4 Cara supaya Anak cepat tidur Pulas dan Tidak Rewel

Mastimon.Com - Sebagai orang tua, anda pasti selalu memperhatikan kondisi anak anda setiap harinya untuk tetap sehat dan baik. Khususnya untuk para anak balita atau anak kecil yang masih belia membutuhkan pantauan dari ayah atau ibu nya secara spesifik. Salah satunya meliputi pola tidur dan berapa banyak ia bisa beristirahat dalam sehari.


Sebenarnya,  Anak anak sangat membutuhkan waktu tidur yang cukup agar tumbuh kembangnya tidak akan terganggu. Maka, sebagai Papa dan mama yang baik, anda perlu menyedikan ruangan dan situasi yang kondusif sehingga si anak bisa tidur dengan nyenyak. Hal hal yang mempengaruhinya adalah kasur dan bantal yang empuk, kamar tidur yang tertata dengan rapi, nyaman, tidak panas, tidak berisik, dan anda juga bisa mulai membacakan cerita dongeng kesayangan buah hati anda tersebut.

Susah tidur, dapat dialami oleh siapa saja baik bayi, balita, anak kecil, remaja, dewasa bahkan sampai anda sendiri sebagai orang tua pun tentunya pernah merasakannya. Apalagi untuk seorang anak kecil, mereka sangat perlu tidur yang cukup dan teratur khususnya anak bayi atau yang berusia kurang lebih 2 tahun ke bawah, mereka diutamakan harus banyak beristirahat dengan pola tidur yang baik.

Sebelumnya tetapkan anak anda untuk tidur setidaknya malam hari 10 jam dan siang hari 1 sampai 2 jam. Dengan begitu, si kecil akan memiliki waktu istirahat cukup, lebih segar dan aktif. Namun, apabila anak anda memang tipikal anak yang susah tidur dan tidak menurut dengan perintah yang anda berikan, anda perlu bertindak dalam hal ini. Namun, tidak dengan cara kasar atau memaksanya.

Anda perlu tips dan trik khusus untuk membuat si buah hati cepat untuk tidur pada jam yang sudah ditentukan sebelumnya. Bagaimana caranya? Gampang, anda cukup mengikuti langkah langkah nya di bawah ini. Selengkapnya langsung saja yuk kita simak uraiannya cekidot.. Baca Juga : 5 Tips ampuh supaya anak tidak Ngompol lagi.

4 Cara supaya Anak cepat tidur Pulas dan Tidak Rewel

1. Tetapkan Waktu Tidur untuk anak anda.

Biasakan anak anda untuk melakukan rutinitas wajib yakni jam tidur di waktu siang dan juga malam hari.  Anda bisa menetapkan jam tidur siang antara pukul 13.00 sampai dengan 15.00 sedangkan untuk waktu malam adalah mulai dari jam 20.00. Untuk mengupayakan jam tidur tersebut, anda harus berusaha membiasakan anak anda, jadi sewaktu –waktu ia akan terbiasa dan tidur sendiri tanpa harus disuruh. Pastikan juga waktu tidur nya adalah sama setiap hari dan berlaku di manapun ia berada termasuk dalam keadaan diluar rumah atau dalam perjalanan.

2. Mempersiapkan anak anda apabila mendekati jam tidur.

Setelah si buah hati mulai terbiasa dengan rutinitas yang sudah dijalaninya, para orang tua dihimbau untuk tidak merusaknya. Merusak bagaimana? Ya, jangan sampai anda lupa jam tidur anak anda dan malah mengajaknya untuk bermain, jalan –jalan, ke acara tertentu dan masih banyak lagi. Dengan mengambil jam tidurnya, bisa jadi si anak akan lebih memilih untuk bermain pada jam untuk bobo nya. Hal –hal kecil yang baik harus mulai diterapkan mulai dari menggosok gigi, mencuci tangan, kaki, wajah dan lain sebagainya. Pola yang baik akan terus dia lakukan jika anda memberikan teladan.

3. Menciptakan suasana yang Nyaman

Suasana yang nyaman untuk anak bisa tidur dengan cepat adalah kondisi yang tenang dan tidak ada gangguan. Misalnya dengan cara mematikan lampu atau ganti lampu anda menjadi redup atau tidak menyilaukan pandangan, menghindari suara bising, televisi tidak menyala dan yang perlu diingat adalah jauhkan si buah hati dari berbagai mainan yang bisa mengambil alih fokus perhatiannya. Apabila udara terasa dingin, kenakan ia celana panjang atau baju berlengan panjang.

4. Berikan Sentuhan lembut dan kasih sayang

Pijatan lembut atau sentuhan dari seorang ayah atau ibu sangat penting. Tanpa disangka dengan perasaan nyaman dan merasa dilindungi anak anda akan cepat tidur dengan pulasnya. Mulai dari arah kaki kemudian berlanjut ke bagian badan, tangan, kepala dan bagian tertentu lainnya, anak anda akan cepat tidur. Namun perlu diperhatikan, sebaiknya tangan anda dalam keadaan yang baik bersih. Tidurlah atau temani dia sampai dengan ia bisa tidur dengan sangat nyenyak.

Baca Juga :

Inilah informasi singkat namun jelas seputar cara efektif untuk membuat anak anda cepat tidur dengan pulas tanpa rewel dan cerewet sekalipun. Suasana nyaman dan kehadiran anda sebagai orang tua akan semakin penting untuk keberhasilan menciptakan pola tidur yang baik untuk si buah hati. Entah anak anda semakin bertumbuh dewasa, berilah mereka anjuran untuk tetap beristirahat pada waktu yang sudah ditetapkan Hingga ia nantinya bisa menentukan jam tidur sendiri yang sesuai dengan kebutuhannya.  Hal ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel