8 Cara optimasi SEO Youtube yang mudah tampil di Beranda

SEO Youtube adalah sebuah cara optimasi supaya vidio bisa berada di halaman pertama beranda Youtube. Caranya lebih mudah dibandingkan dengan mengoptimasi artikel Blog. Awal mengenal Youtube dulu saya hanya asal upload Vidio saja. Setelah beberapa bulan baru pelan pelan saya perbaiki supaya para pendatang datang melalu beranda Youtube.

Visitor datang bukan hanya melalui kotak pencarian di Youtube saja tetapi melalui beranda Google, Yahoo dan Bing. Saat kita memahami tehnik dasar mengoptimasi setiap vidio Youtube yang kita buat maka akan cukup mudah ditemukan orang lain. Optimasinya sebentar saja tetapi menjadi seorang Youtuber kita di tuntut untuk membuat Vidio yang enak di tonton.

Durasi atau lamanya vidio tersebut juga mempengaruhi SEOnya tetapi jika tidak berkualitas akan berakibat fatal yaitu di tinggalkan para subscriber anda. Disini ada beberapa Tips sederhana supaya semua Vidio Youtube yang kita buat memiliki target yang tepat. Tidak perlu berfikir panjang, silahkan anda simak penjelasan dibawah ini.

8 Cara optimasi SEO Youtube

1. Lakukan Riset Keyword

Untuk mendapatkan kata kunci yang tepat kita harus melakukan Riset Keyword. Caranya cukup mudah yaitu anda bisa membaca artikel 5 Tool Grtis untuk Riset Keyword. Anda juga bisa mencobanya dengan cara mencari kata kunci lengkap di Kotak Pencarian beranda Youtube itu sendiri.

2. Membuat Vidio unik dan Bermanfaat

Ada banyak jenis vidio yang bisa anda buat. Salah satunya adalah vidio Tutorial yang cukup disukai banyak orang. Jika anda sudah memiliki nama seperti artis maka cukup mudah yaitu buat vidio jalan jalan saja pasti banyak orang yang lihat. Jika kita pendatang baru buat vidio yang dibutuhkan banyak orang.

3. Buat Judul vidio Tepat Sasaran

Jangan asal membuat judul vidio karena itu yang akan menentukan keyword pencarian. Setelah melakukan riset silahkan anda buat judul yang menarik dengan cara meletakkan kata kunci utama di depan. Buat tambahan kalimat dibelakang yang menarik dan membuat penasaran orang. Pada file vidio yang di upload juga rename sesuai judul yang anda ingginkan.

4. Mengisi Deskripsi Vidio

Jangan puas dengan vidio yang sudah anda buat tetapi mengabaikan mengisi Deskripsi pada Vidio tersebut. Silahkan anda isi dengan minimal 100 kata dengan menyisipkan kata kunci judul. Isi ringkasan atau rangkuman yang ada di vidio karena jika ada penonton yang tidak paham anda bisa berikan penjelasannya. Disini anda juga bisa menyisipkan link aktif yang menuju ke Blog anda.

5. Tuliskan kata kunci di bawah Deskripsi Vidio

Saat anda mengupload vidio Youtube pasti menemukan kolom kosong di bawah Deskripsi vidio tersebut. Silahkan masukkan dengan kata kunci yang anda ingginkan sesuai atau berhubungan dengan judul vidio tersebut. Jangan menuliskan terlalu banyak, isi dengan beberapa kata kunci saja sekitar 3 sampai dengan 5 kata kunci.

6. Upload vidio Kualitas HD

Kualitas gambar pada vidio juga mempengaruhi tingkat kepuasan pada pelanggan. Gunakan kamera yang berkualitas baik dan untuk editingnya silahkan pilih ukuran standar Youtube yang di rekomendasikan. Ukuran yang tepat adalah 720p: 1280×720 (Rasio 16:9). Dengan begitu saat vidio diputar tidak ada ruang kosong yang terlihat.

7. Tambahkan Layar Akhir


Setiap kali selesai memutar vidio kita tentu sering melihat beberapa tampilan vidio yang sesuai di akhir vidio tersebut. Silahkan anda aktifkan yang sesuai dengan nice vidio tersebut atau yang masih berhubungan. Lihat gambar di atas untuk menambahkan vidio pada layar Akhir dengan cara menambahkan Elemen.

8. Menambahkan Kartu didalam Vidio

Saat memutar vidio Youtube kita juga sering menjumpai link yang muncul saat vidio di putar. Link tersebut bisa kita tambahkan dengan cara masuk ke Pengelola Vidio >> Kartu >> Tambahkan Kartu >> Silahkan geser posisi link sesuai keingginan di dalam vidio tersebut. Link tersebut berfungsi sama seperti internal link saat anda buat di artikel Blog.

Itulah sedikit penjelasan tentang bagaimana cara Optimasi SEO pada vidio Youtube dengan mudah. Dengan begitu channel Youtube anda akan cepat mendapatkan subscriber dalam waktu singkat. Tidak perlu melakukan Promosi ke Facebook, Instagram dan Whatsapp. Teruslah berkarya karena suatu saat ada salah satu dari vidio anda bisa menjadi Trending Youtube.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel