Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Peraturan Sepak Bola Lengkap 2020

Dalam perkembangannya, Salah satu jenis olahraga yang banyak di minati oleh segala macam orang adalah Sepak Bola. Tak heran, sobat yang membaca article ini pastinya adalah salah satu dari penggemar olahraga sepak bola. Dalam perkembangannya, dari tahun ke tahun ada banyak perubahan peraturan yang baru.

Tahukah kamu? Pada tahun 2020, akan ada peraturan baru yang tentunya akan berbeda dari tahun sebelumnya. Dimana, di berbagai Negara terdapat perubahan yang signifikan terkait aturan –aturan yang akan mengikat para pemainnya selama pertandingan berlangsung. Beberapa peraturan baru dibuat juga berpengaruh terhadap kondisi  beberapa pemain yang mungkin terkena dampak dari beberapa peraturan itu.

Beberapa diantaranya berpengaruh seperti kontak fisik yang membahayakan maupun diving. Dengan berbagai peraturan baru yang di buat, tentunya diharapkan dapat diikuti oleh semua pemain sepak bola secara sehat sehingga pertandingan dapat berjalan dengan lancar. Maka, Peraturan apa saja kah yang akan mulai di terapkan dalam bertanding sepak bola pada tahun 2020?


Pada pembahasan kali ini kita akan coba lihat dan simak peraturan baru dalam dunia sepak bola. Uraian di bawah ini akan bahas beberapa diantaranya yang merupakan peraturan mutlak yang wajib diikuti oleh semua peserta tidak terkecuali. Sudah penasaran dong pastinya. Maka, langsung saja kita simak pembahasannya pada uraian berikut.

Peraturan Sepak Bola Lengkap 2020

1. Ketentuan Lapangan  Sepak Bola

Sesuai dengan ketentuan yang ada dalam pedoman peraturan bermain sepak bola, kriteria lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah :
  • Panjang lapangan Sepak Bola adalah min. 90 meter (100 yards) dan maksimal 120 meter (130 yards)
  • Lebar lapangan sepak bola yaitu min. 45 Meter (50 yards) dan Maksimal 90 Meter (100 yards)

Ukuran lapangan ini telah sesuai dengan jumlah pemain yakni terdiri dari 11 orang (1 tim) jadi ada 22 orang untuk 2 tim.

2. Pemain Sepak Bola
  • Apabila dalam pertandingan kurang dari 7 orang pemain dari salah satu kelompok atau tim, maka permainan belum bisa di mulai
  • Apabila dalam suatu pertandingan ada 4 orang bahkan lebih dalam satu kelompok yang cidera dan mendapat kartu merah, maka pertandingan dihentikan.
  • Dalam pertandingan olahraga sepak bola yang resmi Seperti FIFA, untuk pergantian orang atau pemain hanya bisa dilakukan sampai 3 kali sedangkan untuk pertandingan nasional bisa dilakukan hingga 7 kali pergantian pemain.
  • Dalam satu tim harus ada satu orang yang memimpin yang disebut Pemimpin Tim atau Kapten

3. Perlengkapan Atribut yang digunakan

Atribut pelengkapan untuk permainan sepak bola tidak sebanyak cabang olahraga yang lainnya. Beberapa atribut yang perlu digunakan secara lengkap adalah Jersey (Kaos) Pemain sepak bola sebagai identitas masing-masing Tim dilengkapi dengan Kaos kaki, Sarung tangan, Headgear (Tutup kepala bagi yang pernah mengalami cedera di kepala. Namun, untuk peraturan aksesoris yang dilarang diperketat, misalnya pemain dilarang menggunakanatribut yang tidak membantu kinerjanya seprti, anting, gelang, kalung dan lain sebagainya.

4. Durasi Pertandingan Sepak Bola

Untuk durasi atau waktu permainan sepakbola dengan waktu yang telah ditentukan yakni 2 babak dengan masing-masing waktu 45 menit perbabak.  Dengan waktu istirahat selama 15 Menit Namun apabila terjadi kasus dimana pemain mengalami cedera, pergantian pemain  maka durasi bisa ditambah.

5. Peraturan Gol

Dalam pertandingan sepak bola, Bola gol dianggap sah apabila bola telah masuk ke gawang lawang tanpa terjadi kondisi Offside, Hands ball atau pelanggaran-pelanggaran lainnya. Semua gol bisa berarti sah apabila wasit menyatakan bahwa Gol tersebut memang adalah sah.

6. Posisi Offside

Offside tidak dikenakan kepada pemain apabila bola yang di umpan atau dioper kepadanya diberikan pada saat di belakangnya masih ada pemain belakang atau biasa di sebut Bek.

7. Pelanggaran dan Hukuman

Apabila dalam Satu kompetisi Seorang pemain telah mendapatkan sebanyak 3 kali kartu kuning, maka akibatnya ia tidak bisa bermain untuk satu kali pertandingan berikutnya di kompetisi sepak bola yang sama.

8. Tendangan Pinalti

Tendangan Pinalti hanya bisa dilakukan jika tim lawan melakukan kesalahan di kotak pinalti. Misalnya tim lawan melakukan hands ball, menjatuhkan lawan yang dilakukan secara sengaja atau tidak.

Uraian diatas merupakan Peraturan Sepak Bola Lengkap dan terbaru pada tahun 2019. Peraturan terbaru dibuat dengan tujuan agar pertandingan dapat berjalan dengan baik, lancar, dan sportif. Buat kalian para pecinta olahraga khususnya sepak bola wajib sekali untuk mengetahui peraturan baru apa aja sih yang akan diterapkan dalam permainan atau pertandingan sepak bola pada tahun 2019.

Dengan Update Perihal peraturan yang terus berkembang dalam dunia sepak bola kini sobat mendapatkan informasi dan pengetahuan. Tentunya informasi ini juga bisa sobat bagikan kepada rekan sekerja, teman, sahabat, saudara, kerabat, dan keluarga. Inggin mengetahui lebih banyak tentang Sepak Bola bisa berkunjung ke situs lirafli.com, Semoga bermanfaat dan terima kasih.