Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mudah mempercepat Kinerja Laptop Windows 7 64 Bit

Laptop adalah salah satu jenis perangkat Komputer yang saat ini cukup popular digunakan. Bukan hanya untuk bekerja tetapi melakukan aktivitas lainnya seperti menonton Vidio ataupun mendengarkan musik. Spesifikasi sebuah laptop mempengaruhi kinerja saat digunakan terlebih lagi banyak software yang terinstal.

Pada artikel kali ini mastimon.com mencoba berbagi tips mudah untuk mempercepat Kinerja Laptop yang biasa saya gunakan. Mungkin sobat sekalian sudah menggunakan Windows 10 bahwakan ada yang menggunakan Windows 11. Saat ini saya masih menggunakan Windows 7 64 Bit supaya tetap suport dan bisa menginstal aplikasi atau software lama.

Baca Juga : Pengertian Komputer lengkap dengan Jenis Jenisnya

Windows terbaru saat ini lebih sulit dan banyak yang tidak suport dengan aplikasi dan software lama. Selain tampilannya yang sudah familiar kita lihat juga cukup mudah mencari menu apapun yang kita perlukan. Windows 7 juga tidak membutuhkan spesifikasi laptop yang tinggi jadi sudah bisa dipastikan loading atau kinerjanya lebih cepat dibandingkan windows terbaru.

Ada banyak cara untuk meringankan kinerja Komputer atau Laptop supaya kita lebih mudah bekerja. Kali ini saya akan bagikan cara mudah dan simpel yang biasa saya lakukan setiap hari. Walaupun memiliki laptop yang jadul tetapi saat digunakan bekerja dengan cepat dan tidak lemot. Silahkan sobat simak beberapa Tips dan Trik ini.

Cara mudah mempercepat Kinerja Laptop Windows 7 64 Bit

1. Menggunakan Software / Aplikasi seperlunya

Ada banyak software yang bisa kita gunakan dan masing masing memiliki keunggulan tersendiri. Jika software tersebut masih satu jenis maka gunakan salah satunya saja. Salah satu contoh jangan menggunakan Anti Virus lebih dari satu terlebih lagi mengaktifkan semuanya. Gunakan aplikasi yang biasa sobat gunakan saja supaya kinerja RAM lebih efektif.

2. Aktifkan Antivirus yang Ringan

Ada banyak Antivirus yang bisa anda gunakan seperti Smadav, Avast, Kaspersky, Avira, Norton, AVG dan McAfee. Pilih salah satunya saja untuk di instal dan gunakan yang Pro jangan yang Free karena untuk Proteksi Virus yang masuk. Saat ini saya lebih memilih menggunakan Smadav Pro karena cukup ringan dan sangat efektif mendeteksi Virus Komputer. Baca Juga : 5 Antivirus Terbaik Untuk Windows 7 64 Bit.

3. Gunakan Walpaper Hitam

Penggunaan background di layar laptop juga mempengaruhi loading komputer tersebut. Terlebih lagi jika sobat suka dengan mengaktifkan slide foto atau menggunakan Foto dengan kapasitas gambar besar. Supaya ringan sobat bisa mengaktifkan layar dengan pilihan Solid Colors (Satu Warna Polos) dan pilih warna Hitam (Black).

4. Lakukan Defragmentation secara Rutin

Defragmentation adalah proses merapikan file file di Drive C dan Drive D supaya teratur strukturnya. Banyak orang tidak mengetahui tehnik ini karena mungkin berangapan tidak ada pengaruhnya. Dengan melakukan Defrag satu minggu atau satu bulan sekali maka Laptop akan bekerja dengan cepat. Waktunya sedikit lama jadi sobat harus bersabar, caranya klik kanan Drive C/D >> Properties >> Tools >> Defragmen Now >> Defragmen Disk.

5. Lakukan Refresh

Sering kita lihat saat orang menggunakan Komputer selalu Klik kanan di depan layar dan pilih Refresh. Cara ini cukup efektif dan terkadang ini merupakan solusi cepat saat kinerja komputer lemot. Silahkan anda coba supaya saat membuka salah satu aplikasi tidak menunggu lama atau loadingnya lemot.

6. Bersihkan Hardware

Jika lima cara di atas tidak berhasil maka dimungkinkan Laptop anda ada kotoran pada perangkat Hardwarenya. Jika anda tidak pernah melakukannya maka bersihkan saja bagian luarnya dan tidak perlu mencopot satu persatu. Bersihkan bagian RAM dan Hardiscnya. Sobat bisa menggunakan kuas halus dengan cara menyapu pelan pelan. Jangan gunakan kain atau peralatan kasar lainnya, kuatir nanti ada komponen yang tersengol dan lepas.

Baca Juga : 12 Cara supaya Loading Laptop / Komputer dapat bekerja dengan Cepat

Itulah beberapa cara mudah dan sederhana untuk mempercepat Kinerja Laptop Windows 7 64 Bit. Semua merek Laptop bisa anda coba seperti Asus, Acer, Axioo, Toshiba, Apple, Lenovo, Asus, Dell, Hp dan lain lain. Silhkan baca juga : Cara Lengkap Mempercepat Kinerja Komputer. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga informasi ini bermanfaat.