Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara melaporkan Blog AGC ke DMCA dengan mudah dan Diterima

Mastimon.Com - Kegiatan Menulis article pada sebuah blog menurut beberapa orang memang sangat menyenangkan apalagi kalau itu sudah menjadi hobi. Namun untuk dapat menulis sebuah article yang berkualitas tidak bisa di selesaikan dengan waktu yang singkat melainkan memerlukan waktu yang cukup lama dalam proses pembuatannya. Mulai dari melakukan pencarian bahan materi, kemudian diubah lagi menggunakan kita sendiri di tambah lagi harus mencari gambar yang cocok dan mengeditnya menggunakan watermark supaya tidak mudah diakui oleh pengguna blog yang lainnya atau dengan kata lain copy paste.

Meskipun sebenarnya membuat watermark rupanya tidak akan cukup untuk mencegah para tukang copas dari dunia internet. Mereka pada umumnya menggunakan AGC atau Auto Generate Content untuk bisa memasukkan article blog dari orang lain ke blog mereka sendiri. Sangat tidak professional bukan? Maka, bagaimana cara kita mengatasi nya? Tahu kah anda? Pada dasarnya blog yang telah mempublish suatu article, Google crawl akan mendeteksi secara otomatis apakah blog tersebut awalnya mengcopy paste article lain atau tidak.

Baca Juga : Cara mudah Cek artike ORI atau hasil Copy Paste

Apabila terdeteksi sebagai article copas maka, tulisan tersebut tidak akan terindeks arau muncul pada saat pencarian google, ini adalah dampak negative dari blog AGC nya. Namun, dampak egatif nya juga berpengaruh untuk blog kita sebagai publisher adsense. Bagaimana bisa? Yaa, karena dengan demikian akan terjadi article duplikat karena ada 2 article yang sama pada blog yang berbeda, bisa saja content kita itu deindeks article atau blog terbanned.


Mengingat ada sejumlah para blogger yang mulai mengeluh tentang hal ini. Maka, article ini sengaja dibuat sebagai informasi lengkap bagaimana cara melaporkan blog yang telah copy paste article kita ke google DMCA. Digital Millenium Copyright atau biasa disingkat dengan DMCA ini merupakan solusi yang sangat tepat untuk semua orang yang mengalami pelanggaran hak cipta, dengan demikian bisa menjaga agar konten anda tidak di copy atau di jiplak oleh orang lain. Nah mau tahu selengkapnya, simak cara nya pada uraian berikut :

Cara Melaporkan Blog AGC ke DMCA dengan Mudah dan Diterima

1. Langkah pertama, Silahkan buka blog yang menurut anda telah mengambil atau mencuri tulisan anda tersebut.

2. Kemudian buka satu persatu URL dari article yang di copas tersebut. Apabila ada 15 article maka silahkan buka semua dan jangan kurangi dari angka itu karena pada dasarnya semakin banyak article yang telah di copas maka google akan menganggap masalah itu besar dan perlu tindakan yang serius seperti mendeindeks article atau bahkan jika perlu membanned blognya, apabila hanya ada satu atau dua article yang di copy paste umumnya hanya akan diperingatkan untuk pemilik blog tersebut supaya menghapus article nya.

3. Selanjutnya buka juga URL article blog anda yang sudah di curia tau di copas.

4. Buka Tab yang baru dan silahkan buka dashboard DMCA.

5. Pilih opsi “Create New Notice”

6. Selanjutnya isi bagian sebagai berikut :
  • Nama Depan
  • Nama Belakang
  • Nama Perusahaan (Isi dengan URL blog anda)
  • Pemegang Hak Cipta (Diri Sendiri)
  • Centang pada bagian yang berisi “saya mengkonfirmasi bahwa saya pemegang hak cipta yang sedang dipermasalahkan.
  • Isi alamat email dari blog anda tersebut

7. Pada bagian selanjutnya anda akan diminta mengisi kembali sejumlah bangian dan pertanyaan sebagai berikut :
  • Mengisi pada kolom bagian paling atas tentang isi pelanggaran yang terjadi seperti “article saya sudah di duplikasi tanpa izin blog lain.”
  • Bagian pertanyaan seperti “Dimanakah kami dapat melihat contoh dari karya yang sah tersebut?” Isikan dengan URL article blog yang terkena copas. Pisahkan masing –masing URL article blog dengan Enter.
  • Pertanyaan “Lokasi yang melanggar?” bagian ini isi dengan URL article orang lain yang telah mencuri article anda. (Pemisahan URL dengan Enter). Pastikan untuk urut dengan posisi article anda sebelumnya. Jangan sampai terbalik ya.

8. Kemudian, sebagai penyataan final anda akan di perintahkan untuk wajib mengisi sebagai berikut :
Centang semua pernyataan sumpah yang tersedia.
  • Jangan lupa untuk tanda tangan dengan nama jelas dan tanggal pembuatan laporan.
  • Kemudian klik “Kirim”

9. Proses Selesai. Tunggu saja sampai kurun waktu kurang lebih dalam 2 minggu maka article AGC tersebut akan hilang dari pencarian google karena laporan anda tersebut.

Baca Juga : Beginilah cara Rewrite Artikel yang Baik

Inilah cara melaporkan blog AGC yang telah membuat anda resah dengan mudah dan diterima. Yakin sajalah apabila article anda memang di salahgunakan oleh orang tidak bertanggung jawab maka, dengan sendirinya ia juga akan menuai hasilnya. Memang Blog AGC sangat mudah menyerang sebuah blog, maka anda harus tetap berhati –h ati, dengan pengaturan laporan ini pihak google berusaha untuk memberi kenyamanan dan keamanan untuk anda.

Lihat Juga : Cara Melaporkan Blog AGC

Semoga dengan article ini bisa membantu dan terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Kalian juga bisa menemukan beberapa Tips dalam mengelola sebuah blog dengan membaca beberapa artikel yang ada di blog ini. Selain Tips Blogging juga ada beberapa informasi tentang Android, Internet dan Teknologi.