Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

AC Mobil tidak dingin hanya keluar Angin, inilah Penyebab dan Solusinya

Mengendarai mobil tidak nyaman jika AC dalam kondisi rusak yaitu hanya anggin saja yang keluar. Untuk mendapatkan udara yang segar kita harus membuka kaca mobil bahkan harus menerima butiran debu yang masuk. Apa penyebab AC Mobil sudah tidak dingin lagi dan bagaimana cara mengatasinya tanpa harus membawa ke Bengkel.

Setiap mesin mobil berbeda beda jadi jika sobat memiliki Sendiri pasti sudah hapal letak atau posisi apapun yang saya sebutkan. Jikapun anda seorang supir BUS, Dump Truck bahkan mengendarai Taxi atau mobil Rentalan perlu menguasainya. Ada banyak penyebab AC menjadi error atau tidak berfungsi dengan baik.

Kesalahan dalam pengoperasian ataupun tidaknya melakukan perawatan dengan baik juga akan mengakibatkan AC Mobil cepat rusak. Ada beberapa batasan ataupun standar kewajiban yang harus anda lakukan sebagai sopir atau pemilik Mobil. Tips dan cara ini sebenarnya sudah ada petunjuknya saat anda membeli mobil tersebut.

Baca Juga : Inilah peredam Panas Mobil yang Bagus dan Terbaik

Saat cuaca mendung mungkin AC bisa kita matikan atau tidak banyak fungsinya. Bebeda saat terik matahari bersinar dan panasnya sangat menyengat sudah tentu anda di dalam akan terasa gerah, sumpek dan berkeringat. Berikut ini saya akan coba bagikan buat kalian apa penyebab dan cara cepat mengatasinya.

Inilah Penyebab AC Mobil tidak dinggin hanya Keluar Angin (Rusak) :
  1. Pada Filter Kabin sudah Kotor
  2. Belt Putus sehingga mengakibatkan Puli Kompresor tidak berputar
  3. Ada kebocoran selang sehingga mengakibatkan Freon habis.
  4. Terjadi kerusakan pada Magnetic Clutch Pada Kompresor AC
  5. Thermistor AC/ Peraba Suhu Evaporator rusak
  6. Terjadi arus Pendek sehingga mengakibatkan Putusnya Sekring
  7. Resistor Variabel mengalami kerusakan
  8. Terjadi Aus pada Kompresor
  9. Perjalanan jauh sehingga suhu Mesin terlalu tinggi
  10. Medan Magnet Tidak Sanggup Menarik Centerpiece (Overheat) karena Celah Pada Centerpiece Terlalu Lebar
  11. Pada Evaporator sudah Kotor

Itulah beberapa penyebab AC Mobil anda tidak dinggin lagi atau hanya keluar anggin saja. Jika ini terjadi saat anda dalam perjalanan maka solusi yang paling mudah adalah berhenti terlebih dahulu untuk memeriksa apakah ada kerusakan di salah satu komponen mobil. Jika dipaksakan lanjut maka anda bisa membuka kaca mobil untuk memperoleh angin.

Solusi atau cara memperbaiki AC Mobil yang tidak dinggin :
  1. Lakukan pembersihan pada Filter Kabin dan Evaporator yang Kotor
  2. Pengantian pada Extra Fan pada AC Mobil dengan yang baru supaya lebih maksimal
  3. Memeriksa kondisi Kaca Mobil apaph masih layak atau tidak karena mobil keluaran lama terkadang tidak mampu menahan sinar ultra violet.
  4. Lakukan pemeriksaan dari daftar atau beberapa penyebab AC tidak dinggin di atas

Lihat Juga : Cara Menjaga Mobil Kesayangan Tetap Aman Saat Mudik Pulang Kampung

Itulah beberapa cara sederhana memperbaiki AC Mobil yang tiba tiba rusak. Supaya perjalanan anda dan keluarga semakin nyaman maka periksa semua kondisi mobil supaya tidak ada masalah di jalan. Jika inggin mengetahui lebih banyak seputar Informasi tentang Mobil anda bisa berkunjung ke situs Suryadidik.Com. Sekian dan Terimakasih.