Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Template Blog Premium dengan Gratisan (Free)

Mastimon.Com - Template Blogger adalah sebuah tampilan atau desain sebuah Blog yang sudah ada atau di sediakan secara Gratis. Jika kita masuk ke Daskboard Blogger maka pada menu Tema dan Pilih Sesuaikan maka disana banyak sekali Pilihan Template yang sudah disediakan. Tampilannya sederhana dan inilah yang membuat kita lebih memilih hasil buatan sendiri atau orang lain.

Ada istilah yang menyebutkan bahwa Template Blog itu ada dua versi yaitu Premium dengan Gratisan. Lalu apa yang membedakan antara kedua Theme tersebut. Pada artikel ini saya menilai khusus dari sudut pandang saya sendiri sebagai seorang Penulis blog. Saya sendiri sudah mencoba dan menggunakan kedua Template tersebut.

Sebenarnya secara logika kedua Tema tersebut tidak ada perbedaannya apabila XML atau Kode HTML template yang kita dapat belum di edit orang lain. Banyak sekali Template blogspot Gratis yang dibagikan di beranda google terlebih lagi milik Mas Sugeng (Evo Magz dan VioMagz). Sampai sampai kita menyebutnya Template Blog sejuta Umat.

Premium vs Gratis apa Perbedaannya

Perbedaan Template Blog Premium dengan Gratisan (Free)

Template Premium
  1. Beli dari Pembuat Template 
  2. Dapat panduan, tutorial dan jawaban jika terjadi masalah dari Pemiliknya
  3. Bebas dari Footer credits
  4. Dapat versi Update Template terbarunya
  5. Kode CSS/HTML Full diberikan

Template Gratis (Free)
  1. Dapat Gratis yang dibagikan orang lain
  2. Tidak mendapat bantuan samasekali dari Pemiliknya
  3. Ada Footer credits
  4. Tidak dapat Update Template terbarunya
  5. Kode CSS/HTML tidak utuh

Terlihat jelas bukan bagaimana perbedaan template blogspot Gratis dan Premium. Sudah pasti jika inggin mendapatkan support dan tidak mengalami masalah kita perlu membeli dari Pemiliknya. Akan ada banyak perbaikan dari Theme tersebut bahkan kita bisa memberikan usulan perbaikan kepada sang desainer.

Pastinya kita perlu mengeluarkan sejumlah uang tetapi itu kita lakukan hanya satu kali saja bahkan bisa digunakan ke banyak Blog milik kita sendiri. Berbeda dengan versi Gratis kalian tidak akan pernah mendapat dukungan atau support jika mengalami masalah. Kalian harus perbaiki sendiri bahkan jika ada beberapa kode HTML yang sudah tidak valid lagi (Error).

Kesimpulan

Untuk mendapatkan hasil maksimal blog kita maka Wajib membeli Template Premium. Selain mendapatkan Support, mendapatkan versi terbaru juga kita dapat menghindari jika terjadi masalah dikemudian hari. Selain itu Blog yang kita bangun menggunakan Template yang SAH dan tidak mencuri hasil karya orang lain.