Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara mengetahui Berita yang lagi Viral

Cara mengetahui berita yang lagi viral atau konten viral yang sedang dibicarakan masyarakat ternyata sangat penting. Apalagi untuk mereka yang menggunakan internet sebagai media berbisnis, konten viral bisa menjadi salah satu bagian dari internet marketing atau menemukan ide untuk mengisi artikel blog. Untuk mengetahui topik berita yang lagi viral ternyata bisa diketahui melalui indikator penelusuran keyword atau kata kunci.

Berita Trending

1. Mengandalkan Google Alerts

Google Alerts sendiri adalah layanan pemberitahuan yang akan mengirimkan surel atau email berupa halaman web atau berita terbaru. Pemberitahuan ini dikirim melalui email atau umpan web (web feed) dimana ada enam tipe layanan Alerts seperti News, Blog, Web, Comprehensive, Video dan Group.

Baca Juga : Cara daftar Google News

Melalui layanan New Alerts dari Google Alerts ini Anda akan mendapatkan 10 konten berita terbaru yang masuk dalam 10 besar hasil pencarian di Google News. Sedangkan pada layanan Web Alerts, pengguna akan mendapatkan halaman web yang masuk dalam 20 besar hasil pencarian di Google Web.

Cara mengetahui berita yang lagi viral dengan mengandalkan Google Alerts ini sangat mudah. Pengguna bisa mengunjungi tools-nya melalui https://www.google.com/alerts?hl=id. Melalui link ini Anda bisa mengetikkan topik berita apapun yang sedang Anda ingin ketahui. Pengguna juga bisa mendapatkan demografi yang lebih spesifik dari topik yang diinginkan tersebut. Setelah melakukan pencarian, pengguna bisa membuat notifikasi untuk berlangganan agar topik-topik terbaru terkait berita dengan tema tersebut dikirimkan ke email.

2. Mengetahui Konten Viral dengan Buzzsumo.com

Selain menggunakan Google Alerts, cara mengetahui berita yang lagi viral di media sosial juga bisa menggunakan Buzzsumo.com. Situs ini menampilkan kumpulkan konten berita yang sedang viral, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Disini juga menyediakan fitur pro agar bisa menampilkan konten viral yang lebih lengkap.

Lihat Juga : Tips mudah lihat berita Popular hari ini

Untuk menggunakan tools ini, Anda bisa mengunjungi situs www.buzzsumo.com. Pada halaman pertama website ini Anda bisa mengetikkan keyword apa yang ingin Anda ketahui. Buzzusumo.com akan menampilkan konten-konten viral yang terkait dengan topik yang Anda inginkan. Para blogger biasanya menggunakan situs ini untuk menemukan ide artikel untuk blog mereka.

3. Memanfaatkan Facebook untuk Mengetahui Berita Trending

Facebook sebagai media sosial yang banyak digunakan saat ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mencari topik berita yang sedang viral atau trending. Bagaimana caranya? Yaitu Anda bisa memanfaakan fitur Graph Explorer yang ada di Facebook. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk mencari berita atau topik yang sedang trending terkait topik yang ingin Anda ketahui.

Baca Juga : 3 Cara melihat Trending di Facebook

Untuk menggunakan fitur Graph Explorer cukup mudah, Anda tinggal masuk ke link developer.facebook.com. Pada halaman pertama situs ini, Anda bisa masuk ke opsi “Graph Explorer”. Selanjutnya Anda bisa memilih “Get Access Token”. Disini Anda bisa mengambil “Page ID” dan dimasukkan ke Graph Explorer.

Disini Anda bisa mengambil berita viral dari page besar yang memang sudah memiliki banyak like. Ambil Page ID dari page tersebut dan masukkan ke Graph Explorer. Selanjutnya Anda bisa menemuka konten-konten berita mana yang paling banyak dishare. Untuk melihat post-nya, Anda bisa klik link postingannya untuk melihat konten tersebut.

Demikian itulah beberapa cara untuk mengetahui konten yang sedang trending. Pastinya Anda bisa memanfaatkan cara mengetahui berita yang lagi viral diatas secara gratis tanpa harus membayar biaya bulanan, semoga bermanfaat.

Penulis : wavker.com