Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara buat Artikel SEO 2019

Mastimon.Com - SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah kata yang biasa digunakan dalam dunia Blogger. Tidak sedikit pemilik Blog berlomba lomba membuat tulisan yang SEO supaya dapat bersaing di beranda Google. Tehnik dan bahasa yang digunakan sangat mempengaruhi supaya mesin pencarian dapat membaca Struktur tulisan yang benar.

Dini saya tidak akan menggunakan bahasa yang sulit tentang SEO karena saya sendiripun sebenarnya kurang paham betul apa itu SEO. Jika kalian menggunakan Platform Wordpress (WP) disana sudah ada fasilitas untuk mendeteksi Artikel kita sudah benar atau belum. Berbeda jika menggunakan Blogger yang kita Cek secara manual.

Untuk bisa menulis yang benar kita perlu banyak memiliki Pengetahuan apa yang akan kita tulis nantinya. Caranya yaitu dengan membaca ataupun melakukan eksekusi sendiri supaya mendapatkan pengalaman pada masalah yang akan kita bahas. Dengan cara tersebut dapat dipastikan kita dapat menulis dengan lancar tanpa harus melakukan Copy Paste artikel orang lain.


Kalian bisa lihat gambar diatas ini adalah salah satu artikel yang coba  saya buat dengan menggunakan Tehnik pada pembahasan pada artikel ini. Awalnya berada di Page 2 urutan ke 7 tetapi pada hari berikutnya sudah masuk ke Page 1 urutan ke 3 dan diatas artikel Mas Sugeng. Kalian bisa praktekkan beberapa tips dibawah ini.

Pemilihan Judul yang Tepat

Kata kunci pada judul sangan menentukan banyaknya Visitor yang akan datang ke Blog kita. Jika salah menentukan maka sebagus dan selengkap apapun yang kita tulis sulit ditemukan oleh sang pencari. Buatlah judul dengan melakukan Riset terlebih dahulu. Jika belum tau caranya silahkan baca : 5 Tool Gratis untuk Riset Keyword.

Letakkan kata kunci utama didepan seperti salah satu contoh "Cara membuat Blog menggunakan HP Android". Cara membuat Blog itu adalah kata kunci utama dan Menggunakan HP Android adalah kalimat tambahan yang bisa membantu nilai SEO pada judul artikel. Dengan begitu artikel yang kita buat memiliki Target tepat sasaran.

Membuat Kerangka Artikel

Setelah mendapatkan Judul yang tepat maka langkah berikutnya adalah membuat Kerangka Artikel terlebih dahulu. Dengan cara ini supaya memudahkan kita menyusun setiap paragraf dengan kalimat yang tersusun. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara membuat susunan yang akan kita tulis. Dimulai dari Pengertian, Tahap Awal, Cerita Awal, Isi masalah dan terakhir buat Kesimpulan.

Buatlah kerangka yang rapi seperti "Daftar isi" pada sebuah Buku. Disana kita bisa menemukan dengan kerangka "Pendahuluan, Masalah yang dihadapi, Solusi Masalah dan Kesimpulan atau Penutup. Jangan pernah menulis kalimat tidak sesuai kerangka artikel karena nantinya akan membingungkan pembaca bahkan Google juga sulit membaca Struktur tulisan tersebut.

Menyusun Paragraf setiap Kalimat

Buatlah kalimat dalam setiap paragraf yang teratur dan tersusun. Kalian bisa menulisnya dengan cara melihat anak judul setiap Paragraf tersebut. Jangan menulis kalimat dengan kata di atas 20 kata supaya mesin pencari Google dapat membaca Struktur kalimat tersebut. Penyusunan paragraf jangan terlalu panjang ataupun terlalu pendek supaya lebih enak dibaca.

Jangan pernah lepas dari konteks pembahasan seperti memasukkan kalimat yang tidak sesuai artikel. Buatlah setiap kalimat dengan rangkaian kata semendetail mungkin bahkan jika perlu perbanyak kosakata yang berhubungan dengan artikel tersebut. Sebelum mempublish artikel silahkan baca ulang dan perbaiki kalimat yang tidak baku.

Membuat Internal Link yang sesuai

Targetnya inggin supaya pengunjung tetap berada di blog kita dengan membaca artikel lainnya. Tetapi jika tehnik ini dilakukan dengan cara yang salah maka dapat dipastikan Internel Link tidak dapat bekerja dengan baik. Buatlah Internal Link dalam isi artikel sekitar 3 sampai 5 yang menuju ke artikel yang sesuai.

Jika artikel tersebut membahas tentang Cara buat Blog maka pastikan Internal Link yang kita pasang juga tentang Blog. Jika berbeda imbasnya akan buruk bahkan tingkat SEO artikel bisa berkurang. Google akan sulit membaca struktur yang ada di dalam artikel karena Kalimat pembahasannya terlalu banyak dan berbeda.

Panjang kata dalam Satu Artikel

Tidak ada batasan berapa kata dalam satu artikel Blog supaya SEO. Artikel dengan hanya 300 kata juga bisa berada di Page One Google jika memiliki kualitas artikel yang baik. Google suka dengan artikel yang terstruktur dan tidak ada kalimat yang diulang sampai beberapa kali. Bahkan googe bisa membaca jika ada beberapa paragraf yang double.

Saran saya buatlah artikel minimal 500 kata dan jika lebih panjang itu lebih bagus. Dengan kelengkapan artikel dapat dipastikan bisa bersaing diberanda Google dengan mudah. Tapi yang perlu di inggat adalah jangan sampai mengejar Panjang artikel melakukan cara curang yaitu Copy Paste artikel milik orang lain.

Artikel Original lebih Efektif

Banyak orang membuat arikel dengan cara melakukan Rewrite milik orang lain bahkan melakukan Copy Paste sebagian artikelnya. Cara ini sangat buruk bahkan bukan hanya menjatuhkan blog sendiri tetapi bisa juga membuat kita jadi seorang Pemalas. Stop melakukan ini dan mulailah dengan sesuatu yang baru dengan membuat tulisan hasil pemikiran sendiri.

Gaya bahasa yang kita tuangkan pada tulisan tentunya berbeda dengan tulisan milik orang lain. Tanpa harus mengecek artikel tersebut Plagiat atau tidak maka bisa dipastikan bisa langsung Publish. Semakin banyak tulisan ORI maka Google akan lebih cepat membaca bahkan jika sudah dipercaya dapat bersaing diberanda google dengan Cepat.

Kesimpulan

Google terus melakukan Update Algoritmanya jadi teruslah membuat artikel Ori dengan cara memilih Judul yang tepat dan membuat Kerangka artikel yang benar. Penyusunan kalimat setiap paragraf sangat mempengaruhi karena google lebih suka kata kata yang terstruktur. Buatlah internal Link yang saling berhubungan dan tidak lepas dari konteksnya.

Terakhir jangan lupa daftarkan artikel ke Webmaster Tools yaitu ke Google Search Console. Jika belum tau caranya bisa membaca artikel ini : Cara submit artikel ke Fetch As Google. terimakasih sudah membaca artikel ini sampai selesai dan jika belum Paham kalian bisa melihat beberapa Vidio Youtube tentang Blogger di Channel Youtube "Timon Adiyoso".