3 Cara membersihkan Cincin Pernikahan berbagai jenis dengan Mudah

Mastimon.Com - Cincin pernikahan adalah sesuatu barang yang berharga, selain menjaganya kita perlu tahu cara membersihkan cincin pernikahan. Cincin pernikahan merupakan simbol dari sebuah pernikahan dan identitas diri, bila hilang ataupun rusak, tentu akan mengurangi nilai kesakralan ikatan janji suci yang telah terucap. Serta bisa saja mengecewakan pasangan kita.


Untuk membersihkan cincin pernikahan berbeda-beda tergantung dari jenis cincin pernikahan milik Anda. Semakin bagus bahan cincin yang dipakai, maka akan semakin teliti dalam membersihkannya. Tujuan melakukan pembersihan cincin tentu agar selalu terlihat bagus dan warnanya tidak pudar, meskipun usia pernikahan sudah sangat lama.

Agar kilau cincin pernikahan terus ada pada cincin Anda, perhatikan beberapa cara membersihkan cincin pernikahan berikut untuk Anda contoh bila cincin pernikahan Anda sudah mulai kusam dimakan usia. Baca Juga : Kumpulan ucapan hari Pernikahan Romantis.

Cara Bersihkan Cincin Pernikahan Menurut Jenisnya

Tiap jenis cincin, tentu mempunyai perbedaan dari cara membersihkan cincin pernikahan. Sebagai panduan untuk Anda, berikut cara membersihkan cincin menurut jenisnya. Pertama, ada emas putih. Emas putih memang sering dijadikan cincin pernikahan. Bila kotor dan warna mulai kusam, rendamlah cincin dengan air hangat yang telah dicampur dengan sabun cuci piring. Rendam selama 15 hingga 30 menit, lalu gosok dengan sikat gigi lembut.

Kedua, cincin emas. Bila cincin emas Anda kotor ataupun warna sudah tidak berkilau lagi, rendam air hangat yang dicampur deterjen. Gosok dengan sikat gigi halus, bilas lagi dengan air hangat dan keringkan dengan kain lembut dan bersih. Ketiga, palladium. Cincin jenis ini cukup awet jadi banyak yang menyukainya. Untuk membersihkannya cukup rendam dengan air hangat atau campur air dengan deterjen atau sabun cuci piring.

Keempat ada cincin perak. Bila cincin perak Anda kotor, cukup rendam pada larutan ½ sendok cuka dan 2 sendok baking soda hingga kotoran benar-benar terangkat. Dan yang terakhir yaitu kelima, ada cincin berlian. Bila berlian Anda kusam, cukup rendam dengan air hangat yang hampir panas dan campur dengan sabun cuci piring. Rendam selama 20 hingga 40 menit.

3 Bahan yang Ampuh Untuk Membersihkan Cincin

Selain bahan-bahan di atas, ada 3 bahan ampuh lain yang bisa Anda gunakan untuk melengkapi langkah atau cara membersihkan cincin pernikahan. Baca Juga : Persyaratan lengkap untuk Menikah yang wajib ada.

Pertama ada pasta gigi. Bahan kimia yang terkandung pada pasta gigi memang sangat membantu sekali untuk mengangkat kotoran yang menempel pada cincin. Ingat, setelah dikeringkan dengan katun.

Selain sikat gigi, alat lain seperti kapas pentul atau Q-tip juga bagus digunakan untuk membersihkan sela-sela cincin yang memang sulit untuk dibersihkan. Lalu yang ketiga ada pembersih khusus untuk logam mulia. Ingat, pembersih bukan pemoles. Karena keduanya memiliki perbedaan fungsi sendiri.

Tips Tepat Merawat Cincin Pernikahan

Agar cincin pernikahan Anda tetap terlihat bagus, cobalah jika Anda akan melakukan kegiatan tertentu, cincin dilepas dulu. Kemudian, pilihlah tempat yang aman dan bersih untuk menyimpan cincin Anda. Sempatkan juga untuk membersihkan cincin ke tempat profesional agar benar-benar bersih dan kembali mengkilap. Di rumah pun Anda harus membersihkannya secara rutin dengan cara-cara di atas. Bila perlu, Anda asuransikan cincin untuk berjaga-jaga saja.

Cincin pernikahan Anda pasti akan awet dan pasangan Anda juga senang, karena merasa pernikahan Anda dan dia sangat dihargai oleh Anda sendiri melalui cincin pernikahan yang terjaga baik. Untuk itu anda perlu mengetahui cara membersihkan cincin pernikahan dan perawatannya seperti yang sudah disebutkan diatas. Jika kalian perlu Berlian yang bisa dibeli secara Online silahkan berkunjung ke zahirajewellery.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel