6 Tips Supaya anak mau makan dan terbukti Berhasil

Mastimon.Com - Banyak orang tua mengeluhkan anaknya yang susah makan, dalam artian juga tidak mau makan nasi ataupun sayur. Padahal kalau kita perhatikan anak-anak bukannya susah makan, tapi mereka tidak menyukai makanan yang disuguhkan hingga terjadi pemaksaan orang tua terhadap anaknya.

Nah mengapa sih anak ini susah makan? para orang tua jangan dulu memberi kesan bahwa anak ini nakal dan bandel karena tidak mau makan tapi lebih baik perhatikan dulu anak tersebut apakah benar-benar anak ini tidak mau makan sama sekali atau karena biasanya sebelum makan si anak udah terisi makanan lain seperti snack makanan ringan atau makanan yang mereka sukai?

Kita sebagai orang tua perlu belajar memahami apa yang bisa menjadi kesukaan anak-anak, dan belajar membuat sesuatu makanan yang bisa mengalihkan makanan mereka tidak sukai menjadi makanan kesukaan. Sekarang ini terlalu banyak makanan instan atau snack-snack yang menjadi kesukaan anak-anak untuk itu kita sebagai orang tua harus belajar memberi pemahaman pada anak bahwa makanan itu tidak lah sehat.

Tips Supaya anak mau makan

Selain membantu mereka sadar akan bahaya makanan atau jajan jajanan di luar sana, anda juga perlu melakukan beberapa tips dan trik untuk membuat sang anak mau makan secara teratur termasuk sayur sayuran dan buah buahan. Selengkapnya anda bisa dapatkan informasi nya di bawah ini. Baca Juga : 5 Tips supaya Anak Cepat Jalan.

6 Tips Supaya anak mau makan

1. Orang tua harus menjadi contoh

Tips ini kadang kala tidak pernah di sadari oleh kita para Ibu -ibu,karena apa para orang tua memaksa anak untuk memakan sayur sedangkan para orang tua jarang memperlihatkan mereka makan sayur. Jadi untuk itu kita para orang tua jadilah contoh sambil mengajari anak untuk mau makan, contohnya rutin makan bersama jadi si anak melihat apa yang orangtuanya makan

2. Memberi jadwal makan yang teratur

Memberi Jadwal makan sangat berperan agar anak mau makan, biasakan lah anak mempunyai kebiasaan jam makan yang pas. Usahakan sebelum makan jangan memberi snack ciki atau makanan lain yang tidak sehat. Ini terbukti pada anak saya yang besar sedari kecil atau bayi dibiasakan mempunyai jam makan yang teratur dimulai jam 8 sarapan pagi, jam 9-10 makan kue, jam 12 makan siang setelah itu jam 2-3 memberi camilan, jam 6 sore masuk di makan malam. Sehingga setelah sekolah si anak udah mempunyai kebiasaan sendiri tanpa harus dipaksa.

3. Sewaktu kecil orangtua rajin menyuapi

Kadang kalanya kita sebagai ibu tidak ada waktu untuk bersabar menyuapi anak. Tapi mulai sekarang kira para ibu belajar membawa anak jalan-jalan sambil memberi makan hingga dapat mengalihkan perhatian anak agar tidak terpaku pada makanan. Biasanya di lakukan pada sore hari si anak dapat bermain sambil makan. Ini juga menjadi ajang komunikasi antara orang tua dan anak sehingga tau apa yang menjadi kesukaan mereka. Baca Juga : 5 Cara mengajarkan Anak berhitung Cepat.

4. Jangan terlalu memaksa

Tanpa kita sadari kita sering memaksa anak supaya mau makan, ini malah berakibat si anak menjadi membrontak karena terlalu dipaksakan. Ajaklah anak untuk berkomunikasi tentang makanan dan memberi kan pengertian apa yang boleh dan tidak boleh terlalu sering dimakan. Seperti kita memberi tahukan kalau terlalu sering makan makanan yang tidak sehat akan berakibat sakit perut atau kasih tau kalau tidak mau makan nanti bisa sakit perut bisa menjadi maag. Komunikasi kan anak menjadi mengerti agar mau makan. Mungkin kalau si anak masih kecil atau bayi ajaklah dia bercerita yang seru-seru sehinggan si anak dapat membuka mulut, Lakukan lah dengan rutin.

5. Variasi Makanan

Memberi variasi makanan si anak, contohnya si anak tidak suka wortel tapi suka telur disaat memasak potong-potong kecil atau lembut masukkanlah digulungan telur. Rajinlah masak yang beraneka ragam masakan yang menarik perhatian anak. Sehingga semangat dalam mencoba makanan dengan variasi berbeda tiap harinya. Baca Juga : Cara mengatasi anak Kecanduan Game Online.

6. Membawa anak berperan serta mengolah makanan

Disetiap mengolah makanan ajaklah anak berperan serta dalam pengolahan, Sehingga mereka mengerti makanan di rumah lebih sehat daripada diluar rumah. Dimulai pengolahan makanan yang menjadi kegemaran mereka dulu. Ajarkan kepada mereka bagaimana cara membuatnya dan setelah selesai barulah memberikan dia makan.

Demikian lah tips-tips agar si anak mau makan, Semoga tips ini mendorong para ibu-ibu untuk memperhatikan makanan si kecil. Karena semuanya di mulai sedari kecil semua itu akan menjadi kebiasaan di saat mereka besar. Tetapi para ibu juga perlu diperhatikan makanan agar seimbang dengan kegiatannya sehingga meski pun gemuk anak tetap lincah dan pintar.

Semoga tips ini bermanfaat ya, Selamat berjuang bagi para orang tua khusus nya ibu-ibu karena Anak merupakan titipan Tuhan yang sangat berharga  Aaamiiinnn… Kalian juga bisa membaca beberapa artikel yang bermanfaat lainnya di situs kontencaraviral.com. Ada berbagai informasi menarik yang bisa kalian dapatkan mulai cara minum sampai cara makan yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel