Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjaga Mobil Kesayangan Tetap Aman Saat Mudik Pulang Kampung

Mudik memang menjadi suatu kebiaasan bagi masyarakat Indonesia, khususnya pada hari hari besar keagamaan seperti lebaran dan tahun baru. Banyak dari kita menggunakan kendaraan seperti bus, pesawat, kapal dan kereta untuk mencapai tujuan yaitu kampung halaman. Namun banyak juga yang pulang menggunakan mobil pribadi karena dinilai lebih hemat dan simpel.

Selain menjalin silaturahmi, aktifitas mudik juga bisa meningkatkan aktifitas perekonomian bisnis dikalangan pedesaan karena banyaknya modal yang dibawa ke kampung. Oleh karena itu pemerintah gencar mempersiapkan fasilitas pendukung seperti ketersediaan jalan tol dan pos peristirahatan guna menjadikan mudik menjadi lancar.

Sebenarnya ada banyak hal yang harus kamu perhatikan bila ingin mudik dengan mengendarai mobil. Selain mempersiapkan kesehatan, pastikan kamu telah mengecek kondisi mobil kesayangan sebelum berangkat. Mudik dengan mobil kesayangan akan semakin menyenangkan bila tidak mengalami kendala di jalan raya. Bila ingin mudik lebih aman serta nyaman, lakukanlah beberapa langkah dibawah ini :

Cek Kondisi Ban utama dan Ban Serap

Adalah hal yang terpenting dan cukup sering dilupakan para pemudiak sebelum berangkat adalah mengecek kondisi ban pada mobil. Padahal mengetahui kondisi ban terkini tidaklah begitu sulit. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek tekanan angin pada ban apakah sudah sesuai dengan standar pada alat atau belum. Setelah itu kamu harus memperhatikan ban serap lainnya juga cek apakah terdapat komponen lain yang menempel atau tidak yang bisa membahayakan perjalanan.

Perhatikan kembali apakah terdapat retakan pada ban. Selain itu memperhatikan batas ketebalan menggunakan Tread Wear Indicator (TWI) juga menjadi langkah yang sangat penting. Standar TWI memberikan batas ketebalan ban tidak lebih dari 1,6 mm. Sebagi antisipasi bawa selalu ban serap beserta peralatan untuk mengganti.

Cek Kondisi AKI

AKI adalah komponen pendukung kelistrikan yang sangat penting. Sangat penting melakukan pengecekan AKI sebelum melakukan perjalanan mudik. Dengan begitu kamu bisa mengetahui besarnya arus yang masuk, hingga ada atau tidaknya kebocoran arus yang bisa membuat AKI tidak dapat menyimpan listrik dalam waktu yang lama.

Kamu juga harus mengecek ketersediaan AKI juga tidak boleh luput dari pengecekan karena apabila air AKI mengalami kekeringan, maka akan merusak komponen lain di dalam kendaraan dan pastinya akan mengganggu perjalanan mudik.

Cek Sistem Kelistrikan dan Lampu

Senada dengan langkah sebelumnya, setelah mengecek kondisi AKI, maka kamu juga harus mengecek kondisi lampu mobil apakah masih layak digunakan atau tidak. Meski terlihat sederhana dan sering dilupakan, lampu utama dan lampu sein memiliki peran sangat penting dalam keselamatan di perjalanan. Periksa kembali sistem kelistrikannya, terutama sambungan kabel dan kondisi kabel dan juga bola lampunya.

Cek Cairan Pendukung Kinerja Mobil

Peristiwa mudik saat lebaran tidak pernah lepas dari kondisi jalanan yang macet. Oleh karena itu gunakan pelumas yang tidak hanya bisa memberikan perlindungan di kondisi jalan normal, namun juga yang mendukung pada kondisi macet sekalipun. Saat kondisi jalanan macet, kamu tentu akan lebih sering menginjak rem dan gas (stop start).

Jadi kamu bisa memilih cairan pelumas yang berkualitas yang mengandalkan molekul pintar yang melekat dan membentuk lapisan sehingga dapat memperbaiki mesin secara sendirinya (self healing layer). Ada beberapa brand pelumas dalam negeri dan juga luar yang memiliki kinerja Molekul yang selalu siap melindungi mesin dalam setiap momen kritis yang bisa terjadi saat kamu berkendara di tengah kemacetan. Dalam kondisi stop start, molekul pintar yang rusak karena tertekan bisa dengan cepat berubah kembali ke bentuk semula.

Pada akhirnya hal hal teknis yang kamu perhatikan diatas menjadi faktor keselamatan berkendara. Demikianlah artikel mengenai Cara Menjaga Mobil Kesayangan Tetap Aman Saat Mudik Pulang Kampung. Artikel yang ditulis oleh admin iweblogsite ini semoga dapat membantu kalian yang sedang dan akan mudik serta balik kembali ke tempat tinggal masing-masing.