan SPF 30 cukup bagus untuk melindungi wajah dari radiasi UVA dan UVB yang memicu produksi minyak berlebihan di wajah.
  • Gunakan kertas minyak dan tempelkan pada area wajah yang berminyak saja selama 15 hingga 20 detik.
  • Gunakan toner atau masker kulit di area T wajah agar kulit tidak menjadi kering.
  • Konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari untuk menghidrasi kulit secara alami.

Perawatan Khusus untuk Wajah Berminyak

Cara menghilangkan minyak di wajah dengan menggunakan bantuan dari ahli atau dokter kulit mungkin bisa menjadi solusi untuk menghilangkan minyak di wajah secara cepat. Ada dua jenis perawatan wajah berminyak yang ditawarkan klinik kecantikan yaitu Photodynamic therapy (PDT) dan Laser.

Baca Juga :

PDT merupakan perawatan wajah berminyak dengan menggunakan obat khusus yang diaplikasikan pada kulit wajah, lalu mengaktifkan cahaya LED. Tujuannya untuk mengurangi aktivitas sel-sel kalenhar sebum dalam memproduksi minyak. Sedangkan perawatan dengan laser yaitu melalui tembakan cahaya yang intens untuk mengurangi produksi minyak.

Hal-hal yang Harus Dihindari Pemilik Wajah Berminyak

Selain beberapa cara menghilangkan minyak di wajah seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda juga harus menghindari hal-hal yang dapat memicu produksi minyak di wajah. Karena percuma saja jika Anda merawat wajah dengan rangkaian skincare namun tidak menghindari pantangan kulit berminyak. Berikut beberapa hal yang harus Anda hindari:
  • Menghindari makanan-makanan berlemak, alkohol, makanan tinggi gula, junk food, atau jenis makanan berlemak lainnya yang dapat memperparag produksi kalenjar minyak.
  • Jangan menggunakan cleanser yang alcohol-based atau oil-based.
  • Jangan terlalu agresif saat membersihkan muka dengan scrub setiap hari dan sebaiknya tidak memegang-megang wajah tanpa tujuan.
  • Hindari tidur dengan kondisi wajah masih menggunakan makeup.

Bagi pemilik wajah berminyak, memang sebaiknya memberikan perhatian khusus pada wajah agar tidak menyebabkan masalah baru. Itulah mengapa Anda harus mengetahui cara menghilangkan minyak di wajah seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Penulis : Bisnismana.Com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel